Mata kuliah ini mengkaji sistem pembuatan kebijakan, penyediaan pelayanan publik dan penyelenggaraan negara dengan konteks pendekatan perbandingan. Perbandingan administrasi negara bertujuan membandingkan pola-pola administrasi dari berbagai sudut pandang, misalnya membandingkan sistem monarki dengan republik dan sebagainya.  Studi perbandingan administrasi negara juga mengkaji lembaga-lembaga negara yang tumbuh dan hidup di dalam suatu negara dalam menjalankan fungsinya mengikuti sistem administrasi yang beragam dan mungkin memiliki unsur-unsur yang sama. Model pembelajaran menggunakan cooperative learning dan contextual learning. Penilaian dalam perkuliahan ini meliputi tes tulis dan non tes melalui review artikel, kuis, penulisan paper dan presentasi paper.

Dinamika perkembangan manajemen pelayanan di sektor publik sangat dinamis dan kompleks. Mata kuliah ini merangkum perkembangan paradigma manajemen pelayanan di sektor publik secara konseptual maupun praktiknya dalam mewujudkan pelayanan publik yang berintegritas. Penguasaan mata kuliah ini menjadi dasar bagi mahasiswa untuk mengetahui dan memahami konsep dasar dan perkembangan paradigma secara keilmuan maupun praktik dalam pelayanan publik di Indonesia sehingga dapat mendorong keberhasilan belajar.

Mata kuliah ini membahas secara komprehensif tentang teori manajemen pelayanan publik, perkembangan pemikiran manajemen pelayanan publik, dasar hukum implementasi pelayanan publik, sistem pelayanan yang berorientasi warga negara, identifikasi aktor dan perannya, konsep good governance dalam penyelenggaraan pelayanan publik, pengukuran kinerja pelayanan dan kualitas kinerja pelayanan publik, desentralisasi pelayanan publik, reformasi birokrasi dan pelayanan pelayanan publik di Indonesia, pelayanan inklusif, penciptaan budaya organisasi yang berorientasi warga negara/publik, standar pelayanan minimal, partisipasi publik dalam penyelenggaraan pelayanan, citizen charter’s, transparansi dan akuntanbilitas pelayanan publik, isu strategis dan dinamika penyelenggaraan pelayanan publik.


 


Mata kuliah ini membahas peran organisasi internasional dalam pengembangan aspek aspek kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya bagi Indonesia, kawasan Asia dan global. Globalisasi menuntut aktor-aktor internasional, baik pemerintah maupun non pemerintah, memainkan banyak peran dalam berbagai bidang kerjasama internasional. Meski sejarah jalinan internasional telah lama ada, namun formalisasinya baru teraktualisasikan kini di jaman modern sejalan dengan semakin banyaknya kepentingan yang harus diakomodasi. Hal ini mendorong perkembangan di era modern yang ditandai kehadiran lembaga-lembaga internasional dalam rangka mewadahi kepentingan antar bangsa. Selain itu, mata kuliah juga akan membahas isu-isu berkaitan dengan globalisasi.