Seni dan Budaya Nusantara
Dr. Kuswarsantyo, M.Hum.

Seni dan Budaya Nusantara

Mata kuliah Seni dan Budaya Nusantara ini bertujuan untuk memberikan bekal ”pengayaan” sekaligus referensi guna mengkaji konteks seni dan budaya nusantara yang berkembang saat ini. Seni dan Budaya adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya dapat berdampak memberi pengetahuan dasar dan paradigma untuk pengkajian etnografi serta penelitian sosial-humaniora seni, dan budaya nusantara. Fenomena keni dalam kehidupan budaya masyarakat nusantara menarik diteliti. Pengenalan tokoh-tokoh seni dan budayawan nusantara dapat dijadikan sumber untuk memperkenalkan sejarah kehidupan seni berbasis kearifan lokal suatu wilayah. Analisis mata kuliah Seni dan Budaya Nusantara ini menambah fondasi untuk menemukan dan mengembangkan minat masing-masing mahasiswa berkaitan dengan penentuan tema dan penelitian tesis yang dapat diambil dari latar belakang budaya nusantara.

PSN8203MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SENI NUSANTARA
Dr. Drs. Kusnadi, M.Pd.

PSN8203MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SENI NUSANTARA

Mata kuliah Multimedia Pembelajaran Seni Nusantara bertujuan untuk memberikan kompetensi kepada mahasiswa mengenai konsep media dan multimedia pembelajaran dengan berbagai jenis dan modelnya, prosedur pengembangannya serta mengaplikasikannya dalam perancangan dan pengembangan produk multimedia pembelajaran  seni berbasis komputer. Materi meliputi konsep media, multimedia, dan multimedia interaktif, jenis-jenis media dan bentuk multimedia, prosedur pengembangan multimedia (berbasis komputer), perancangan multimedia, dan pengembangan multimedia interaktif pembelajaran seni berbasis komputer. Perkuliahan dilakukan dengan ceramah, praktik, dan proyek pengembangan media. Penilaian dilakukan dengan teknik penilaian proses, penugasan, dan penilaian proyek.

Laboratorium Pengembangan Pembelajaran Seni Nusantara
Dr. Kuswarsantyo, M.Hum.

Laboratorium Pengembangan Pembelajaran Seni Nusantara

Mata Kuliah Laboratorium Pengembangan Pembelajaran Seni Tari Nusantara bertujuan memberikan kompetensi  ketrampilan, pengetahuan, dan sikap  tentang Seni Tari Nusantara dan hubungannya dengan Pendidiakan karakter di sekolah. Materi perkuliahan meliputi Seni Tari Nusantara (berasal dari daerah/etnis setempat), baik tari tunggal, pasangan, maupun kelompok/massal. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan praktik di laboratorium/studio, presentasi, diskusi, dan penugasan. Penilaian dilakukan melalui tes ketrampilan dan presentasi