Help with Search courses

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa mampu melakukan evaluasi program pendidikan (EPP). Oleh karena itu mahasiswa harus didorong agar menguasai: dasar-dasar EPP, model-model EPP, merancang EPP ( menyusun latar belakang, menentukan fokus evaluasi, tujuan dan manfaat EPP, melakukan kajian pustaka, menentukan pendekatan, menentukan subyek, mengembangkan instrumen EPP, menentukan analisis data), melakukan analisis data, menginterpretasikan hasil analisis dan membahasnya, membuat kesimpulan dan rekomendasi, serta menyusun laporan.

Pada matakuliah ini akan dibahas tentang teori tes kiasik yang meliputi:

validitas isi, konstrak, dan kriterion, berbagai teori tentang reliabilitas; estimasi kesalahan pengukuran dengan model binomial dan model lain dan dasar teori respons butir yang meliputi model dan estimasi parameter. Pembahasan dimulai dengan konsep dasar dan diikuti dengan penggunaannya di lapangan. Praktek analisis data menggunakan paket program MicroCat dan Bilog MG.

Setelah mengikuti kuliah ini Mahasiswa mampu merencanakan, cara mengelo­la/melaksanakan dan mengevaluasi sistem pengujian lokal/seko­lah, regional/daerah/kab/propinsi, dan nasional, serta mengelola bank soal. Secara khusus diharapkan mahasiswa dapat:

  1. Konsepsi pengelolaan pengujian, meliputi pengertian ttg:
    1. manajemen,
    2. evaluasi
    3. pengujian
    4. penilaian
    5. pengukuran
    6. tes
  2. Organisasi pengujian (aturan dasar):
    1. Tupoksi Panitia Ujian,
    2. blue print ujian (kisi-kisi, parameter),
    3. Pengembangan instrumen (penyusun, review, editing, uji coba, dan seleksi soal),
    4. Tim layout soal (kemasan tes),
    5. Penentuan kelulusan (PAP, PAN).
  3. Sistem pengujian (valid, reliabel, adil, transparansi, akurasi dan ekonomis):
    1. Prinsip pengujian,
    2. Pengelolaan pengujian,
    3. Penyiapan panduan pengujian (juknis),
    4. Penyiapan SOP pengujian (prosedur).
  4. Monitoring pelaksanaan ujian (tim independent)
  5. Evaluasi pelaksanaan pengujian (tim evaluasi)
  6. Tim penyelenggaran dan tim pelaksana (deskripsi tugas) àsteering commite BNSP à Dinas
  7. Tim penjamin mutu soal ujian. PUSPENDIK
  8. Tim penskoran (konsepsi) PUSPENDIK
  9. Pengolahan butir tes (Analisis klasik, IRT,CBT, CAT).
  10. Pemetaan dan Pemaknaan hasil ujian (maksud dan tujuan ujian)
  11. Administrasi dan pelaporan ujian (evaluasi dan refleksi ujian)
  12. Pengelolaan bank soal (kisi-kisi dan parameter butir)
  13. Model pengujian: manual (PBT/PPT), off line/on line (CBT, CAT,CIM)

Mata kuliah ini Membahas prinsip-prinsip pemrograman komputer meliputi algoritma, tipe data, variabel, perintah input-output, operasi  aritmatika dan logika, pengendalian program dengan kondisional dan perulangan, prosedur dan fungsi. Fokus utama mata kuliah ini adalah pemahaman logika program/algoritma yang digunakan  untuk memecahkan suatu masalah dengan bantuan komputer