Topic outline

  • General

    SELAMAT DATANG 

    MATA KULIAH

    SOSIOLOGI PERDESAAN

     

    
    
    HALLO MAHASISWA PEMERHATI DESA !!

    Memasuki semester ganjil pada tahun ajaran ini anda akan menempuh mata kuliah Sosiologi Perdesaan dengan model Blended Learning. Pembelajaran akan dilaksanakan selama 16 minggu de ngan rincian 8 minggu teori, 7 minggu praktik dan 1 minggu evaluasi. Anda wajib lulus dalam mata kuliah ini dengan melaksanakan perkuliahan sesuai dengan rancangan yang telah disusun pada setiap minggu. Optimalkan segala potensi anda dalam proses perkuliahan ini.

    Selamat belajar dan berkreasi !

     

    DESKRIPSI MATA KULIAH :

    Mata kuliah ini memiliki kajian pokok tentang Desa dan Masyarakat Perdesaan. Menekankan pada aspek karakteristik dan dinamika masyarakat desa. Berkaitan dengan hal tersebut pada proses perkuliahan, mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang aspek pengetahuan berkaitan dengan lingkungan fisik dan sosial budaya  masyarakat perdesaan, sistem kekeluargaan, sistem kemasyarakatan, pola tingkah laku, budaya, lembaga dan struktur sosial dan  perubahan yang terjadi pada masyarakat perdesaan. Pada aspek psikomotorik mata kuliah ini mendorong mahasiswa untuk menemukan berbagai realitas sosial di desa dan pada masyarakat desa. Selanjutnya pada aspek afektif mata kuliah ini mengembangkan kompetensi individual dan kelompok dalam pengelolaan perkuliahan.

    Perkuliahan sosiologi perdesaan sangat menekankan pada aspek literasi manusia. Literasi manusia mengutamakan keberadaan individu atau kelompok sosial dalam suatu masyarakat. Segala macam realitas sosial yang berasal dari aktivitas manusia di perdesaan menjadi obyek kajian sosiologi perdesaan. Sumber-sumber belajar adalah berbagai aktivitas sosial masyarakat desa. Memerlukan kemampuan kritis dan komunikasi yang baik dari mahasiswa untuk dapat mengetahui, memahami dan mengidentifikasi kondisi berbagai individu dan kelompok dalam masyarakat desa. Selain itu mahasiswa memerlukan kejelian untuk dapat melakukan uji validitas sebuah kondisi masyarakat desa. Mengingat aspek manusia dan segala proses interaksi sosial di sekelilingnya merupakan proses yang sangat dinamis.

    CAPAIAN PEMBELAJARAN (KOMPETENSI MATA KULIAH)

    Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis tentang dinamika dan perkembangan pada masyarakat desa, sehingga mampu berpikir kritis, analistis, dan menguasi segala permasalahan yang muncul. 

    SUB CAPAIAN PEMBELAJARAN (SUB KOMPETENSI MATA KULIAH)

     Setelah selesai mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa dapat

    1. Menjelaskan hakikat sosiologi perdesaan

    2. Mengidentifikasi desa dan karakteristiknya

    3. Memahami struktur sosial perdesaan

    4. Menjelaskan kebijakan pembangunan desa

    5. Mengidentifikasi dinamika perkembangan desa

    6. Menyajikan berbagai perkembangan desa

    CARA BELAJAR

    Proses perkuliahan dilaksanakan melalui sistem blended learning. Model ini dilakukan dengan memadukan sistem online dan konvensional tatap muka (face to face). Metode perkuliahan melibatkan berbagai unsur media pembelajaran seperti video, kuis online, instagram, dan lain sebagainya. Hal ini menuntut partisipasi aktif mahasiswa dalam perkuliahan.

    Setiap minggu anda harus mempelajari bahan ajar yang tersedia dalam layanan mata kuliah baik berupa modul, power point, video dan lain sebagainya. Aktivitas setiap minggu bervariasi dapat berupa materi, diskusi, refleksi, quiz, tugas, chat dan lain sebagainya. Lakukan perkuliahan sesuai dengan petunjuk yang tertera dalam layanan mata kuliah. 

