Help with Search courses

Matakuliah ini diberikan dalam bentuk teori dan praktek dengan bobot 2 SKS yang terdiri atas 1 SKS teori dan 1 SKS praktik. Materi teori yang dipelajari meliputi batasan pengertian dan lingkup bahan teknik; cara mengklasifikasikan bahan teknik, pengenalan macam-macam logam ferro, non ferro dan non logam; baja paduan standar dan konversinya; susunan struktur atom bahan dan sifat-sifat bahan teknik; diagram fasa; aspek pemilihan bahan teknik; karakteristik logam fero dan non fero; meknisme korosi dan pencegahannya. Materi praktik diberikan untuk kemampuan melakukan pengujian bahan teknik dengan cara destruktif yang terdiri dari uji tarik, kekerasan Brinel, Rockwell, Vickers, Uji Impak, Uji Geser, uji korosi dan pengujian non destruktif yang meliputi pemeriksaan struktur mikro dan makro, dye-penetrant, ultrasonic, dan sejenisnya sesuai keperluan proses standar industri.

Mata kuliah ini berbobot 3 sks (2 sks teori dan 1 sks praktik). Matakuliah ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam memahami konsep, teori dan aplikasi metrologi, prinsip-prinsip pengukuran, teknik kalibrasi, serta penggunaan alat-alat ukur di industri manufaktur meliputi alat ukur langsung dan tidak langsung, silindris, kekasaran, instrumentasi berbasis digital dan modern berdasarkan SOP yang baik dan benar. Pembelajaran dilaksanakan dengan metode demonstrasi, virtual dan animasi, diskusi dan kolaborasi aktif antara mahasiswa dan dosen baik secara individual maupun kelompok yang disertai dengan tugas-tugas sebagai pendukung dalam memahami materi perkuliahan.

Course CAD/CAM ini merupakan pelengkap untuk perkuliahan CAD/CAM tatap muka langsung. Materi dan media yang ada di dalamnya dimaksudkan untuk belajar secara mandiri. Selain itu, course ini juga sebagai tempat untuk mengumpulkan tugas-tugas dalam perkuliahan praktik.