Help with Search courses

Kompetensi :

Mahasiswa mampu memahami prinsip kerja komputer dan konsep penyelesaian masalah dengan komputer melalui bahasa program.

 

Sub Kompetensi :

1. Mahasiswa dapat menyusun penyelesaian masalah dengan penalaran algoritma.

2. Mahasiswa dapat menggambarkan penyelesaian masalah melalui flow chart.

3. Mahasiswa dapat membuat program komputer untuk penyelesaian masalah.

 

Indikator Pencapaian Kompetensi :

Mahasiswa dapat bekerja dengan komputer untuk:

  1. Menyusun penyelesaian masalah melalui penalaran algoritma.
  2. Menggambarkan penyelesaian masalah dengan menggunakan flow chart.
  3. Membuat program komputer untuk penyelesaian masalah melalui instruksi/perintah bahasa.

Pada mata kuliah ini akan dibahas: perbedaan antara penelitian dan evaluasi, jenis-jenis penelitian, pendekatan dalam penelitian pendidikan, kajian teori, rancangan penelitian pendidikan, sampling, penyusunan instrumen, dan teknik analisis data. Dalam mata kuliah ini juga akan dibahas langkah-langkah untuk melakukan penelitian pendidikan, sehingga mahasiswa dapat menyusun proposal dan melakukan penelitian yang sederhana.

Kuliah ini berisi beberapa hal yaitu (1)kelemahan teori tes klasik, pemanfaatan teori respons butir, tantangan penelitian mendatang terkait dengan teori respons butir, dan sekilas mengenai validitas dan reliabilitas instrumen penelitian, (2) hubungan parameter butir dan kemampuan dalam teori respons butir dan estimasi parameter butir, (3) estimasi parameter butir dan kemampuan dengan berbagai software, (4) uji asumsi untuk analisis dengan IRT, (5) perbandingan kecocokan model, (6) teori respons butir multidimensi, (7) teori respons butir politomous, (8) penyetaraan (equating dan concordance), (9) pengembangan bank soal, (10) standard setting, (11) DIF dan DTF, (12) computer adaptive testing.