Weekly outline

  • General

     

    Berkolaborasi Memacu Masyarakat Berdaya

    Program Studi Pendidikan Sosiologi

    Fakultas Ilmu Sosial - Universitas Negeri Yogyakarta

    Pada semester ini kalian akan menempuh mata kuliah Pemberdayaan Masyarakat dengan secara full online (daring penuh) selama 16 kali pertemuan, dimana pembelajaran akan mengkolaborasikan model synchronous dan asynchronous. Model synchronous akan dilakukan melalui video conference dan model asynchronous dilakukan dengan menggunakan beragam aplikasi pembelajaran daring. Kemandirian, Semangat untuk belajar dan Kritis dalam mengidentifikasi permasalahan, kebutuhan dan potensi masyarakat sangat diperlukan dalam mengikuti kuliah ini.

    Nah kalian yang ingin tahu seperti apa mata kuliah ini dapat mencermati informasi berikut ini:

    Deskripsi Mata Kuliah

    Mata kuliah ini membekali mahasiswa agar mampu menguasai konsep dasar kajian pemberdayaan masyarakat, menerapkan strategi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal ditengah pengaruh globalisasi, dan melakukan evaluasi aksi pemberdayaan komunitas sebagai bentuk kemandirian dalam menyikapi ketimpangan sosial.

    Capaian Pembelajaran (Course Learning Outcome)

    Mahasiswa mampu merancangan program pemberdayaan masyarakat yang berbasis pada permasalahan dan kebutuhan masyarakat dengan mendayagunakan serta mengoptimalkan potensi yang ada guna mendorong masyarakat berdaya.

    Sub Capaian Pembelajaran

    Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat:

    1. mengetahui permasalahan pembangunan dan kebijakan pembangunan
    2. mengetahui potensi pemberdayaan masyarakat desa
    3. memahami konsep pemberdayaan
    4. mengembangkan rancangan bentuk pemberdayaan masyarakat
    5. mensintesis hasil rancangan pemberdayaan masyarakat
    6. menunjukkan keaktifan, kemandirian dan tanggung jawab (karakter)

    Skema Pembelajaran

    Peta Kompetensi

    Cara Belajar

    Perkuliahan ini akan dilakukan seluruhnya melalui online/daring, sehingga mahasiswa dituntut untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi dan jaringan dalam pembelajaran. Perkuliahan dalam jaringan menuntut disiplin dan kemandirian mahasiswa untuk belajar. Anda dapat belajar di setiap minggunya dengan panduan pembelajaran yang disediakan di halaman e-learning besmart ini. Setiap minggunya anda mendapatkan bahan ajar yang berwujud modul, video, powerpoint, link artikel dan lain sebagainya. Anda dapat mengunduh dan mempelajari bahan ajar serta mengerjakan berbagai aktivitas.

    Aktivitas perkuliahan bervariasi tiap minggunya mulai dari diskusi, quiz online, tugas, chat, refleksi, dan lain sebagainya. Materi pembelajaran juga disajikan beragam untuk menumbuhkan tantangan dan semangat anda mengikuti pembelajaran daring ini. Aktivitas didesain untuk lebih banyak melibatkan anda di dalam pembelajaran. Perkuliahan ini menitikberatkan pada partisipasi dan peran aktif mahasiswa untuk belajar, melakukan diskusi, mengerjakan tugas dan melaksanakan proyek belajar sesuai dengan luaran kompetensi yang diharapkan. Optimalkan kemampuan anda, eksplorasi bahan ajar dan pengalaman anda untuk memahami pemberdayaan masyarakat.

    Perhatikan setiap petunjuk yang terdapat dalam layanan belajar online ini, apabila menemui kesulitan anda dapat menghubungi kami melalui email, chat, atau media sosial yang tertera di halaman ini. Kami juga menyediakan tutorial menggunakan BeSmart yang didalamnya ada petunjuk untuk melakukan berbagai aktivitas di BeSmart. Silahkan mengunduh melalui link ini atau dapat mengunduh di file lampiran dibagian bawah halaman ini.

    Petunjuk Belajar

    Proses pembelajaran daring membutuhkan kemandirian belajar. Pada LMS Besmart ini disediakan fitur untuk mengingatkan dan menunjukkan apakah anda (mahasiswa) telah membaca, mendengarkan/melihat materi, dan/atau mengerjakan aktivitas belajar. Anda perhatikan disetiap kegiatan/aktivitas di sebelah bawahnya ada notifikasi berupa To do; Mark as done; atau keterangan prasyarat, seperti terlihat pada gambar berikut ini.

