Help with Search courses

Mata kuliah ini diprogramkan untuk semua mahasiswa S1 prodi kependidikan di FT UNY. Penyelenggaraan mata kuliah Pembelajaran Kejuruan dimaksudkan untuk memberi pengalaman belajar kepada mahasiswa sebagai calon guru/instruktur pendidikan dan pelatihan kejuruan/vokasional agar mampu mengembangkan  strategi pembelajaran yang mendidik secara kreatif, inovatif, aplikatif, adaptif, terstruktur, terukur, dan wajar sesuai kebutuhan pendidikan dan pelatihan vokasional sesuai dengan eranya.  Mata kuliah ini membahas tujuan, proses dan sasaran pembelajaran vokasional, pedagogi dan andragogi vokasional, teori belajar, pembelajaran berbasis dunia kerja, pembelajaran berbasis kompetensi, pembelajaran kontekstual berpusat pada peserta didik, pembelajaran kooperatif, metode dan model pembelajaran, komponen pembelajaran,  perangkat pembelajaran teori, perangkat pembelajaran praktik, perangkat pembelajaran di Industri, dan standar proses pendidikan serta model-model penilaian hasil belajar. Dalam proses pembelajaran mahasiswa mampu belajar mandiri dengan menggunakan berbagai sumber belajar dan multimedia melalui jaringan internet, baik secara ofline maupun online (Blended learning). 

Matakuliah Pemrograman Komputer adalah salah 1 matakuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa di prodi D3 Teknik Elektro. Matakuliah ini mempelajari tentang dasar-dasar pemrograman komputer menggunakan bahasa tingkat tinggi dan atau menengah (C). Diawali dengan penjelasan tentang sistem komputer secara umum, cara kerja mesin komputer terkait dengan konsep pemrograman komputer. Dilanjutkan dengan dasar-dasar pemrograman menggunakan bahasa C. Anatomi bahasa C. Konsep variabel, konstanta dan tipe data. Pengambilan keputusan dengan if then else, switch. Looping dengan while, do while, for. Array 1 dan 2 dimensi. Function. Passing by value, passing by reference.

Perkuliahan Praktik Mikrokontroler mengembangkan pemikiran dan mempraktikkan aplikasi mikrokontroler secara kontekstual. Materi kuliah terdiri perangkat keras (hardware) dan lunak (software) serta aplikasi mikrokontroler. Perangkat keras berupa materi sistem minimum mikrokontroler, sedangkan perangkat lunak berupa materi bahasa pemprograman mikrokontroler. Aplikasi yang dipraktikkan terdiri dari rangkaian dan pemprograman I/O (Input-Output), timer-counter, interupsi, 7’segment, keypad, LCD(Liquid Crystal Display),
Motor steper, pengaturan PWM motor DC, dan komunikasi serial.


Mata kuliah ini berisi pengantar ke sistem dan rangkaian digital. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini mencakup sistem bilangan, aljabar Boolean, gerbang-gerbang logika dasar, pencacah, dekoder-enkoder, rangkaian aritmatika digital (adder dan subtractor), konverter analog ke digital dan konverter digital ke analog, register, pembangkit pulsa lonceng, dan piranti-piranti sejenis.

Mata Kuliah ini merupakan matakuliah praktik dan wajib diambil oleh mahasiswa D3 Teknik Elektro. Pada  intinya mata kuliah ini diperuntukkan untuk mempercepat proyek akhir mahasiswa, dimana mahasiswa yang mengambil matakuliah ini wajib membuat karya inovasi teknologi yang dapat dijadikan proyek akhir.