    SKEMA PERKULIAHAN

    No

    Pertemuan

    Materi

    Aktivitas

    1

    1

    Orientasi Perkuliahan

    ·        Mahasiswa memahami informasi mata kuliah dan menyepakati kontrak perkuliahan

    2

    2

    Kerangka konseptual Sosiologi Perdesaan

    ·        Mahasiswa mempelajari materi kerangka konseptual sosiologi perdesaan

    ·        Mahasiswa mengerjakan tugas yang disiapkan

    3

    3 - 4

    Desa : Wilayah dan Ciri -Ciri

    ·        Mahasiswa mempelajari materi desa, wilayah dan ciri-ciri

    ·        Mahasiswa mengidentifikasi desa (praktek)

    4

    5-6

    Karakteristik dan Tipologi Desa

    ·        Mahasiswa mempelajari materi karakteristik dan tipologi desa

    ·        Mahasiswa menganalisa karakteristik dan tipologi desa (praktek)

    ·        Mahasiswa menunjukkan berbagai tipologi desa

    5

    7-8

    Struktur Sosial Perdesaan

    ·        Mahasiswa mengidentifikasi berbagai struktur sosial perdesaan (praktek)

    ·        Mahasiswa mempelajari materi struktur sosial perdesaan

    ·        Mahasiswa menjelaskan berbagai struktur sosial perdesaan

    6

    9

    Sistem Pemerintahan Desa

    ·        Mahasiswa mempelajari materi sistem pemerintahan desa

    ·        Mahasiswa mengidentifikasi sistem pemerintahan desa 

    7

    10

    Pengelolaan Desa

    ·        Mahasiswa mempelajari kebijakan pengelolaan desa (Otonomi Desa)

    ·        Mahasiswa mengidentifikasi implementasi kebijakan pengelolaan desa 

    8

    11-12

    Perkembangan Desa

    ·        Mahasiswa mempelajari aspek perkembangan desa

    ·        Mahasiswa mengidentifikasi perkembangan desa (praktek)

    ·        Mahasiswa menyusun kajian perkembangan desa

    9

    13-15

    Unjuk Kerja/ Praktek Lapangan: Dinamika Masyarakat Desa 

    ·   Mahasiswa mengidentifikasi dinamika masyarakat desa (praktek)

    ·    Mahasiswa mempresentasikan hasil kajian tentang desa dan perkembangannya

    ·      Mahasiswa mempublikasikan kajian tentang desa dan perkembangannya

    10

    16

    Refleksi dan Evaluasi Perkuliahan

    ·        Mahasiswa melakukan refleksi proses perkuliahan

    ·        Mahasiswa melakukan evaluasi perkuliahan


    TEKNIK PENILAIAN

    NO Indikator Bobot
    1 Partisipasi dalam aktivitas 20%
    2 Tugas 15%
    3 Evaluasi/ Quiz 10%
    4 Proyek 40%
    5 Ujian Akhir Semester 15%

    DAFTAR REFERENSI






  • Pertemuan 1 (Orientasi Perkuliahan)

    Hallo Mahasiswa Pembaharu Desa !

    Selamat Datang di Orientasi Perkuliahan

    Kalian tentu ingin agar dapat mengikuti perkuliahan ini dengan baik dan pada akhirnya berhasil mendapatkan hasil yang terbaik. Maka mari kita simak Orientasi Perkuliahan di bawah ini. Akan dijelaskan tentang Rencana Pembelajaran Semester dan Kontrak Perkuliahan yang akan kita jadikan pedoman. 


    Pada tahap ini kita akan membahas tentang berbagai topik bahasan dan kegiatan pembelajaran selama perkuliahan Sosiologi Perdesaan. Agar kalian dapat mempelajari secara lebih detail terkait langkah-langkah perkuliahannya, silakan kalian mengunduh Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Sosiologi Perdesaan di bawah ini :

  • Pertemuan 2 (Kerangka Konseptual Sosiologi Perdesaan)

    Hallo Mahasiswa Pemerhati Desa !

