Help with Search courses

Matakuliah ini membahas tipe data, operator aritmatika, operator relasi, dan operator logika, fungsi matematika, dan fungsi statistik yang sering digunakan dalam analisis data penelitian atau evaluasi. Selain itu juga dikenalkan format entry data, pengolahan data dengan operator atau fungsi tersebut serta menginterpretasikan hasil analisis data. Pembangkitan data untuk simulasi berbagai jenis penelitian atau model evaluasi dilakukan, data hasil bangkitan kemudian dianalisis dan diinterpretasikan untuk menumbuhkan keterampilan dan pemahaman mahasiswa tentang teknik analisis data dan evaluasi. Analisis data yang dilatihkan meliputi statistik deskriptif dan inferensial, univariat, dan bivariat.

Mata kuliah ini berisi penjumlahan, perkalian, determinasi, invers matrix dan harga eigen; pengertian analisis faktor eksploratori, konsep dasar analisis faktor, dan analisis komponen, model faktor dan struktur kovarian, metode penentuan jumlah faktor, aplikasi analisis faktor untuk pengembangan instrumen, penggunaan SPSS untuk analisis faktor, review artikel jurnal tentang analisis faktor

Dibahas instrumen penelitian sosial dan pendidikan, mencakup tes dan nontes serta skala pengukurannya. Ada penugasan penyusunan instrumen disesuaikan dengan rencana tesis masing-masing mahasiswa. Instrumen yang telah disusun dan jelas konstrukkonstruknya kemudian disimulasikan atau diujicobakan. Sebagian data simulasi atau uji coba instrumen baik dikotomus maupun politomus dianalisis secara IRT di dalam kelas, sehingga semua mahasiswa mempunyai pengalaman terhadap analisis instrumen secara IRT. Data dikotomus dianalisis dengan model Rasch, 1PL (Parameter Logistic), 2, PL, dan 3PL. Data politomus dianalisis dengan PCM (Partial Credit Model), GPCM (Generalized Partial Credit Model), dan GRM (Graded Response Model). Pada akhir kuliah, mahasiswa membuat laporan hasil analisis simulasi atau uji coba sesuai instrumen yang dikembangkan masing-masing

Mata kuliah ini mempelajari mengenai korelasi dan regresi secara lengkap. Kopetensi yang dipelajari adalah pemanfaat korelasi dan regresi dari yang sederhana hingga yang multipel untuk mengolah data berbagai penelitian dan juga kepentingan di lapangan.

This course gives students the knowledge of the basic concepts and stages of research; the identification and formulation of research problems; literature/theoretical review of previous relevant research; conceptual framework; the formulation of hypotheses and research questions; the ways to determine research population and sample; techniques in data collection and data analysis; and research report writing

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa mampu melakukan evaluasi program pendidikan (EPP). Oleh karena itu mahasiswa harus didorong agar menguasai: dasar-dasar EPP, model-model EPP, merancang EPP ( menyusun latar belakang, menentukan fokus evaluasi, tujuan dan manfaat EPP, melakukan kajian pustaka, menentukan pendekatan, menentukan subyek, mengembangkan instrumen EPP, menentukan analisis data), melakukan analisis data, menginterpretasikan hasil analisis dan membahasnya, membuat kesimpulan dan rekomendasi, serta menyusun laporan.

Pada matakuliah ini akan dibahas tentang teori tes kiasik yang meliputi:

validitas isi, konstrak, dan kriterion, berbagai teori tentang reliabilitas; estimasi kesalahan pengukuran dengan model binomial dan model lain dan dasar teori respons butir yang meliputi model dan estimasi parameter. Pembahasan dimulai dengan konsep dasar dan diikuti dengan penggunaannya di lapangan. Praktek analisis data menggunakan paket program MicroCat dan Bilog MG.

Setelah mengikuti kuliah ini Mahasiswa mampu merencanakan, cara mengelo­la/melaksanakan dan mengevaluasi sistem pengujian lokal/seko­lah, regional/daerah/kab/propinsi, dan nasional, serta mengelola bank soal. Secara khusus diharapkan mahasiswa dapat:

  1. Konsepsi pengelolaan pengujian, meliputi pengertian ttg:
    1. manajemen,
    2. evaluasi
    3. pengujian
    4. penilaian
    5. pengukuran
    6. tes
  2. Organisasi pengujian (aturan dasar):
    1. Tupoksi Panitia Ujian,
    2. blue print ujian (kisi-kisi, parameter),
    3. Pengembangan instrumen (penyusun, review, editing, uji coba, dan seleksi soal),
    4. Tim layout soal (kemasan tes),
    5. Penentuan kelulusan (PAP, PAN).
  3. Sistem pengujian (valid, reliabel, adil, transparansi, akurasi dan ekonomis):
    1. Prinsip pengujian,
    2. Pengelolaan pengujian,
    3. Penyiapan panduan pengujian (juknis),
    4. Penyiapan SOP pengujian (prosedur).
  4. Monitoring pelaksanaan ujian (tim independent)
  5. Evaluasi pelaksanaan pengujian (tim evaluasi)
  6. Tim penyelenggaran dan tim pelaksana (deskripsi tugas) àsteering commite BNSP à Dinas
  7. Tim penjamin mutu soal ujian. PUSPENDIK
  8. Tim penskoran (konsepsi) PUSPENDIK
  9. Pengolahan butir tes (Analisis klasik, IRT,CBT, CAT).
  10. Pemetaan dan Pemaknaan hasil ujian (maksud dan tujuan ujian)
  11. Administrasi dan pelaporan ujian (evaluasi dan refleksi ujian)
  12. Pengelolaan bank soal (kisi-kisi dan parameter butir)
  13. Model pengujian: manual (PBT/PPT), off line/on line (CBT, CAT,CIM)

Mata kuliah ini Membahas prinsip-prinsip pemrograman komputer meliputi algoritma, tipe data, variabel, perintah input-output, operasi  aritmatika dan logika, pengendalian program dengan kondisional dan perulangan, prosedur dan fungsi. Fokus utama mata kuliah ini adalah pemahaman logika program/algoritma yang digunakan  untuk memecahkan suatu masalah dengan bantuan komputer