Help with Search courses

Mata kuliah Teori Linguistik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa program S-2 Linguistik Terapan mampu menjelaskan berbagai teori linguistik, mampu menganalisis berbagai data bahasa dengan berbagai teori yang ada, serta mengembangkan evaluasi terhadap analisis yang dibuat.

Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan pembidangan linguistik, menjelaskan konsep dan ruang lingkup linguistik teoretik, menjelaskan konsep dan kajian linguistik interdisipliner, mampu menjelaskan konsep dan kajian linguistik terapan, serta mampu menganalisis berbagai data bahasa Indonesia dengan teori-teori tersebut, serta membandingkan berbagai hasil analisis dengan Teori Linguistik yang berbeda.

Mata kuliah ini membahas konsep Pendidikan Seni baik mancanegara maupun Indonesia melalui diskusi dan problems base learning dan pendekatan isi: politik, ekonomi, budaya dan agama dengan mengeksplorasi sejarah, realita IPTEKS, lembaga pendidikan seni serta perubahan kondisi turbolensi, disrupsi, Ai, IO untuk menemukan Paradigma Pendidikan Seni di Indonesia.

Mata kuliah ini bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menganalisis alat penilaian, memilih alat penilaian secara tepat, mengembangkan berbagai teknik penilaian hasil pembelajaran bersastra. Bahan pembelajaran meliputi (1) hakikat bersastra serta konsep dan langkah pengembangan alat evaluasi, (2) penilaian sastra berbasis kinerja, (3) alat evaluasi sastra, (4) validitas, reliabilitas, dan analisis butir soal dalam penilaian sastra, (5) penilaian otentik dalam bidang kesastraan, (6) penilaian sastra berbasis program INAP, PIRLS, & PISA, (7) penilaian kinerja bersastra reseptif dan produktif, (8) pengembangan alat evaluasi pembelajaran bersastra, (10) pengolahan hasil pengukuran dalam penilaian bersastra.

Mata kuliah memperkenalkan hakekat wacana, teori-teori lama maupun kontemporer tentang wacana (discourse) dan kajian wacana dan pada khususnya teori wacana yang erat kaitannya dengan bidang ilmu linguistik. Dalam perkuliahan akan diketengahkan aspek-aspek wacana, karakteristik wacana, peran, kedudukan, dan metode kajian wacana dan bagiamana teori-teori dan metode tersebut diaplikasikan ke dalam kajian wacana, baik wacana bahasa maupun wacana sastra. Evaluasi dilakukan dalam proses dan presentasi serta dalam bentuk tugas kelompok dan tugas akhir individual.

Mata kuliah memperkenalkan kajian teoretis yang mendalam, deskriptif, praktis, dan penerapannya mengenai fenomena pendidikan bahasa asing, pemakaian bahasa asing, pemelajaran dan pendidikan bahasa asing serta kaitannya dengan berbagai aspek dan problema kontekstual (situasional, kultural, ideologis, agamais) yang relevan dan berinteraksi dengan pendidikan bahasa asing.