Help with Search courses

Mata kuliah ini membahas  proses pembentukan negara dan pemerintahan di Indonesia sejak terbentuknya nation state,  jaman Kolonial Belanda sampai dengan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pokok bahasan meliputi pengantar sejarah tata negara, terbentuknya nation state, negara pada masa pemerintahan Belanda, Inggris, dan Jepang, terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) (pembentukan dewan-dewan rakyat, UUD dan UU, Peraturan Pemerintah), terbentuknya Negara Republik Indonesia Serikat (RIS) dan ketatanegaraannya, serta  kembalinya ke bentuk NKRI beserta kelengkapan negaranya. Pembelajaran dilaksanakan dengan problem based learning, perkuliahan luar

kelas, diskusi, penugasan dan portofolio. Penilaian dengan menggunakan tes tertulis dan portofolio.


Mata kuliah ini berbobot 2 SKS. Mata kuliah ini membahas  mengenai peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan yakni situasi menjelang proklamasi kemerdekaan, proklamasi kemerdekaan, masa revolusi mempertahankan kemerdekaan, masa demokrasi liberal, dan masa demokrasi terpimpin, sampai meletusnya peristiwa Gestapu Pembelajaran dilaksanakan dengan problem based learning, perkuliahan luar kelas, diskusi, penugasan dan portofolio. Penilaian dengan menggunakan tes tertulis dan portofolio.


Mata kuliah ini membahas  paradigma ilmu dan metodologi penelitian, penopang teoritis penelitian kualitatif dan kuantitatif, karakteristik penelitian kualitatif dan kuantitatif, pengumpulan data dalam penelitian kualitatif dan kuantitatif, analisis data kualitatif dan kuantitatif, mendesain penelitian kualitatif dan kuantitatif, menyiapkan penelitian dengan studi kasus, penelitian eksperimen, menyiapkan penelitian tindakan, dan struktur laporan penelitian pendidikan. 

Desain Pembelajaran Sejarah merupakan mata kuliah wajib mahasiswa S2 Pendidikan Sejarah. Mata kuliah ini memberikan kompetensi mahasiswa untuk menganalisis desain pembelajaran sejarah yang dikembangkan di sekolah. 

Mata kuliah Model evaluasi kebijakan ini dimaksudkan untuk mengenalkan bagaimana pentingnya suatu kebijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kebijakan diperlukan bagi suatu lembaga mulai lembaga tertentu seperti pendidikan, kesehatan, dan sampai kebijakan nasional. Kebijakan tersebut perlu untuk dievaluasi guna menentukan keberhasilan dan kelemahan kebijakan untuk menentukan apakah kebijakan perlu untuk diteruskan, diteruskan dengan revisi ataupun dihentikan. Karena peran evaluasi amat penting bagi keberlangsungan suatu kebijakan maka diperlukan evaluasi yang objektif dan sistematis, sehingga menjamin akurasi, efisiensi, sederhana dan dapat dipertanggungjawabkan. Lewat mata kuliah ini para mahasiswa diajak untuk mengkaji apa dan bagaimana melaksanakan evaluasi kebijakan.

Mata Kuliah Sejarah Hubungan Internasional bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan metodologis maupun materi Sejarah Hubungan Internasional