Bantuan dengan Cari kursus
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah prodi dengan jumlah 2 sks, setelah mengikuti perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat Menjelaskan penelitian, mengenal pendekatan penelitian kualititatif , jenis-jenis penelitian kualitatif, prosedur dari setiap jenis penelitian, cara pengambilan data, mengolah / menganalisis data, sampai pada penulisan laporan. Dalam mata kuliah ini mahasiswa juga dapat membuat desain penelitian kualitatif yang terkait tema-tema pendidikan nonformal.

Transformasi sosial dan kemampuan adaptasi terhadap proses transformasi sosial; kompetensi dan literasi yang diperlukan; pemahaman terhadap kebutuhan kompetensi dan literasi yang adaptif; perencanaan dan pelaksanaan berbagai bentuk peningkatan kompetensi dan literasi baru melalui aktifitas pendidikan nonformal untuk berbagai sasaran potensial dan aktual pendidikan nonformal.

Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengalaman langsung mahasiswa dalam melakukan implementasi inovasi pengelolaan dan pembelajaran PNF pada kelompok sasaran baik lembaga maupun masyarakat. Pembelajaran dilakukan dengan mengedepankan kemandirian, berbasis pengetahuan, dan project based learning yang aplikatif dan sesuai dengan kebutuhan pendidikan yang objektif dan urgen untuk segera dilaksanakan. Secara detail mahasiswa diharapkan dapat menganalisis permasalahan, menyusuna rencana penerapan inovasi, melakukan penerapan inovasi, dan mengevaluasi hasil penerapan inovasi serta membuat laporan akademik yang bermanfaat. 

Matakuliah ini membangun visi PNF sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional; sehingga dapat terjalin hubungan sinergetik antara pendidikan non-formal dan informal, dengan pendidikan formal. Manajemen PNF ini menerapkan konsep pengembangan pendidikan berbasis bukti nyata (evidence based education development) seperti manajemen berbasis kinerja, yang mengupayakan terjadinya peningkatan kinerja dengan improvisasi dan inovasi. Untuk itu dibahas manajemen pengembangan yang tepat, seperti pendekatan rasional strategis; dalam fungsi perencanaan, implementasi, dan pemantauan/evaluasi serta pengendalian; Di samping itu dibahas pula berbagai pendekatan manajemen lain sebagai komplementasi dari penerapan manajemen strategis, misalnya pendekatan struktural/kultural, pendekatan interaktif, dan pendekatan partisipatif-deliberatif.

Mata kuliah ini membahas perilaku manusia dan perubahannya dipengaruhi oleh system nilai, norma sosial, genetika, dan kekuasaan merupakan sebuah tindakan yang sangat mendasar. Intervensi model program inovatif dan pembelajaran transformatif pnf untuk meningkatkan kualitas perilaku manusia dalam konteks meningkatkan keberdayaan masyarakat melalui penguasaan kompetensi dan literasi abad 21

Dari Mata Kuliah ini diharapkan Mahasiswa dapat : Menguasai dan menjelaskan tentang konsep dan teori Pendidikan keluarga secara etimologi maupun terminologi serta dalam  konteks lingkungan dan masyarakat; mengetahui dan memahami tentang Tujuan, metode, prinsip dasar dan  aspek-aspek Pendidikan keluarga; Mahasiswa dapat mengenali berbagai model pendidikan keluarga; mahasiswa dapat melaksanakanTahapan dalam mendesain dan mengembangkan pendidikan keluarga mulai dari membuat assesment, plannig, implementasi dan evaluasi,; mengkaji dan mengidentifikasi proses attachment, engangement dan pelibatan orang tua dalam parenting dari  berbagai aspek budaya serta isu-isu terbaru dalam pendidikan keluarga.

Konsep dasar pendidikan, filsafat pendidikan, dan filsafat pendidikan nonformal; aliran dan tokoh-tokoh filsafat pendidikan nonformal; peran dan kontribusi pendidikan nonformal dalam membangun teori, metodologi, dan praktik pendidikan nonformal dalam berbagai konteks perubahan dan kebutuhan literasi baru; landasan filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan nonformal dalam konteks Indonesia; penerapan filsafat pendidikan nonformal dalam pengembangan program dan pembelajaran inovatif pendidikan nonformal untuk menghadapi berbagai perubahan yang terjadi dan kebutuhan literasi baru.