Mata Kuliah ini menyajikan konsep keindahan dan terapannya dalam dunia seni khususnya seni pertunjukan dan seni rupa. Selain konsep akan  dibahas pula   perubahan dan perkembangan seni pertunjukan dan seni rupa Indonesia, sejak jaman prasejarah hingga jaman modern. Dengan demikian diharapkan diperoleh pemahaman  tentang perkembangan seni, dan menumbuhkan apresiasi atas karya seni yang dihasilkan oleh Bangsa Indonesia. 

Mata kuliah ini membahas mengenai perkembangan agraria di Indonesia, khususnya terkait dengan kebijakan pemerintah di sektor agraria dari masa ke masa, implementasi serta dampaknya bagi bangsa Indonesia

Mata Kuliah Ini berbobot 4 SKS. Materi yang dibahas adalah Perkembangan sejarah kebudayaan Indonesia masa Kolonial dan Modern. Unsur unsur utama kebudayaan akan dibahas dalam 32 kali pertermuan. Setiap unsur kebudayaan menjadi satu kompetensi yang menyangkut masa Kolonial dan masa modern.

Mata kuliah ini akan membahas tentang Indonesia dalam perspektif sejarah yang berkaitan dengan problematika politik dan hubungan internasional

Mata kuliah ini membahas mengenai perkembangan sejarah Indonesia khususnya dalam bidang sosial, ekonomi, dan politik sejak masuknya pengaruh Hindu Buddha di Indonesia. Pembahasan dimulai dari masuknya pengaruh Hindu Buddha, munculnya kerajaan Hindu Buddha dari masa Kutai sampai dengan runtuhnya Kerajaan Hindu Buddha di Indonesia.