Topic outline

  • Deskripsi Identitas

    Ini bagian summary, silakan mengetik di sini.
  • pertemuan 1

    ikhtisar diketik di sini

    • Logika

      Hai .. hai.. Semangat Pagi . Pada pertemuan ini akan dibahas mengenai materi Logika. Secara garis besar logika ada dua macam yaitu deduktif dan induktif. Learning Outcomes yang diharapkan adalah mahasiswa mampu menjelaskan kaidah penalaran yang benar dalam sains.

      Sumber : www.kupangntt.wordpress.com

      • Prinsip-prinsip Pengambilan Keputusan

        Pada pertemuan ini akan dibahas mengenai prinsip-prinsip pengambilan keputusan. Prinsip-prinsip pengambilan keputusan sendiri dibedakan menjadi tiga macam yaitu dengan silogisme, modus ponens, dan modus tollens. Learning Outcomes yang diharapkan antara lain mahasiswa mampu menerapkan kaidah penalaran yang benar dalam melakukan inferensi.

        www.slideshare.net

        • Dasar-dasar Statistika

          Pada pertemuan ini akan dibahas mengenai Dasar-dasar Statistika diantaranya standar deviasi dan perhitungan galat, sehingga diharapkan mahasiswa dapat menggunakan keduanya untuk menyatakan ketepatan dan kecermatan dalam perhitungan (eksperimen).

          Sumber : www.nanoreno.blogspot.com

          • Metode Ilmiah

            Pada pertemuan ini akan dibahas mengenai Metode Ilmiah. Langkah Metode Ilmiah sendiri sering dikenal dengan 5M yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan. Learning outcome yang diharapkan mahasiswa mampu menguasai langkah-langkah metode ilmiah.

            Image result for metode ilmiah

            sumber : BelajarIPA.net

            • Kebenaran Ilmiah

              Pada pertemuan ini akan dibahas mengenai kebenaran ilmiah. Learning outcomes yang diharapakan antara lain mahasiswa mampu menguasai fakta, konsep, prinsip, dan hukum tentang molekul dan ion.

               : 

              Sumber : www.azzaky.wordpress.com

              • Sikap Ilmiah dan pembentukan Karakter

                sumber: http://2.bp.blogspot.com/

                Sumber: http://2.bp.blogspot.com/

                Pada pertemuan kali ini akan dibahas tentang sikap-sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh seorang ilmuwan. Mahasiswa akan menyaksikan sebuah serial film "Mr. Brain", dimana tokoh utama adalah seorang ilmuwan yang bekerjasama dengan pihak kepolisisan dalam memecahkan suatu kasus. Mahasiswa diharapkan dapat menganalisis sifat-sifat seorang ilmuan melalui penggambaran karakter utama dalam serial film tersebut.

                • Sikap Ilmiah dan Pembentukan Karakter

                  Sumber: https://img.okezone.com/

                  Pada pertemuan ini akan dipaparkan tentang pengertian plagiarisme, contoh-contoh plagiarisme, dan kasus plagiarisme yang pernah terjadi dalam dunia akademik di tanah air. Mahasiswa akan melakukan studi kasus melalui sebuah tayangan video plagiarisme akademik yang dilakukan oleh salah seorang dosen perguruan tinggi, kemudian mampu menyampaikan pendapatnya terkait kasus dalam video tersebut.

                  • Hubungan Matematika dengan Ilmu Pengetahuan Alam Lainnya

                    Sumber: http://stockfresh.com/

                    Pada pertemuan ini akan dibahas tentang hakikat ilmu matematika, peranan ilmu matematika, serta hubungannya dengan ilmu pengetahuan alam lain. Matematika (dari bahasa Yunaniμαθηματικά - mathēmatiká) merupakan studi besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Mahasiswa diharapkan mampu memahami peranan matematika sebagai alat dalam mempelajari ilmu pengetahuan alam lainnya. 

                    • Hubungan Kimia dengan Ilmu Pengetahuan Alam Lainnya

                      Sumber: http://wallpapercave.com/

                      Pada pertemuan kali ini akan dibahas tentang kimia sebagai central of sciences. Kimia yaitu ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia sebagai pusat ilmu menghasilkan bidang-bidang kajian yang lebih spesifik, seperti: biokimia, geokimia, kimia organik, kimia anorganik, kimia inti, kimia farmasi, nanokimia, kimia inti, dan lain sebagainya.

                      • Hubungan Fisika dengan Ilmu Pengetahuan Alam Lainnya

                        Sumber: http://eskipaper.com/

                        Pada pertemuan kali ini akan dibahas tentang fisika sebagai ilmu mengenai alam, yang mempelajari unsur-unsur dasar pembentuk alam semesta, gaya-gaya yang bekerja di dalamnya, dan akibat-akibatnya; serta keterpaduannya dengan ilmu matematika, kimia, dan biologi.

                        • Objek Biologi, Organisasi Kehidupan, Persoalan Biologi, Sistem Kehidupan

                          Sumber: http://macrophotoz.com/

                          Pada pertemuan kali ini akan dibahas tentang biologi sebagai ilmu alam yang mempelajari kehidupan, dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya. Mahasiswa juga akan mempelajari tentang organisme kehidupan dari tingkatan paling rendah, yaitu molekul; sampai tingkatan paling tinggi, yaitu bioma. Selain itu, persoalan biologi dan sistem kehidupan juga akan dibahas dalam pertemuan ini.

                          • Cabang Ilmu Biologi, Objek dan Persoalan tiap Cabang, 13 Sistem Kehidupan, Keterpaduan Tiap Sistem

                            Sumber: http://stylestodo.com/

                            Pada pertemuan kali ini akan dibahas tentang cabang-cabang ilmu biologi, beserta objek dan persoalannya. Sehingga diharapkan mahasiswa mampu memahami biologi yang mencakup bidang akademik yang sangat luas, dan bersentuhan dengan bidang-bidang sains yang lain. Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari tiga belas sistem kehidupan dalam kajian biologi dan keterpaduan antar sistem tersebut.

                            • Peran MIPA dalam Pengembangan Riset dan Teknologi

                              Sumber: http://www.aaas.org/

                              Pada pertemuan kali ini akan dibahas tentang konsep dasar penemuan ilmu pengetahuan yang secara langsung berhubungan dengan teknologi antara lain: fisika, kimia, dan biologi. Banyak hal dari ketiga bidang tersebut yang saling terikat dalam hubungan teknologi dan ilmu pengetahuan. Sebagai contoh : ditemukannya radio telegraf merupakan pengaruh langsung dari hasil percobaan gelombang elektromagnetik dalam laboraturium. Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu memahami adanya keterkaitan antara MIPA dengan masyarakat secara tidak langsung.

                              • Ujian Akhir Semester (UAS)

                                Sumber: http://carleton.ca/

                                Ujian akhir semester kali ini akan dilakukan melalui pengumpulan makalah tentang hasil kunjungan yang telah mahasiswa lakukan ke suatu tempat industri/lembaga yang mengintegrasikan matematika, kimia, biologi, dan fisika dalam kegiatan usahanya.

                                Mahasiswa juga diharuskan mengisi form evaluasi mata kuliah dan menyampaikan kritik dan saran melalui video conference demi perbaikan dan kemajuan proses pembelajaran e-learning mata kuliah wawasan dan kajian MIPA.