    Selamat datang di Pertemuan 2

    Pada pertemuan kali ini kita akan berdiskusi tentang Kerangka Konseptual Sosiologi Perdesaan. Pembahasan materi ini diperlukan karena kajian sosiologi perdesaan memiliki karakteristik yang unik dan menarik. Oleh sebab itu mari kita ikuti perkuliahan ini dengan baik.  

    Ada yang tinggal di desa atau mungkin tidak pernah tau sama sekali tentang desa? Nah, pada pembahasan sosiologi perdesaan, para mahasiswa akan mengkaji lebih dalam tentang berbagai hal yang berkaitan dengan desa dan masyarakat. Menggunakan pendekatan sosiologi tentunya. Oleh sebab itu untuk mengawali gambaran anda tentang desa, silakan anda amati video berikut ini dan temukan hal-hal menarik yang berkaitan dengan desa. 

    Selamat mengamati !

    Bagaimana? Gambaran apa yang dapat kalian temukan dari video tersebut? Apakah anda sudah menemukan kesimpulan desa itu seperti apa? Lalu apakah kalian juga sudah mengidentifikasi kira-kira apa kaitannya dengan Sosiologi Perdesaan? Mari kita pelajari secara seksama tentang konsep desa. Silahkan perhatikan materi dalam tayangan berikut ini.

    Sudah paham bukan, untuk menguatkan pemahaman kalian, berikut ini terdapat materi dalam modul yang bisa kalian unduh dan pelajari lebih lanjut. 

  • Pertemuan 3-4 (Desa : Wilayah dan Ciri-Ciri)

    Hallo Mahasiswa Pembaharu Desa !

    Selamat datang di Pertemuan 3-4

    Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang Karakteristik Desa berdasarkan Aspek Wilayah dan Ciri-Ciri. Materi ini menjadi pembahasan mendasar tentang perdesaan karena sebelum kita melangkah lebih jauh tentang berbagai dinamika di masyarakat desa, kita perlu mengetahui dan memahami bersama apa yang dimaksud dengan desa dan bagaimana ciri-cirinya.

     

    Sebelumnya silakan anda amati gambar di atas. Menurut anda, gambar tersebut merupakan gambaran kawasan desa dimana? Mengapa anda bisa mengatakan hal tersebut? adakah ciri atau karakteristik tertentu yang anda tangkap dari gambar tersebut sehingga menunjukkan daerah tertentu? 

    Nah, pembahasan tentang sebuah desa memang tidak dapat dipisahkan dari karakteristik dan ciri yang terlihat pada kawasan tersebyt. Sehingga hal ini mampu menjadi sebuah cara atau metode untuk dapat membedakan antara masyarakat desa satu dengan yang lain. OLeh sebab itu pada pembahasan kali ini kita akan mendiskusikan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

     

    Sebagaimana kita ketahui bahwa desa merupakan sebuah kawasan yang memiliki karakteristik tertentu. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam kondisi yakni menyangkut wilayah atau kawasan desa dan kondisi masyarakat di dalamnya. Berbagai kondisi tersebut mempengaruhi dan membedakan karakteristik antara satu desa dengan desa yang lain. Berikut ini contoh kondisi wilayah dan ciri-ciri sebuah desa di Kabupaten Kulon Progo. Silakan kalian amati baik-baik

    Apa yang dapat kalian temukan dari profil Desa Sendangsari tersebut? Apakah desa tersebut memiliki karakteristik yang unik dan menarik terkait aspek wilayahnya? Lalu memngapa setiap kawasan perdesaan dalam pertumbuhannya dipengaruhi kondisi wilayahya?

    Untuk lebih jelasnya lagi, hal ini akan kita bahas lebih dalam dengan materi dalam pertemuan kali ini. 

    Oleh karena itu pada pembahasan materi kali ini akan dilaksanakan dengan beberapa langkah di bawah ini. Silakan kalian ikuti berbagai langkah perkuliahan berikut :


    Selamat beraktivitas ! 

      

  • Pertemuan 5-6 (Karakteristik dan Tipologi Desa)

    Hallo Mahasiswa Pemerhati Desa !!

    Selamat datang di pertemuan 5-6

    Bagaimana kabar kalian?

