Matakuliah ini bertujuan melatih dan mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa PGSD Penjas sehingga mereka dapat menggunakan Bahasa Inggris passive maupun aktif, lisan maupun tertulis dengan lancar, tepat, dan berterima.

Mata kuliah permainan invasi berbobot 2 sks terdiri dari 1 sks teori dan 1 sks praktik. mata kuliah ini dirancang untuk menyiapkan dan memberikan kesempatan mengembangkan keterampilan menyusun tahapan pembelajaran permainan invasi bagi siswa sekolah dasar. materi perkuliahan meliputi bagaimana mengajarkan masalah-masalah taktik seperti mencetak angka (mempertahankan kepemilikan bola, menyerang, menciptakan dan menggunakan ruang saat menyerang), mencegah gol (mempertahankan ruang, menjaga daerah gawang, merebut b ola), memulai kembali permainan (lemparan ke dalam, tendangan pojok, tendangan/lemparan bebas). penilaian dilakukan melalui tugas-tugas individu, kelompok dan ujian praktik mengajar

Mata kuliah Aktivitas Luar Kelas berisi tentang kegiatan Aktivitas luar kelas yang menyajikan isi, metode, dan prosedur keamanaan untuk berbagai permainan yang kooperatif, inisiatif dan inovatif dalam kelas pendidikan jasmani. Mahasiswa akan belajar berbagai permainan outward bound, lintasan tali, dan beberapa olahraga petualangan. Penekanan kuliah akan lebih banyak pada praktik dan perencanaan pembelajaran aktivitas luar kelas. Evaluasi berbasis pada partisipasi aktif mahasiswa, penugasan dan ujian akhir semester.

Mata kuliah Permainan Target berbobot 2 SKS yang meliputi 1 SKS teori  dan 1 SKS Praktik. Permainan target adalah permainan mencetak angka melempar dan memukul bola pada sebuah sasaran. Prinsip dalam permainan target adalah mencoba melakukan lemparan/pukulan sedikit mungkin untuk mencapai tujuan permainan. Mata kuliah ini bertujuan memberikan pembekalan kompetensi pendekatan teknik dan taktik yang terkait dengan permainan target (golf, billiard, snooker, pool, woodball, kelereng dsb). Kegiatan perkuliahan lebih menekankan pada pemahaman pendekatan taktik dalam permainan target, seperti: pengambilan posisi, memukul, arah dan laju target, dan reposisi. Penilaian didasarkan pada proses perkuliahan dan ujian.

Mata Kuliah Dasar Gerak Bola Voli berisi tentang peraturan permainan bola voli, dasar bergerak tanpa bola di lapangan, teknik dasar passing bawah, teknik dasar passing atas dan umpan, teknik dasar smash, teknik dasar servis, teknik dasar blok, taktik dalam bertahan terhadap servis, serta taktik bertahan terhadap smash.

Biomekanika Olahraga merupakan mata kuliah yang membahas arti, tujuan dan fungsi Biomekanika Olahraga, sikap tubuh, titik berat badan, prinsip-prinsip seluk beluk mekanis, sistem pengungkit, ukuran bentuk badan (anthropometry), analisa gerak/teknik bermacam-macam olahraga.

Mata kuliah Dasar Gerak Atletik, berbobot 2 Sks, terdiri dari teori dan deklaratif. Mata kuliah membahas tentang teori dan deklaratrif- dasar aktletik (jalan dan lari, lompat, lempar) berserta sejarah, falsafah, peraturan dan ketentuan alat fasilitas.