Bantuan dengan Cari kursus

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep: media pembelajaran matematika, sumber belajar matematika, alat peraga matematika; landasan penggunaan media pembelajaran matematika; fungsi dan peran media pembelajaran matematika; jenis-jenis dan karakteristik media pembelajaran matematika; pemilihan dan penggunaan media pembelajaran matematika; pengembangan media pembelajaran matematika (alat peraga, lembar kegiatan siswa, modul), teknik produksi/pembuatan media pembelajaran matematika. Media pembelajaran yang dikembangkan meliputi materi: bilangan, aljabar, geometri dan pengukuran, trigonometri, probabilitas dan statistika, logika dan himpunan, kalkulus, yang sejalan dengan kurikulum mata pelajaran matematika yang berlaku.

Manfaat Mata Kuliah

Mata kuliah ini bermanfaat bagi mahasiswa untuk menambah pemahaman dan mampu mengembangkan media pembelajaran matematika yang dibutuhkan untuk menunjang keefektifan pembelajaran di kelas.

Pendidikan Biologi (Bio6223) adalah mata kuliah wajib lulus bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi. Mata kuliah ini membekali mahasiswa calon guru dengan konsep Pendidikan Biologi (PB) sebagai ilmu. Sebagai ilmu, PB memiliki empat komponen yang meliputi Guru, Teknologi, Siswa, dan Objek Biologi. Kegiatan pembelajaran meliputi observasi di sekolah untuk memahami komponen dan praktik pendidikan biologi di sekolah. Mahasiswa berinteraksi dengan guru, memahami tugas guru dan bahan ajar biologi. Mahasiswa berinteraksi dengan siswa untuk memahami karakteristik siswa, learning style, motivasi belajar, dan teknik-teknik memotivasi siswa.  Mahasiswa juga belajar tentang teknologi pendidikan dalam arti luas, mencakup kurikulum, bahan ajar, sumber belajar, media, model pembelajaran dan penggunaan ICT dalam pendidikan biologi.

 

This course focuses on improving four main literacy skills in English: reading, writing, listening and speaking in  the context of mathematics education.

The material:

• the advance mathematical terms or vocabularies
• classroom language

Mata kuliah ini mempelajarkan penggunaan perangkat lunak bantu (software) berbasis TIK untuk menyelesaikan permasalahan matematika.

This course provides a foundation of visual communication to design and to develop mathematical learning media-based interactive multimedia. It is used for computers and mobile devices, which were developed using software to create learning media. This course contains the components of visual communication design, the introduction of software development tools, and how are computers and mobile devices work.

Mata kuliah ini mendiskusikan aspek psikologi yang menjelaskan bagaimana aktivitas pembelajaran matematika yang efektif dan efisien. Materi perkuliahan ini merupakan materi mendasar pengembangan metode pembelajaran, perencanaan pembelajaran dan penelitian pendidikan matematika.

Secara umum mata kuliah ini membahas konsep: media pembelajaran matematika, sumber belajar matematika, alat peraga matematika; landasan penggunaan media pembelajaran matematika; fungsi dan peran media pembelajaran matematika; jenis-jenis dan karakteristik media pembelajaran matematika; pemilihan dan penggunaan media pembelajaran matematika; pengembangan media pembelajaran matematika (alat peraga, lembar kegiatan siswa, modul), teknik produksi/pembuatan media pembelajaran matematika. Secara khusus mata kuliah ini membahas pengembangan media pembelajaran: bilangan, aljabar, geometri dan pengukuran, trigonometri, probabilitas dan statistika, logika dan himpunan, kalkulus, yang dikaitkan dengan pembelajaran matematika sekolah sejalan dengan kurikulum mata pelajaran matematika yang berlaku.