    Keterangan

    1. Kotak notifikasi "Mark as done" menandakan bahwa aktivitas belajar dilakukan secara mandiri, artinya setelah Anda selesai membaca atau mengerjakan silahkan klik kotak tersebut hingga muncul/berubah menjadi "Done". Hal ini perlu dilakukan untuk memantau progress belajar Anda. (proses ini dilakukan secara mandiri)
    2. Kotak notifikasi "To do" menandakan bahwa aktivitas belajar wajib Anda lakukan dan direkam oleh sistem, ketika Anda sudah melaksanakan kegiatan ini, secara otomatis akan berubah menjadi "Done:..." di kotak tersebut. (proses ini dilakukan oleh sistem)
    3. Setiap aktivitas kegiatan dibatasi oleh waktu. Batasan waktu terakhir dapat Anda lihat ketika masuk ke dalam aktivitas belajar, sehingga mohon dapat menjadi perhatian sekaligus melatih kedisiplinan dan tanggung jawab terkait manajemen waktu belajar. 
    4. Pada aktivitas belajar juga dilakukan pembatas dan/atau aturan, aktivitas kegiatan tidak akan bisa anda kerjakan ketika Anda belum mengerjakan aktivitas sebelumnya, sehingga mohon selalu memastikan, mengerjakan dan berpartisipasi pada semua aktivitas belajar.
    Layanan Pendukung

    Untuk mempermudah anda mengakses berbagai fitur pada menu pembelajaran daring ini, kami menyediakan layanan pendukung yang dapat dan nyaman dibuka dengan menggunakan gawai (handphone) anda. Anda dapat mengaksesnya melalui link ini

    SELAMAT BELAJAR

    SELALU BERPIKIR KRITIS DAN ANALITIS

    MEMACU MASYARAKAT BERDAYA

  • Orientasi Perkuliahan (Pertemuan 1)

    SELAMAT DATANG DI MATA KULIAH PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

    Apa kabar teman-teman, senang sekali bertemu dengan anda di mata kuliah ini. Selalu semangat dan jaga kesehatan. Pada pertemuan kali ini kita akan memulai dengan melakukan diskusi dan membangun kesepakatan selama mengikuti mata kuliah ini. Sebelumnya silahkan anda baca dan cermati RPS berikut ini. Cermati materi-materi yang anda akan dapatkan dan apabila ada hal yang belum anda pahami silahkan ditanyakan ketika kita melakukan video conference.

  • Belajar 1 - Permasalahan Pembangunan (Pertemuan 2)

    SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 1

    Hi, apa kabar teman-teman, semangat untuk memulai belajar ya. Setelah pada pertemuan sebelumnya, kita telah mendiskusikan berbagai materi yang akan dipelajari, kini tiba saatnya kita memulai belajar tentang pemberdayaan masyarakat. Apakah anda sudah membuka-bukan dan membaca-baca artikel atau materi tentang pemberdayaan? pastinya sudah dan siap untuk berdiskusi.

    Nah kali ini kita akan belajar tentang berbagai permasalahan di masyarakat, kita akan fokuskan pada permasalahan masyarakat dalam perspektif pembangunan. Apa saja ya permasalahan yang ada di masyarakat? coba berimajinasi, dan bayangkan ketika anda mendengar masalah masyarakat, masalah pembangunan apa yang terlintas di benak anda?

    Kemiskinan - Kriminalitas - Ketimpangan Sosial - Pengangguran, mungkin sebagian di antara anda akan memikirkan masalah tersebut, tetapi apakah masalah pembangunan hanya itu saja? Coba anda perhatikan video berikut ini, jangan lupa catat hal-hal penting

    Selain permasalahan riil seperti tayangan tersebut, ada banyak permasalahan yang muncul dan menjadi kendala dalam proses pembangunan, salah satunya tentang kemiskinan dan ketimpangan sosial, nah untuk mengetahui lebih lanjut silahkan dapat mengikuti penjelasan berikut ini

    • Diskusi Permasalahan Pembangunan Forum
      Restricted Available until 12 September 2021, 11:00 PM
  • Belajar 2 - Permasalahan Sosial (Pertemuan 3)

    SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 2

    Apa kabar teman-teman, semoga tetap dalam keadaan sehat dan bahagia. Pertemuan sebelumnya kita telah membahas tentang masalah-masalah yang muncul akibat pembangunan. Tentu saja berbagai masalah tersebut terjadi dalam skala yang makro. Nah pada pertemuan kali ini kita akan mencoba membahas permasalahan sosial dalam skala mikro yang ada di sekitar kita.

