Help with Search courses

Setelah selesai mengikuti mata kuliah ini mampu merancang dan melaksanakan penelitian dengan desain non eksperimen. Oleh karena itu, dalam kegiatan ini harus dibahas: konsep-konsep penelitian, perbedaan antara penelitian dan evaluasi, jenis-jenis-jenis penelitian, pendekatan dalam penelitian pendidikan, kajian teori, rancangan penelitian non eksperimen, sampling, penyusunan instrumen, dan teknis analisis data. Dalam mata kuliah ini juga akan dibahas langkah-langkah untuk melakukan penelitian pendidikan, sehingga mahasiswa dapat menyusun proposal dan melaksanakan penelitian non eksperimen.

Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa mampu merancang dan melakukan analisis data yang menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Oleh karena itu kepada mereka harus diberikan dan/atau didiskusikan: konsep dan contoh-contoh statistik multivariat, matrik: penjumlahan, pengurangan, perkalian, transpose, inverse, eigen value, multivariat komparatif: T Hotelling, Manova, multivariat asosiatif: analisis jalur, analisis faktor, dan SEM. Software yang digunakan untuk mempelajari Statistik Multivariat ini adalah SPSS dan LISREL. 

Mata kuliah ini membahas filosofi pengukuran dan metode yang digunakan dalam pengembangan skala untuk mengukur atribut suatu objek atau manusia. Mata kuliah menekankan metode penskalaan yang digunakan pada pengujian penelitian pendidikan dan penelitian psikologi. Prosedur matematika yan bermanfaat untuk mendalami data multi variat juga dibahas. Fokus utama mata kuliah ini adalah penskalaan multidimensi dan penggunaannya dalam evaluasi konsistensi struktur data pada kelompok atau individu. Teori respons butir tidak akan dibahas pada mata kuliah ini karena telah dibahas pada mata kuliah lain secara mendalam.

Setelah mengikuti kuliah ini dengan menggunakan aplikasi program R, Mahasiswa mampu mengolah dan menganalisis data, serta menyajikan informasi hasil analisis untuk menentukan mengambil keputusan terkait dengan assessmen hasil pembelajaran dan juuga untuk kepentingan komputasi dbidang lain seperti statistik dll. 

Kompetensi :

Mahasiswa mampu memahami prinsip kerja komputer dan konsep penyelesaian masalah dengan komputer melalui bahasa program.

 

Sub Kompetensi :

1. Mahasiswa dapat menyusun penyelesaian masalah dengan penalaran algoritma.

2. Mahasiswa dapat menggambarkan penyelesaian masalah melalui flow chart.

3. Mahasiswa dapat membuat program komputer untuk penyelesaian masalah.

 

Indikator Pencapaian Kompetensi :

Mahasiswa dapat bekerja dengan komputer untuk:

  1. Menyusun penyelesaian masalah melalui penalaran algoritma.
  2. Menggambarkan penyelesaian masalah dengan menggunakan flow chart.
  3. Membuat program komputer untuk penyelesaian masalah melalui instruksi/perintah bahasa.

Pada mata kuliah ini akan dibahas: perbedaan antara penelitian dan evaluasi, jenis-jenis penelitian, pendekatan dalam penelitian pendidikan, kajian teori, rancangan penelitian pendidikan, sampling, penyusunan instrumen, dan teknik analisis data. Dalam mata kuliah ini juga akan dibahas langkah-langkah untuk melakukan penelitian pendidikan, sehingga mahasiswa dapat menyusun proposal dan melakukan penelitian yang sederhana.

Kuliah ini berisi beberapa hal yaitu (1)kelemahan teori tes klasik, pemanfaatan teori respons butir, tantangan penelitian mendatang terkait dengan teori respons butir, dan sekilas mengenai validitas dan reliabilitas instrumen penelitian, (2) hubungan parameter butir dan kemampuan dalam teori respons butir dan estimasi parameter butir, (3) estimasi parameter butir dan kemampuan dengan berbagai software, (4) uji asumsi untuk analisis dengan IRT, (5) perbandingan kecocokan model, (6) teori respons butir multidimensi, (7) teori respons butir politomous, (8) penyetaraan (equating dan concordance), (9) pengembangan bank soal, (10) standard setting, (11) DIF dan DTF, (12) computer adaptive testing.