Help with Search courses

Mata kuliah ini bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menganalisis alat penilaian, memilih alat penilaian secara tepat, mengembangkan berbagai teknik penilaian hasil pembelajaran bersastra. Bahan pembelajaran meliputi (1) hakikat bersastra serta konsep dan langkah pengembangan alat evaluasi, (2) penilaian sastra berbasis kinerja, (3) alat evaluasi sastra, (4) validitas, reliabilitas, dan analisis butir soal dalam penilaian sastra, (5) penilaian otentik dalam bidang kesastraan, (6) penilaian sastra berbasis program INAP, PIRLS, & PISA, (7) penilaian kinerja bersastra reseptif dan produktif, (8) pengembangan alat evaluasi pembelajaran bersastra, (10) pengolahan hasil pengukuran dalam penilaian bersastra.

Mata kuliah memperkenalkan hakekat wacana, teori-teori lama maupun kontemporer tentang wacana (discourse) dan kajian wacana dan pada khususnya teori wacana yang erat kaitannya dengan bidang ilmu linguistik. Dalam perkuliahan akan diketengahkan aspek-aspek wacana, karakteristik wacana, peran, kedudukan, dan metode kajian wacana dan bagiamana teori-teori dan metode tersebut diaplikasikan ke dalam kajian wacana, baik wacana bahasa maupun wacana sastra. Evaluasi dilakukan dalam proses dan presentasi serta dalam bentuk tugas kelompok dan tugas akhir individual.

Mata kuliah memperkenalkan kajian teoretis yang mendalam, deskriptif, praktis, dan penerapannya mengenai fenomena pendidikan bahasa asing, pemakaian bahasa asing, pemelajaran dan pendidikan bahasa asing serta kaitannya dengan berbagai aspek dan problema kontekstual (situasional, kultural, ideologis, agamais) yang relevan dan berinteraksi dengan pendidikan bahasa asing.