MATA KULIAH KETERAMPILAN DASAR BOLABASKET MERUPAKAN MATA KULIAH WAJIB BERBOBOT 2 SKS DEKLARATIF. MATAKULIAH INI MEMBAHAS TEORI DAN PRAKTEK TENTANG DASAR PENGETAHUAN SEJARAH, ALAT DAN FASILITAS, PERATURAN PERMAINAN DAN PERTANDINGAN BOLABASKET, TEKNIK DASAR PERMAINAN DAN PERTANDINGAN BOLABASKET, SERTA PENYELENGGARAAN PERTANDINGAN DAN PERWASITAN.

Capaian pembelajaran mata kuliah ini adalah sebagai berikut.

1. (C2) Peserta didik mampu memaparkan konsep dan prinsip pembelajaran senam pembentukan tanpa alat dan dengan alat dan (C3) mempraktikkan rancangan pembelajaran senam pembentukan tanpa dan dengan alat.

a. Peserta didik mampu memaparkan konsep dan prinsip pembelajaran senam pembentukan tanpa alat dan dengan alat.

b. Peserta didik terampil mempraktikkan rancangan pembelajaran senam pembentukan tanpa dan dengan alat secara kreatif dan inovatif

2. (C2) Peserta didik mampu memaparkan konsep dan prisip pembelajaran Senam artistik (senam lantai) dan (C3) mempraktikkan rancangan pembelajaran senam artistik.

a. Peserta didik mampu memaparkan konsep dan prisip pembelajaran Senam artistik (senam lantai)

 b. Peserta didik terampil mempraktikkan rancangan pembelajaran senam artistik secara kreatif dan inovatif

3. (C2) Peserta didik mampu memaparkan konsep dan prinsip pembelajaran senam irama dan (C3) mempraktikkan rancangan pembelajaran senam irama.

a. Peserta didik mampu memaparkan konsep dan prinsip pembelajaran senam irama

b. Peserta didik terampil mempraktikkan rancangan pembelajaran senam irama secara kreatif dan inovatif

4. (C2) Peserta didik mampu memaparkan konsep dan prinsip pembelajaran senam aerobik dan (C3) mempraktikkan rancangan pembelajaran senam aerobic.

a. Peserta didik mampu memaparkan konsep dan prinsip pembelajaran senam aerobik

b. Peserta didik terampil mempraktikkan rancangan pembelajaran senam aerobik secara kreatif dan inovatif.

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar komunikasi sebagai alat penghubung antara manusia dengan manusia, manusia dengan lingkungan sekitarnya. Aplikasi ilmu komunikasi dalam masyarakat khususnya bidang olahraga. Serta untuk mempelajari bagaimana proses komunikasi efektif dan mendengar aktif dapat mendukung ketercapaian program latihan ataupun pencapaian prestasi optimal dalam bidang olahraga.

Anatomi manusia adalah ilmuyang mempelajari struktur tubuh yang meliputi pengetahuan tentang miologi ,osteologi,artiologi,antropometri serta praktikum nengenai hal hal tersebut