Help with Search courses

Mata kuliah ini akan mendiskusikan dan atau membahas: (1) prinsip-prinsip utama  Analisis Jalur, Analisis Faktor, dan Structural Equation Modeling (SEM), (2) cara-cara  mengestimasi validitas dan reliabilitas instrumen, dan (3) cara melakukan dan praktik menganalisis data dengan teknik Analisis Jalur, Analisis Faktor, dan SEM menggunakan program Linier Structural Relation (LISREL).  

Mata kuliah ini membahas peran statistik dalam bidang penelitian, statistik deskriptif: distribusi frekuensi, distribusi steamleaf, statistik inferensial: teori probabilitas perubahan diskrit, distribusi binomial, distribusi variabel kontinu normal, chi-square, student-t dan Fisher; karakteristik distribusi sampling, pengujian hipotesis: uji perbedaan dua kelompok dengan distribusi t-peluang, tes berbeda lebih dari dua kelompok dengan analisis varian dengan asumsi dan tes lebih lanjut; analisis korelasi dan regresi, analisis jalur, dan structural equation modeling (SEM)

Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan (MPP) PTk ditawarkan kepada  mahasiswa Program Prodi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan S-3 PPs UNY semester 1 dengan bobot 3 sks. MPP PTK membahas topik-topik mencakup dasar metode ilmiah, pendekatan penelitian (positivistik dan postpositivistik), paradigma penelitian (empirisis, fenomenologis, critical theorists, dan pragmatis) dan genre metode dalam setiap paradigma penelitian. Kegiatan pembelajaran adalah diskusi interaktif, presentasi mahasiswa, dan penulisan proposal penelitian disertasi sesuai minat sebagai tagihan utama selain UTS dan UAS.

Pengembangan Sistem Informasi (SI) membahas tentang pengembangan sistem informasi dari tahap communication, planning, modeling, construction, dan deployment. SI dipandang sebagai sistem socio-technical, dimana faktor sosial dan teknologi saling berrelasi. Sehingga dalam perkuliahan ini akan didiskusikan aspek sosial dan teknologi sebagai kesatuan dalam SI. Oleh sebab itu, dalam strategi pengembangan sistem informasi harus menggunakan dua pendekatan ini. Selain pengembangan SI, perkuliahan ini akan membuka peluang untuk diskusi tentang:
- Teori penerimaan teknologi
- Teori kesuksesan SI
- Studi kasus pengembangan SI dan penerimaan pengguna.

Matakuliah ini membahas penerapan organisasi dan menajemen pendidikan pada pendidikan teknologi dan kejuruan dalam konteks sistem pendidikan di Indonesia. Di tingkat makro dibahas interkoneksi antara pendidikan, PTK, dan dunia kerja, sedang di tingkat mikro dibahas mengenai perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, dan monitoring pendidikan dan latihan pada pendidikan kejuruan, organisasi dan manajemen personalia, perencanaan, pengelolaan dan pengembangan sarana dan prasarana pendidikan, menejemen program instruksional, manajemen kurikulum berbasis kompetensi dan pengembangan SDM dan penjaminan mutu pendidikan kejuruan, menganalisis implementasi kebijakan pendidikan vokasi, menganalisis perkembangan PTK dari ertikel yang dimuat dalam buku referensi, mereview issu-issu terkini pendidikan vokasi pada jurnal nasional da internasional.

 

Pengembangan Sistem Informasi (SI) membahas tentang pengembangan sistem informasi dari tahap communication, planning, modeling, construction, dan deployment. SI dipandang sebagai sistem socio-technical, dimana faktor sosial dan teknologi saling berrelasi. Sehingga dalam perkuliahan ini akan didiskusikan aspek sosial dan teknologi sebagai kesatuan dalam SI. Oleh sebab itu, dalam strategi pengembangan sistem informasi harus menggunakan dua pendekatan ini. Selain pengembangan SI, perkuliahan ini akan membuka peluang untuk diskusi tentang:
- Teori penerimaan teknologi
- Teori kesuksesan SI
- Studi kasus pengembangan SI dan penerimaan pengguna.

Pengembangan Sistem Informasi (SI) membahas tentang pengembangan sistem informasi dari tahap communication, planning, modeling, construction, dan deployment. SI dipandang sebagai sistem socio-technical, dimana faktor sosial dan teknologi saling berrelasi. Sehingga dalam perkuliahan ini akan didiskusikan aspek sosial dan teknologi sebagai kesatuan dalam SI. Oleh sebab itu, dalam strategi pengembangan sistem informasi harus menggunakan dua pendekatan ini. Selain pengembangan SI, perkuliahan ini akan membuka peluang untuk diskusi tentang:
- Teori penerimaan teknologi
- Teori kesuksesan SI
- Studi kasus pengembangan SI dan penerimaan pengguna.