    Coba anda identifikasi permasalahan sosial di sekitar anda. Ada apa saja permasalahan itu, tentu saja ada diantara anda yang mendapatkan sedikit masalah dan ada yang mendapatkan banyak permasalahan sosial. Nah supaya lebih seru coba anda foto salah satu permasalahan yang ada kemudian hasil foto anda di share via instagram, beri deskripsi permasalahan apa yang anda temukan. Jangan lupa tag @pso6213 dan beri tagar #pemberdayaanUNY_masalahasosial2021. Teman-teman dapat memberikan like dan comment di post Instagram teman anda.

    Postingan diatas merupakan contoh hasil identifikasi masalah sosial di masyarakat.

    Informasi lebih lanjut tentang aktivitas belajar pada pertemuan ini dapat anda lihat melalui file berikut ini

  • Belajar 3 - Kebijakan Pembangunan/Pemerintah (Pertemuan 4)

    SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 3

    Halo Pemberdaya Masyarakat, apa kabar, semoga selalu baik dan tetap semangat. Bagaimana perkembangan kuliah anda sampai saat ini, apakah ada kendala? semoga semua berjalan lancar, bagi yang masih memiliki kendala silahkan dapat berdiskusi dengan kami secara personal.

    Kita mulai pembelajarannya ya... Pada pertemuan sebelumnya masih ingat? kita mendiskusikan tentang berbagai permasalahan masyarakat baik di tingkat makro dan mikro.

    ada kemiskikinan, pengangguran, kriminalitas, sampah, keterbatasan akses, dsb. Nah pada situasi pandemi saat ini, permasalahan-permasalahan sosial justru semakin banyak, sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pemerintah mencoba mengatasi permasalahan pandemi melalui berbagai kebijakan. Teman-teman, pada pertemuan ini kita mencoba membedah permasalahan-permasalahan tersebut dari perspektif kebijakan pembangunan. Apa yang telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada, apakah sudah tepat sasaran kebijakan-kebijakan yang dimunculkan? Yuk kita mulai dengan mencermati tayangan berikut ini.

    Dari tayangan tersebut bagaimana anda memandang kebijakan yang telah di ambil untuk mengatasi permasalahan masyarakat, terutama ketika pandemi berlangsung? apakah sudah tepat, ataukah masih banyak pekerjaan rumah untuk mengentaskan dan mencari solusi atas permasalahan sosial masyarakat? Yuk kita berdiskusi, silahkan masuk ke forum diskusi berikut ini.

    • View Make forum posts: 1
  • Belajar 4 - UU Desa (Pertemuan 5)

    SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 4

    Halo bagaimana kabar kalian, semoga baik, sehat dan tetap semangat untuk belajar. Setelah pertemuan sebelumnya kita mendiskusikan tentang kebijakan pembangunan, kini kita akan berbincang tentang peraturan yang mengubah desa sehingga memiliki otonomi sendiri untuk berdaya. Kita membahas tentang UU Desa, apa itu UU Desa dan apa implikasinya bagi desa sehingga diperlukan terutama ketika nanti kita berbicara dan diskusi di materi pemberdayaan.

    Sebelumnya silahkan anda cermati UU Desa yang dapat anda unduh atau baca melalui link dibawah ini

  • Belajar 5 - Observasi - Identifikasi Masalah dan Potensi (Pertemuan 6-7)

    SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 5

    Hi, apa kabar teman-teman, semoga selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan. Bagaimana diskusi pada perkuliahan pemberdayaan hingga pertemuan ini? apa saja yang kalian dapatkan? Semoga teman-teman semakin mulai mengenal dan mendalami situasi dan lingkungan di sekitar kalian ya. 

    Nah teman-teman, pada pertemuan-pertemuan sebelumnya kita telah mendiskusikan dasar pengembangan pemberdayaan masyarakat mulai dari permasalahan, kebijakan hingga UU Desa. Selanjutnya, sudah saatnya kita mulai bergeser untuk menemukan potensi desa/lingkungan yang dapat dijadikan modal untuk mengembangkan dan merencanakan pemberdayaan masyarakat.

    Teman-teman, apa yang kalian lihat dari gambar di bawah ini? Ya, ada sawah, kegiatan karang taruna, dan kampung warna-warni. Apakah di sekitar kalian ada situasi seperti ini? Pasti ada yang pernah menemukan dan mungkin ada juga dari kalian yang belum pernah melihat situasi seperti ini. 

    Potensi Desa

    Nah, mari sedikit kita bahas pada contoh gambar paling kanan tentang kampung warna-warni. Menarik ya teman-teman ketika melihat rumah-rumah tersebut berwarna-warni. Namun apakah kalian tahu mengapa kampung ini disulap menjadi warna-warni begitu? Sebagai contoh kampung warna-warni di Jogja, Malang, dan Semarang awalnya disulap karena kawasan tersebut kumuh dan kurang menarik. Lalu ada inisiatif dari masyarakat dan pemerintah untuk mewarnai rumah-rumah mereka. Ternyata setelah dibuat seperti itu kawasan tersebut hari ini menjadi kawasan wisata yang banyak dikunjungi masyarakat. Bahkan menarik untuk dijadikan spot foto yang instagramable. Kalian bisa cek di google berbagai kampung warna-warni di Indonesia dan silakan berselancar untuk dapat mengetahui dan melihat berbagai hal menarik di kampung warna-warni tersebut. 

