Bantuan dengan Cari kursus

Pengembangan Sistem Informasi (SI) membahas tentang pengembangan sistem informasi dari tahap communication, planning, modeling, construction, dan deployment. SI dipandang sebagai sistem socio-technical, dimana faktor sosial dan teknologi saling berrelasi. Sehingga dalam perkuliahan ini akan didiskusikan aspek sosial dan teknologi sebagai kesatuan dalam SI. Oleh sebab itu, dalam strategi pengembangan sistem informasi harus menggunakan dua pendekatan ini. Selain pengembangan SI, perkuliahan ini akan membuka peluang untuk diskusi tentang:
- Teori penerimaan teknologi
- Teori kesuksesan SI
- Studi kasus pengembangan SI dan penerimaan pengguna.

Mata Kuliah Filsafat Pendidikan Vokasional menyajikan diskusi mendalam dan analisis berbagai filsafat yang mendasari pengembangan Pendidikan dan Pelatihan  Keteknikan dan Vokasional yang dikenal dengan TVET. Pendidikan dan Pelatihan  Keteknikan dan Vokasional  adalah proses teknologi-sains-ekonomi-politik-sosial-budaya menyeluruh yang membawa peradaban bangsa dan  anak bangsa dalam hidup-kehidupan-penghidupan dengan budaya yang inovatif  kreatif-produktif, akulturasi budaya baru, teknologi baru IoTs, Cyber physical System, Media digital, Cloud computing. Pendidikan Vokasional membangun nilai teknologi, sains, ekonomi, politik, sosial dan budaya dengan rasa, sikap, memajukan skill, pengetahuan dan nilai-nilai peserta didik.

Pengembangan TVET dalam proses perkembangan transformasi digital dan revolusi industri 4,0 membutuhkan landasan filsafat yang jelas bagaimana TVET seharusnya dikembangkan secara mendasar, kuat, jelas arah masa depan pengembangan dan kemanfaatannya. Berbagai kajian dan pandangan filosofi serta implikasi dari filosofi itu dianalisis tingkat kesesuaian dan ketidaksesuaiannya untuk diterapkan dalam TVET. Kuliah ini mengkaji berbagai aliran filsafat seperti Idealisme, Realisme,  Esensialisme, Pragmatisme, Eksperimentalis Pragmatisme, Progesivisme, Rekonstruksi Budaya, Eksistensialsme, Filsafat lokal Ke Indonesiaan seperti (Tri Hita Karana, Hamemayu Hayuning Bawana).

Hasil kajian mendalam dari kuliah ini diharapkan mahasiswa Calon doktor PTK memiliki perspektif yang jelas tentang masa depan pengembangan TVET di masyarakat dan dunia.

Mata kuliah ini akan mendiskusikan dan atau membahas: (1) prinsip-prinsip utama  Analisis Jalur, Analisis Faktor, dan Structural Equation Modeling (SEM), (2) cara-cara  mengestimasi validitas dan reliabilitas instrumen, dan (3) cara melakukan dan praktik menganalisis data dengan teknik Analisis Jalur, Analisis Faktor, dan SEM menggunakan program Linier Structural Relation (LISREL).  

Mata kuliah ini membahas peran statistik dalam bidang penelitian, statistik deskriptif: distribusi frekuensi, distribusi steamleaf, statistik inferensial: teori probabilitas perubahan diskrit, distribusi binomial, distribusi variabel kontinu normal, chi-square, student-t dan Fisher; karakteristik distribusi sampling, pengujian hipotesis: uji perbedaan dua kelompok dengan distribusi t-peluang, tes berbeda lebih dari dua kelompok dengan analisis varian dengan asumsi dan tes lebih lanjut; analisis korelasi dan regresi, analisis jalur, dan structural equation modeling (SEM)

Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan (MPP) PTk ditawarkan kepada  mahasiswa Program Prodi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan S-3 PPs UNY semester 1 dengan bobot 3 sks. MPP PTK membahas topik-topik mencakup dasar metode ilmiah, pendekatan penelitian (positivistik dan postpositivistik), paradigma penelitian (empirisis, fenomenologis, critical theorists, dan pragmatis) dan genre metode dalam setiap paradigma penelitian. Kegiatan pembelajaran adalah diskusi interaktif, presentasi mahasiswa, dan penulisan proposal penelitian disertasi sesuai minat sebagai tagihan utama selain UTS dan UAS.

Pengembangan Sistem Informasi (SI) membahas tentang pengembangan sistem informasi dari tahap communication, planning, modeling, construction, dan deployment. SI dipandang sebagai sistem socio-technical, dimana faktor sosial dan teknologi saling berrelasi. Sehingga dalam perkuliahan ini akan didiskusikan aspek sosial dan teknologi sebagai kesatuan dalam SI. Oleh sebab itu, dalam strategi pengembangan sistem informasi harus menggunakan dua pendekatan ini. Selain pengembangan SI, perkuliahan ini akan membuka peluang untuk diskusi tentang:
- Teori penerimaan teknologi
- Teori kesuksesan SI
- Studi kasus pengembangan SI dan penerimaan pengguna.

Matakuliah ini membahas penerapan organisasi dan menajemen pendidikan pada pendidikan teknologi dan kejuruan dalam konteks sistem pendidikan di Indonesia. Di tingkat makro dibahas interkoneksi antara pendidikan, PTK, dan dunia kerja, sedang di tingkat mikro dibahas mengenai perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, dan monitoring pendidikan dan latihan pada pendidikan kejuruan, organisasi dan manajemen personalia, perencanaan, pengelolaan dan pengembangan sarana dan prasarana pendidikan, menejemen program instruksional, manajemen kurikulum berbasis kompetensi dan pengembangan SDM dan penjaminan mutu pendidikan kejuruan, menganalisis implementasi kebijakan pendidikan vokasi, menganalisis perkembangan PTK dari ertikel yang dimuat dalam buku referensi, mereview issu-issu terkini pendidikan vokasi pada jurnal nasional da internasional.

 

Pengembangan Sistem Informasi (SI) membahas tentang pengembangan sistem informasi dari tahap communication, planning, modeling, construction, dan deployment. SI dipandang sebagai sistem socio-technical, dimana faktor sosial dan teknologi saling berrelasi. Sehingga dalam perkuliahan ini akan didiskusikan aspek sosial dan teknologi sebagai kesatuan dalam SI. Oleh sebab itu, dalam strategi pengembangan sistem informasi harus menggunakan dua pendekatan ini. Selain pengembangan SI, perkuliahan ini akan membuka peluang untuk diskusi tentang:
- Teori penerimaan teknologi
- Teori kesuksesan SI
- Studi kasus pengembangan SI dan penerimaan pengguna.

Pengembangan Sistem Informasi (SI) membahas tentang pengembangan sistem informasi dari tahap communication, planning, modeling, construction, dan deployment. SI dipandang sebagai sistem socio-technical, dimana faktor sosial dan teknologi saling berrelasi. Sehingga dalam perkuliahan ini akan didiskusikan aspek sosial dan teknologi sebagai kesatuan dalam SI. Oleh sebab itu, dalam strategi pengembangan sistem informasi harus menggunakan dua pendekatan ini. Selain pengembangan SI, perkuliahan ini akan membuka peluang untuk diskusi tentang:
- Teori penerimaan teknologi
- Teori kesuksesan SI
- Studi kasus pengembangan SI dan penerimaan pengguna.