Topic outline

  • TOPIK 1. KONSEP DASAR STATISTIKA

    Materi pembelajaran ke-1 Statistika adalah konsep dasar statistika yang meliputi: (1) pengertian dan jenis stastika, (2) variabel dan data, (3) jenis data, (4) skala pengukuran, (5) dan beberapa istilah dasar dalam statistika.

    Silahkan unduh file terlampir dan pelajari dengan baik. Anda sebaiknya melakukan pembelajaran secara berkelompok secara mandiri melalui daring dengan menggunakan media sosial.

    Kerjakan latihan (kuis) dan kerjakan tugas yang tersedia. Anda hanya boleh menyerahkan (submit) jawaban Anda sekali saja. Yakinkan semua pertanyaan sudah anda jawab dengan sebaik-baiknya sebelum Anda submit.

    Tugas harus Anda kerjakan sesuai dengan waktu yang tersedia dan serahkan sebelum batas waktu yang ditentukan. Penyerahan tugas yang terlambat tidak akan masuk ke sistem dan tidak akan dapat dinilai oleh dosen.

  • TOPIK 2. DISTRIBUSI FREKUENSI

  • TOPIK 3. KUARTIL, DESIL, DAN PERSENTIL.

  • TOPIK 4. DISTRIBUSI PELUANG BINOMIAL

    Topik pembelajaran sesi ini adalah distribusi peluang binomial. Unsur "bi" dalam istilah tersebut berarti dua. Hal ini menunjuk pada adanya dua kemungkinan atau peluang. Terdapat dua kemungkinan dalam mengikuti sebuah tes, yaitu lulus atau tidak lulus atau terdapat dua kemungkinan dalam melakukan suatu percobaan, yaitu berhasil atau gagal. 

    Distribusi peluang binomial merupakan dasar untuk menentukan peluang keberhasilan dalam sejumlah (n) percobaan. Dalam hal ini, dipersyaratkan sbb.:

    1. Percobaan dilakukan sebanyak n kali.
    2. Setiap kali percobaan mempunyai dua kemungkinan yakni berhasil atau gagal.
    3. Probabilitas keberhasilan dari masing-masing percobaan sama atau tetap.
    4. Hasil yang diperoleh pada setiap percobaan tidak akan mempengaruhi hasil yang diperoleh pada percobaan-percobaan yang lain (saling independen).

    Sebagai contoh, koin memiliki sisi gambar dan sisi angka. Setiap pelemparan koin menghasilkan peluang atau probabilitas munculnya sisi gambar atau sisi angka 1/2. Dapat diajukan pertanyaan: Berapa peluang munculnya sisi gambar 1 kali jika koin dilempar sebanyak 3 kali?

    Untuk mempelajari peluang binomial, silahkan undung file terlampir.

  • TOPIK 5. DISTRIBUSI NORMAL

    Materi pembelajaran kali ini adalah distribusi normal yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu: (1) kurva normal dan daerah kurva normal, (3) membaca tabel distribusi normal standar (tabel z), dan (3) penerapan distribusi normal dalam pemecahan soal peluang.

    Silahkan unduh tiga file PDF untuk ketiga bagian materi tersebut. Pelajari baik-baik materi tersebut dan kerjakan tugas serta latihan yang tersedia.

    Selamat belajar!

  • TOPIK 6. ANALISIS KORELASI PEARSON PRODUCT MOMENT

    Materi pembelajaran berikutnya adalah analisis korelasi Pearson Product Moment. Tujuan pembelajaran ini adalah agar mahasiswa dapat memahami pengertian dan prosedur analisis korelasi tersebut dan dapat menerapkan prosedur tersebut dalam mengerjakan soal tentang hubungan dua variabel.

    Dalam peneltian, analisis statistik ini digunakan untuk menguji ada tidaknya hubungan antara dua variabel, sehingga termasuk dalam kategori analisis statistik bivariat.

  • TOPIK 7. ANALISIS REGRESI LINIER SEDERHANA

    Anda belajar tentang analisis korelasi Pearson Product Moment yang bertujuan mempelajari hubungan antara dua variabel yang berskala interval atau rasio. Analisis korelasi menghasilkan kesimpulan tentang ada atau tidaknya hubungan antara dua variabel tersebut dan tidak sampai menyimpulkan adanya pengaruh antara satu variabel terhadap variabel yang lain.

    Dalam pembelajaran ini, dibahas analisis regresi linier sederhana yang tidak hanya menganalisis adanya korelasi antara dua variabel, tetapi juga menyimpulkan adanya pengaruh satu variabel (variabel bebas X) terhadap satu variabel lainnya (variabel terikat Y). Silahkan ikuti pembelajaran ini dengan mempelajari materi pokok, diskusi, dan penugasan.

  • UJIAN TENGAH SEMESTER

  • TOPIK 8. UJI BEDA RERATA DUA SAMPEL (UJI-T)

    Dalam topik sebelumnya Anda telah mempelajari analisis korelasi Pearson Product Moment dan Regresi yang bertujuan mengukur dan menguji hubungan antara dua variabel yang berskala interval atau rasio. Analisis korelasi menghasilkan kesimpulan tentang ada atau tidaknya hubungan antara dua variabel tersebut. 

    Dalam pembelajaran kali ini, akan dibahas analisis uji beda rerata dua kelompok atau sampel atau yang lebih dikenal sebagai uji-t. Pada dasarnya, analisis uji-t juga merupakan cara menguji adanya hubungan antara dua variabel. Jika suatu variabel dapat dibedakan berdasal variabel yang lain, berarti bahwa kedua variabel itu berhubungan. Namun demikian, dalam uji-t digunakan variabel nominal (kategorikal) dengan variabel berskala interval atau rasio, misalnya metode (misalnya dibedakan menjadi metode ceramah dan metode diskusi) dan hasil belajar. Jika terdapat perbedaan hasil belajar berdasarkan metode tersebut, berarti bahwa kedua variabel tersebut berhubungan.

    Silahkan ikuti pembelajaran ini dengan mempelajari materi pokok, diskusi, dan penugasan.

  • TOPIK 9. KORELASI RANK SPEARMAN

    Revisi 12 Mei 2020. Anda telah mempelajari korelasi Pearson product moment dan Uji-t yang merupakan analisis statistika parametrik. Selanjutnya akan Anda pelajari analisis statistika nonparametrik. Sesuai dengan topik, kali ini Anda akan mempelajari analisis korelasi rank Spearman, yaitu analisis korelasi yang menggunakan data berskala ordinal, jenjang, atau peringkat. Silahkan pelajari materi yang disajikan dan kerjakan diskusi dan tugas yang tersedia.

  • TOPIK 10. ANALISIS KAI-KUADRAT

    Anda telah mempelajari korelasi rank Spearman yang merupakan analisis statistika nonparametrik. Selanjutnya akan Anda pelajari uji statistika nonparametrik yaitu kai-kuadrat, yaitu analisis korelasi yang menggunakan data berskala nominal (kategorikal) atau jenjang (peringkat). Silahkan pelajari materi yang disajikan dan kerjakan diskusi dan tugas yang tersedia.

  • UJIAN AKHIR SEMESTER

    Restricted Available until 2 July 2021, 11:00 PM