Help with Search courses

RANCANGAN PERKULIAHAN SEMESTER

I.             Mata Kuliah

    1. SKS mata kuliah      : 2 SKS
    2. Nama mata kuliah   : Pemrograman Komputer
    3. Semester                : 1

 

II.          Kompetensi:

Mahasiswa mampu memahami prinsip kerja komputer dan konsep penyelesaian masalah dengan komputer melalui bahasa program.

 

III.       Sub Kompetensi:

1. Mahasiswa dapat menyusun penyelesaian masalah dengan penalaran algoritma.

2. Mahasiswa dapat menggambarkan penyelesaian masalah melalui flow chart.

3. Mahasiswa dapat membuat program komputer untuk penyelesaian masalah.

 

IV.       Indikator Pencapaian Kompetensi:

Mahasiswa dapat bekerja dengan komputer untuk:

  1. Menyusun penyelesaian masalah melalui penalaran algoritma.
  2. Menggambarkan penyelesaian masalah dengan menggunakan flow chart.
  3. Membuat program komputer untuk penyelesaian masalah melalui instruksi/perintah bahasa C.

 

V.          Materi Pokok:

    1. Pinsip kerja komputer
    2. Konsep dasar pemrograman
    3. Dasar-dasar pemrograman
    4. Perintah IO
    5. Perintah Branching
    6. Perintah Looping
    7. Pembuatan fungsi/sub-program
    8. Pengembangan program array
    9. Pengembangan Objek Oriented Programming (OOP)
    10. Pemrograman visual
    11. Implementasi pemrograman (Studi kasus)

 

VI.       Strategi/Metode/Model Pembelajaran

Diskusi, problem case, demo.

 

VII.    Penilaian

    1. Kehadiran 75%..................................... 10%
    2. Partisipasi aktif dalam perkuliahan........... 15%
    3. Tugas (Pembuatan program komputer)..... 25%
    4. Ujian tengah semester ........................... 25%
    5. Ujian akhir semester ............................. 25%

 

VIII. Sumber Belajar (alat/bahan/media)

  1. Haryanto (2008). Pemrograman Visual C++ konsep dasar, algoritma, dan aplikasi. Yogyakarta: UNY Press
  2. Simulasi Program
  3. Mikrosoft Visual Studio 2012 atau di atasnya

 

IX.       Alokasi Waktu

3 X 60 menit x 14 tatap muka

3 X 50 menit x 2 Ujian

 

X.          Referensi Wajib

    1. Haryanto (2008). Pemrograman Visual C++ konsep dasar, algoritma, dan aplikasi. Yogyakarta: Pascasarjana UNY

Referensi Pendukung

  1. Herbert Schildt (2003). C++ from the ground up. 3rd Ed. California: Mc. Graw Hill Co.
  2. Zain, J.M., Mohd, W.M.W., & Qawasmeh, E.E. (2011). Software engineering and computer systems. Kuantan: Springer
  3. Pdfdrive.com (Visual C++/C# programming)

XI.        SKEMA KERJA KULIAH PROGRAM KOMPUTER

Mg

Kompetensi dasar

Materi dasar

Strategi perkuliahan

Sumber referensi

1,2,3,4

 

Paham terhadap teori dan praktek pemrograman dasar untuk kasus bidang studi Teknik Elektro

Dasar-dasar pemrograman:

  1. Konstanta dan variabel
  2. Input-Output
  3. Branching (If-Else Switch-Case)
  4. Looping (For, While)

Ceramah, demo, diskusi, tanya-jawab,

 

 

 

 

Tugas 1

1, 2, 3

5,6

Paham terhadap teori dan praktek pemrograman data untuk kasus bidang studi Teknik Elektro

Pemrograman data:

  1. Array 1 dimensi
  2. Array multi dimensi

Problem case, demo, diskusi, tanya-jawab,

Tugas 2

1, 2, 3

7

UJIAN TENGAH SEMESTER

8,9

Paham terhadap teori dan praktek pemrograman struktur dan fungsional untuk kasus bidang studi Teknik Elektro

Program fungsi:

  1. Data struktur
  2. Fungsi tanpa parameter
  3. Fungsi dengan parameter
  4. Fungsi dengan parameter array

Problem case, demo, diskusi, tanya-jawab.