    Minggu yang lalu, kalian telah menyelesaikan satu kegiatan praktek lapangan yang cukup menarik yakni identifikasi desa dan ciri-cirinya lalu kalian unggah di instagram. Bagaimana apakah postingan anda mendapat likes yang cukup banyak? Lalu apakah kalian dapat menjawab komentar dari teman-teman anda? Silakan anda bisa lanjutkan komentar dalam instagram tersebut sesuai dengan pengalaman yang anda temukan di lapangan.

    MATERI

    Untuk selanjutnya, pada pertemuan ini kita akan belajar tentang karakteristik dan tipologi desa. Pembahasan materi ini dilakukan agar mahasiswa secara mendalam memahami karakteristik dari berbagai tipe atau jenis desa yang ada di lingkungan kita.

    Untuk itu silakan anda pelajari materi presentasi di bawah ini untuk memperoleh penjelasan lebih lanjut tentang Karakteristik dan Tipologi Desa.

    Bagaimana apakah kalian sudah memahami tentang karakteristik dan tipologi desa? 

    Dalam materi presentasi tersebut anda disilakan untuk memberikan feed back dari berbagai macam pertanyaan tentang karakteristik dan tipologi desa. Apakah kalian sudah memiliki jawabannya? 

    Selanjutnya mari kita simak video di bawah ini dan silakan kalian cermati jawaban kalian dengan pembahasan melalui video ini :

    Selamat menyaksikan !

    Apakah anda sudah jelas tentang karakteristik dan tipologi desa? Untuk semakin memperdalam pemahaman kalian tentang karakteristik dan tipologi desa, berikut ini modul yang bisa kalian unduh dan pelajari secara mandiri. 

  • Pertemuan 7-8 (Struktur Sosial Perdesaan)

    Hallo mahasiswa pemerhati desa!!

    Bagaimana kabar kalian?

    Selamat datang di pertemuan 7-8

    Minggu yang lalu tentu kalian sudah mampu membuat Vlog yang mendokumentasikan tentang berbagai karakteristik masyarakat desa dan lingkungan desa. Berbagai vlog yang sudah diunggah di channel youtube sangat menarik dan mampu dijadikan sebagai bahan diskusi bersama teman-teman anda.

    Lalu mari kita simak gambar di bawah ini :

    Pernahkah kalian melihat suasana seperti dalam gambar di atas? Bagaimana menurut kalian? apakah ada hal yang menarik yang bisa kalian temukan? 

    Ya, gotong-royong atau kerja bakti merupakan salah satu bentuk pola interaksi masyarakat desa. Aktivitas mengerjakan pekerjaan secara bersama-sama dilakukan dengan tujuan agar pekerjaan tersebut tidak hanya selesai begitu saja namun terdapat nilai kebersamaan dan kekeluargaan di dalamnya. 

    Apakah hal seperti ini masih kalian temukan di sekitar kalian? 

    Kerja bakti atau gotong royong adalah satu bagian dari aktivitas sosial yang mampu mewujudkan ciri atau karakteristik masyarakat tertentu. Akivitas sosial ini juga merupakan bagian dari unsur sosial yang menguatkan sistem sosial di dalam masyarakat. 

    Hal tersebut berkaitan dengan apa yang akan kita diskusikan pada saat ini yakni Struktur Sosial Desa. Sebagaimana yang kita tahu bahwa desa memiliki struktur sosial yang unik dan berbeda-beda sehingga menyebabkan karakteristik dari setiap masyarakat desa. Harapannya nanti kalian akan mengetahui dan mengidentifikasi lebih dalam tentang struktur sosial desa. 

    Lalu apakah kalian sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan struktur sosial dan bagaimana struktur sosial di perdesaan? Untuk menjawab hal tersebut silakan kalian cermati  video berikut ini bersama kelompok

    Bagaimana ? apa yang dapat kalian amati dari video tersebut?

    Apakah anda sudah menangkap apa yang menjadi struktur sosial desa?

    Nah untuk memperdalam pemahaman kalian tentang struktur sosial desa berikut ini disajikan materi dalam materi presentasi dan modul di bawah ini. Silakan anda pelajari !

