Corse ini digunakan untuk memfasilitasi pelayanan mahasiswa khususnya bagi mahasiswa D3 Teknik Otomotif angkatan 2015. Fasilitasi yang ada berupa fasilitas pengajuan topik PA, noniyoring pelaksanaan PA, serta sarana konsultasi dengan koordinator PA. Selain itu, tersedia pula formulir dalam pelaksabaan PA, dan panduan PA yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk mendukung pelaksanaan PA.

Mata kuliah ini berisi teori tentang konstruksi bodi kendaraan, terutama kendaraan ringan. Setelah mengetahui dan memahami konstruksi bodi kendaraan, selanjutnya diharapkan mengetahui dan memahami cara/ prosedur memperbaiki konstruksi bodi kendaraan jika mengalami distorsi atau kerusakan baik akibat kondisi pengendaraan maupun karena kecelakaan.

Matakuliah ini berbobot 1 sks praktik (2 x 50 menit) dan disajikan pada semester genap untuk mahasiswa semester 4. Pada perkuliahan tatap muka, matakuliah dengan kode OTO6160 ini diselenggarakan di bengkel Chassis Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY.

Mata kuliah praktik ini memberikan bekal dan pengalaman kepada mahasiswa agar mempunyai kompetensi pada bidang Kemudi, Rem dan Suspensi kendaraan. Cakupan bahasan mata kuliah ini meliputi: konsep, prinsip, fungsi dan mekanisme kerja dari sistem Kemudi, Rem dan Suspensi. Jabaran kompetensi atau job praktik ini meliputi: sistem kemudi, front wheel alignment, sistem rem dan sistem suspensi, serta  perkembangan maupun kemungkinan pengembangan selanjutnya.

Jenis pekerjaan pada job praktikum matakuliah ini adalah pemeriksaan, pengukuran, perawatan,analisis gangguan, penyetelan, perbaikan dan pengujian pada Sistem Kemudi, Rem dan Suspensi. Dengan mekanisme tersebut, setelah menyelesaikan praktikum ini, diharapkan mahasiswa akan mendapat keterampilan dan pengalaman nyata di bidang Kemudi, Rem dan Suspensi kendaraan ringan.

Dalam mata kuliah ini disajikan jenis-jenis peralatan bengkel otomotif, alat ukur, fungsi, dan prosedur penggunaannya, serta cara perawatan dan pemeliharaannya.

Program Praktik Industri merupakan ciri khas FT UNY yang pelaksanaannya terus disempurnakan. Dengan bobot kredit 3 SKS, kegiatan ini merupakan program kurikuler yang harus ditempuh oleh mahasiswa FT  UNY. Pelaksanaan-nya minimal 256 jam atau sekitar 7 – 8 minggu dengan sistem blok pada semester gasal, semester genap maupun semester khusus. Program Praktik Industri bekerjasama dengan industri-industri yang memenuhi syarat dan relevan dengan program studi yang ada di FT UNY. Oleh karena itu dalam mencari,  memilih dan menempatkan mahasiswa untuk Praktik Industri harus diorganisasikan dengan baik melalui perencanaan, koordinasi, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi yang cermat, sehingga dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Dalam rangka untuk menunjang kelancaran program Praktik Industri maka diperlukan tata kelola dan prosedur administrasi yang diatur dalam buku pedoman praktik industri.

Memahami tata cara pengukuran kuantitas, karakteristik dari mesin dan alat ukur serta penggunaannya. Sistem dan jenis pengukuran. Kesalahan pengukuran dan analisis statistik, sensor dan tranducer. Penggolongan dan analisis karakteristik untuk pengukuran: temperatur, tekanan, aliran fluida, gaya torsi, daya poros, waktu, kecepatan, frekwensi, regangan, kelembaban, Viskositas dan density