Tugas 3

1, 2, 3

10,11

Paham terhadap teori dan praktek pemrograman OOP untuk kasus bidang studi Teknik Elektro

Program OOP:

  1. Konsep OOP
  2. Konstruktor dan Destruktor

Problem case, demo, diskusi, tanya-jawab,

Tugas 4

1, 2, 3

12,13,14,15

Paham terhadap teori dan praktek pemrograman visual untuk kasus bidang studi Teknik Elektro

Program visual:

Button, Check Box, Dialog Box, Radio Button, List Box, Combo Box, Sistem Menu

Problem case, demo, diskusi, tanya-jawab,

Tugas 5

1, 2, 3

16

UJIAN AKHIR SEMESTER

Membahas pengertian dan manfaat statistika dalam IPTEK dan bisnis. Juga membahas statistik deskriptif dan inferensial. Statistik deskriptif mencakup tabel, grafik, nilai tendensi sentral dan variabilitas. Statistik inferensial mencakup korelasi, regresi, dan uji beda.

Kuliah ini mempelajari konsep-konsep pemrograman degan lebih memfokuskan pada proses sebelum membuat program, Kemampuan yang akan dipelajari adalah mengingat simbol-simbol membuat flow chart, memahami cara menggunakan simbol-simbol flowchart, menerapkan pengetahuan tentang flowchart untuk menyelesaikan permasalahan secara visual dan program, menganalisis permasalahan, mengevaluasi penyelesaian yang terbaik, dan membuat formula solusinya dengan membuat flow chart dan program komputer. Terkait dengan membuat flow chat dan program komputer diperlukan kompetensi: menerapkan simbol2 flow chart, menganalisis permasalahan dan menciptakan program untuk solusi permasalahan.

Mata kuliah ini diprogramkan untuk semua mahasiswa S1 prodi kependidikan di FT UNY. Penyelenggaraan mata kuliah Pembelajaran Kejuruan dimaksudkan untuk memberi pengalaman belajar kepada mahasiswa sebagai calon guru/instruktur pendidikan dan pelatihan kejuruan/vokasional agar mampu mengembangkan  strategi pembelajaran yang mendidik secara kreatif, inovatif, aplikatif, adaptif, terstruktur, terukur, dan wajar sesuai kebutuhan pendidikan dan pelatihan vokasional sesuai dengan eranya.  Mata kuliah ini membahas tujuan, proses dan sasaran pembelajaran vokasional, pedagogi dan andragogi vokasional, teori belajar, pembelajaran berbasis dunia kerja, pembelajaran berbasis kompetensi, pembelajaran kontekstual berpusat pada peserta didik, pembelajaran kooperatif, metode dan model pembelajaran, komponen pembelajaran,  perangkat pembelajaran teori, perangkat pembelajaran praktik, perangkat pembelajaran di Industri, dan standar proses pendidikan serta model-model penilaian hasil belajar. Dalam proses pembelajaran mahasiswa mampu belajar mandiri dengan menggunakan berbagai sumber belajar dan multimedia melalui jaringan internet, baik secara ofline maupun online (Blended learning). 

Matakuliah Pemrograman Komputer adalah salah 1 matakuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa di prodi D3 Teknik Elektro. Matakuliah ini mempelajari tentang dasar-dasar pemrograman komputer menggunakan bahasa tingkat tinggi dan atau menengah (C). Diawali dengan penjelasan tentang sistem komputer secara umum, cara kerja mesin komputer terkait dengan konsep pemrograman komputer. Dilanjutkan dengan dasar-dasar pemrograman menggunakan bahasa C. Anatomi bahasa C. Konsep variabel, konstanta dan tipe data. Pengambilan keputusan dengan if then else, switch. Looping dengan while, do while, for. Array 1 dan 2 dimensi. Function. Passing by value, passing by reference.

Perkuliahan Praktik Mikrokontroler mengembangkan pemikiran dan mempraktikkan aplikasi mikrokontroler secara kontekstual. Materi kuliah terdiri perangkat keras (hardware) dan lunak (software) serta aplikasi mikrokontroler. Perangkat keras berupa materi sistem minimum mikrokontroler, sedangkan perangkat lunak berupa materi bahasa pemprograman mikrokontroler. Aplikasi yang dipraktikkan terdiri dari rangkaian dan pemprograman I/O (Input-Output), timer-counter, interupsi, 7’segment, keypad, LCD(Liquid Crystal Display),
Motor steper, pengaturan PWM motor DC, dan komunikasi serial.


Mata kuliah ini berisi pengantar ke sistem dan rangkaian digital. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini mencakup sistem bilangan, aljabar Boolean, gerbang-gerbang logika dasar, pencacah, dekoder-enkoder, rangkaian aritmatika digital (adder dan subtractor), konverter analog ke digital dan konverter digital ke analog, register, pembangkit pulsa lonceng, dan piranti-piranti sejenis.

Mata Kuliah ini merupakan matakuliah praktik dan wajib diambil oleh mahasiswa D3 Teknik Elektro. Pada  intinya mata kuliah ini diperuntukkan untuk mempercepat proyek akhir mahasiswa, dimana mahasiswa yang mengambil matakuliah ini wajib membuat karya inovasi teknologi yang dapat dijadikan proyek akhir.