Help with Search courses

Matakuliah ini merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa Pendidikan Kimia Program Studi S2 Pascasarjana UNY. TI berperan penting dalam pembelajaran,IPA, baik sebagai media pembelajaran, maupun sebagai alat penyampai konten pembelajaran dalam suatu delivery system. Sebagai media, TI membantu peserta didik untuk memahami materi pembelajaran, dan sebagai alat dalam suatu delivery system, TI dapat meningkatkan fleksibilitas akses konten pembelajaran. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diaharapkan mampu memahami prinsip-prinsip pembelajaran IPA berbasis TI, mampu mengusulkan model pembelajaran non-konvensional berbasis TI, dan kompeten menerapkan TI untuk pembelajaran IPA. Namun, mengingat sasaran pembelajaran IPA adalah peserta didik tingkat SLTP, maka konten matakuliah ini lebih diprioritaskan pada pengembangan media IPA berbasis TI serta pemanfaatannya untuk mendukung pembelajaran IPA. Bahasan mata kuliah ini  meliputi pengertian TI, integrasi TI dalam pembelajaran IPA, pengertian dan implementasi sistem pengantaran konten pembelajaran IPA berbasis TI, pengertian media pembelajaran, peran dan jenis-jenis media pembelajaran berbasis TI, perencanaan dan pemilihan media pembelajaran IPA, pengembangan media, validasi dan evaluasi media pembelajaran IPA berbasis TI, serta implementasi TI dalam pembelajaran IPA.

Mata kuliah ini dirancang untuk memberi peluang kepada para mahasiswa guna menggali berbagai konsep dan prinsip dasar evaluasi pembelajaran IPA yang dapat diterapkan dalam evaluasi  pembelajaran IPA. Berbagai isu mutakhir yang meliputi konsep diskret dan integratif dalam evaluasi  serta kemandirian evaluasi  bidang ilmu IPA dan atau ketumpangtindihan evaluasi  pembelajaran IPA dengan pengujian pengetahuan lainnya akan menjadi bahasan dalam diskusi kelas. Para mahasiswa diharapkan mampu mencerna konsep-konsep dalam literatur mutakhir dan menyuguhkan serta menjabarkannya ke dalam konteks pengujian pembelajaran IPA di persekolahan kita. Selain itu, para mahasiswa diharapkan dapat berbagi pengalaman bibliografis maupun empiris berkenaan dengan pengembangan dan pengadministrasian serta analisis evaluasi pembelajaran IPA.