  • Pertemuan 9 (Sistem Pemerintahan Desa)

    Hallo Mahasiswa Pemerhati Desa !!

    Bagaimana kabar kalian? Semoga tetap semangat dan selalu sehat!!

    PEMBUKAAN

    Pada pertemuan kali ini akan kita awali dengan kuis sebagai bentuk evaluasi dari materi kita sebelumnya.

    Jangan lupa siapkan handphone atau laptop kalian masing-masing karena kita akan mengerjakan kuis menggunaan aplikasi bernama quizizz. 

    Selamat mengerjakan !!

  • Pertemuan 10 (Pengelolaan Desa)

    Salam Pembaharu Desa!!

    Bagaimana kabar kalian? Tentu baik bukan? 

    minggu lalu kita sudah belajar tentang sistem pemerintahan desa. Tentu kalian sudah mendapatkan berbagai informasi tentang bagaimana sistem pemerintahan desa di Indonesia. Selain itu, tugas sudah dikumpulkan ya? 

    PENGANTAR

    Nah pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang pemerintahan desa namun fokus pada sistem pengelolaan desa yang berkaitan dengan kebijakan UU Desa.


     

     

  • Pertemuan 11-12 (Perkembangan Desa)

    HALLO MAHASISWA PEMERHATI DESA!!

    Selamat datang di pertemuan ke 11 dan 12

    Bagaimana kabar kalian?

    Apa yang kalian lihat dari gambar di atas? Menarik bukan? Ya, hari ini kita akan membahas tentang materi yang berkaitan dengan perubahan dan perkembangan sosial budaya di perdesaan. 

    Tentunya kalian dalam beberapa kali perkuliahan kita sudah mendapatkan banyak pengalaman tentang masyarakat desa. Dari berbagai desa yang kalian amati pasti ada desa yang memiliki ciri-ciri atau mengalami perkembangan di dalamnya.

    Nah pada saat ini kita akan mendiskusikan tentang Perkembangan Desa dengan berbagai contoh-contoh yang menarik dan bisa kita bahas bersama.

  • Pertemuan 13-15 (Unjuk Kerja/Praktek Lapangan)

    Hallo hallo para mahasiswa pemerhati desa!

    Bertemu lagi di perkuliahan Sosiologi Perdesaan!

    Pada kesempatan kali ini kita akan awali perkuliahan dengan beberapa gambar di bawah ini. KIra-kira apa yang sedang mahasiswa lakukan di foto ini ?

    Ya, mereka sedang melakukan interview bersama salah satu warga desa di Suku Samin Jawa Tengah. Para mahasiswa tersebut melakukan interview untuk mengetahui lebih dalam terkait kondisi masyarakat Samin dan karakteristik wilayah perdesaan mereka. Metode interview dan observasi memang menjadi metode yang paling efektif untuk memperdalam pengetahuan dan pengalaman kita dalam mempelajari sebuah karakteristik masyarakat. Akan lebih mendalam lagi jika kita bisa tinggal atau berdiskusi lebih dalam dengan masyarakat untuk beberapa saat. 

    PENGANTAR

    Di Prodi Pendidikan Sosiologi, berkunjung melalui kegiatan Kuliah Kerja Lapangan ke perdesaan merupakan hal yang selalu dilakukan oleh mahasiswa. Berikut contoh video pada saat kunjungan lapangan beberapa tahun silam di Suku Samin.

  • Pertemuan 16 (Evaluasi)

    Hallo para mahasiswa Pemerhati Desa !

    Apa kabar?

    Tidak terasa kita sudah memasuki akhir dari perkuliahan Sosiologi Perdesaan. Bagaimana keseluruhan kegiatan perkuliahan kita? Apakah anda dapat melalui semua tahapan dengan baik? Semoga begitu ya.

    Nah pada akhir kegiatan ini kita akan melakukan proses evaluasi dari berbagai kegiatan perkuliahan di sosiologi perdesaan

    Setiap mahasiswa harus mengikuti proses evaluasi ini.

    Simak baik-baik dan ikuti petunjuk di bawah ini ya !