Selamat Datang di Matakuliah Basis Data

Ilmu pengetahuan, bisnis, pendidikan, ekonomi, hukum, budaya, semua bidang pengembangan “bekerja” dengan bantuan data. Basis data memainkan peran penting dalam penelitian sains: rumpun sains dan teknologi dalam domain publik menjadi dasar dalam kemajuan sains. Tetapi kemajuan ilmu pengetahuan bukanlah satu-satunya proses yang dipengaruhi oleh penggunaan basis data. Pertukaran data saham misalnya,  juga mutlak diperlukan bagi paa analis; akses secara komprehensif ke basis data berskala besar menjadi kegiatan sehari-hari seorang guru, pendidik, akademisi atau pengacara dan profesi lainnya.

Basis data mengelola segala macam data, misalnya struktur nuklir dan data peluruhan radioaktif untuk isotop (File Data Struktur Nuklir yang Dievaluasi) dan sekuens gen (Basis Data Genom Manusia), data  DNA ("basis data pelaku DNA"), nama-nama orang yang dituduh melakukan pelanggaran narkoba, nomor telepon, bahan hukum dan banyak lainnya.

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan penguasaan mengenai konsep-konsep Basis Data, model data relasional, teknik pembentukan (pengembangan / perancangan) basis data dan normalisasi, penggunaan bahasa Query (SQL) untuk pemasukan, pencarian, pengurutan, penyaringan, penghapusan, pembaharuan (update) data, dan pengolahan data menjadi informasi.