    Dari hal tersebut apa kaitannya dengan materi kita hari ini teman-teman?

    Jadi, seperti yang tadi kami sampaikan bahwa awalnya kampung warna-warni itu berangkat dari kondisi kampung yang cukup kumuh, pinggiran sungai, dan sebagainya. Tentu saat itu ini permasalahan tersendiri di kawasan tersebut. Lalu menariknya ternyata masyarakat mengubah permasalahan itu menjadi sebuah potensi yang dapat dikelola. Akhirnya justru kondisi rumah-rumah di kawasan bantaran sungai dan tengah kota yang awalnya tidak cukup sedap dipandang tersebut menjadi potensi wisata yang sangat menarik. 

    Fenomena tersebut membuat kita menyadari bahwa sebuah permasalahan sosial di masyarakat ternyata jika dikelola justru dapat menjadi potensi yang menguntungkan dan mampu membawa perubahan bagi masyarakat. Namun memang dalam hal ini memerlukan kemampuan dari masyarakat untuk menyadari hal tersebut. 

    Oleh sebab itu pada pertemuan hari ini kita akan belajar bersama untuk menemukan potensi yang ada di sekitar lingkungan kita. Potensi itu dapat berangkat dari permasalahan yang kita temukan namun sebenarnya menurut imajinasi teman-teman hal tersebut mungkin berpotensi untuk dikelola bagi masyarakat. Potensi tersebut juga dapat berasal dari sesuatu yang belum pernah dipikirkan oleh masyarakat sekitar kita selama ini. Bisa jadi mereka belum menyadari bahwa hal tersebut menarik atau berpeluang untuk dikembangkan. 

    Dalam hal inilah teman-teman semua yang telah banyak belajar tentang kajian masyarakat saatnya untuk secara kritis menemukan potensi yang ada di masyarakat sekitar kalian. Potensi dapat bermacam-macam baik fisik, sosial, alam, dan sebagainya. Jadi, tujuan akhir dari pertemuan hari ini kalian dapat menemukan potensi yang ada di lingkungan kalian dan nantinya akan kalian dokumentasikan dalam sebuah tulisan.

    • Hasil Observasi Potensi Desa/Kampung Assignment
      Restricted Available until 12 October 2021, 6:00 PM
  • Belajar 6 - Pemberdayaan Masyarakat (Pertemuan 8)

    SELAMAT DATANG DI KEGIATAN BELAJAR 6

    pemberdayaan

    Apa kabar teman-teman semua, semoga selalu sehat dan tetap semangat.

    Pada pertemuan sebelumnya kita telah mendengarkan dan mencermati hasil dari observasi kalian di lingkungan sekitar ada masing-masing. Ternyata ada banyak potensi yang ada dan belum tergali yang memungkinkan untuk dikembangkan/ di daya gunakan bagi kebermanfaatan masyarakat.

    Potensi-potensi tersebut sering kali tidak disadari oleh masyarakat, justru karena mereka hidup ditengah-tengah potensi tersebut sehingga tidak merasa bahwa itu merupakan sebuah potensi, bahkan terkadang justru menganggap kondisi tersebut sebagai sebuah permasalahan.

    coba lihat gambar diatas, ini merupakan salah satu hasil observasi teman kalian dimana kulit kerang hijau yang dianggap sebagai sampah, sebenarnya memiliki potensi untuk dikembangkan, apalagi melihat sumber daya manusia yang ada yang memungkinkan untuk mengembangkan potensi yang ada. Begitu juga dengan rumput laut hitam yang dapat dikembangkan sebagai bahan kosmetik, serta kayu bekas yang dapat diolah menjadi kaki sofa/meja yang pada akhirnya memiliki nilai ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat

    Permasalahan dan potensi yang ada apabila dikembangkan akan menjadi daya dorong bagi pengembangan masyarakat dan menjadi modal untuk mendayagunakan dan memberdayakan masyarakat

    Dari apa yang telah teman-teman pelajari sebelumnya, tiba saatnya teman-teman memahami apa itu pemberdayaan masyarakat. Coba anda renungkan dari apa yang telah anda lakukan pemberdayaan itu apa? coba anda tuliskan apa itu pemberdayaan menurut anda pada tautan berikut ini