Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Matakuliah ini mempelajari tentang konsep gen, teori kromosom, persilangan-persilangan Mendel sebagai langkah awal ditemukannya pola pewarisan sifat makhluk hidup dan perkembangannya setelah Mendel gaiamana pola pewarisannya, termasuk di dalamnya tentang gen terangkai, pindah silang, dan menghitung jarak antar gen, menerapkan rumus-rumus matematis untuk meramal kemungkinan penurunan sifat dari suatu perkawinan dan membuktikan sifat atau ciri-ciri yang tampak dari hasil perkawinan itu karena faktor genetikatau bukan,mempelajari sifat gen dan bagaimana pewarisannya melalui diagram silsilah atau pedigri, menerapkan hukum Hardy-Weinberg untuk mengetahui frekuensi alel dan frekuensi genotip dalam populasi dan perubahannya karena non random mating, mempelajari penyebab perubahan jumlah dan struktur kromosom serta kelainan-kelainan yang diakibatkan, mempelajari pola pewrisan di luar inti karena adanya organel hereditas mitokondria dan kloroplas

Matakuliah ini merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa Pendidikan Kimia FMIPA UNY. Di era global ini, TIK dipandang sebagai alat penting dalam pembelajaran, termasuk pembelajaran Kimia. TIK dapat membantu pembelajaran baik sebagai media pembelajaran, maupun sebagai alat penyampai konten pembelajaran dalam suatu delivery system. Sebagai media, TIK membantu peserta didik untuk memahami materi pembelajaran. Sebagai alat dalam suatu delivery system, TIK dapat meningkatkan fleksibilitas akses konten pembelajaran. 

Dalam mata kuliah ini dibahas tentang ruang lingkup dan definisi konseptual komponen aljabar, polynomial, pecahan aljabar, eksponen, logaritma, bentuk akar dan  nilai mutlak, memahami berbagai bentuk persamaan dan pertidaksamaan  aljabar, grafik fungsi aljabar, Deret Hitung, dan deret Geometri.

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara komprehensif dan terpadu tentang konsep-konsep IPA, khususnya konsep IPA yang nantinya akan diajarkan kepada siswa kelas VIII SMP. Adapun konsep-konsep IPA yang dimaksud tertuang dalam materi pokok berupa gerak pada makhluk hidup, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, karakteristik zat, struktur tulang dan otot, pesawat sederhana dan hubungannya dalam sistem rangka, sistem pencernaan, zat aditif dan adiktif, tekanan zat cair dan penerapannya dalam kehidupan, sistem ekskresi manusia, bunyi dan sistem sonar, cahaya dan optik, struktur bumi, karakteristik matahari, planet dan benda langit lainnya serta gerakan bumi dan bulan terhadap matahari.

Wawasan dan Kajian MIPA merupakan mata kuliah fakulter dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan keilmuan MIPA secara terintegrasi kepada mahasiswa


Methods of Mathematics Instructions is a course for Year 3 students of Dept. of Mathematics Education, Faculty of Math and Science, Yogyakarta State University.

During this course, students discuss basic principles of developing mathematics instructions and hence they are able to explore and practice various methods of delivering mathematics topics at secondary level.

Herpetologi merupakan cabang Ilmu Biologi yang khusus mempelajari dua kelompok Vertebrata : Amphibi dan Reptil. Kuliah ini terbagi menjadi beberapa topik utama antara lain Anatomi dan Morfologi Amphibi dan Reptil, Ekologi, Evolusi dan Sistematika Herpetofauna, Persebaran dan biogeografi Herpetofauna di Indonesia serta Konservasi Herpetofauna di Indonesia.

Wawasan dan Kajian MIPA merupakan mata kuliah yang memberikan pengetahuan keilmuan MIPA secara terintegrasi.