Mata kuliah ini memuat kajian tentang perilaku organisme. Didalamnya termasuk tentang ruang lingkup perilaku organisme, pendekatan pengkajian dan perkembangan keilmuan perilaku organisme, pola perilaku organisme dan, metodologi penelitian perilaku organisme. Pola perilaku organisme yang dikaji antara lain : bioritme, perilaku orientasi dan navigasi, perilaku reproduksi, perilaku makan dan predasi, perilaku mempertahankan diri, perilaku migrasi dan dispersal, perilaku sosial dan kelompok. Mahasiswa juga mengkaji penelitian perilaku organisme melalui jurnal terbaru. Mahasiswa melakukan pengamatan perilaku dengan menggunakan video dan juga pengamatan langsung.

Mata kuliah ini memuat pemikiran dan perencanaan yang akan dilakukan atau digunakan guru dalam pembelajaran, penilaian, dan tindak lanjutnya. Pemilkiran dan perencanaan ini mencakup macam model, pendekatan, metode, atau teknik pembelajaran yang akan dipilih dan digunakan dalam pembelajaran biologi pada materi dan subjek belajar tertentu. Pemilkiran dan perencanaan itu juga mencakup macam media dan bahan ajar yang akan digunakan sebagai pendukung keberhasilan pembelajaran pada materi dan subjek belajar tertentu.

Matakuliah ini membahas : 1. Pengertian, kedudukan dan fungsi laboratorium sebagai penunjang proses pembelajaran biologi. 2. Perencanaan dan pengelolaan fasilitas fisik laboratorium, seperti: gedung, green house, kolam, animal house, arboretum dan kebun percobaan. 3. Perencanaan dan pengelolaan kegiatan di laboratorium, seperti: pengaturan jadwal penggunaan ruang, kegiatan praktikum, tatatertib dan peraturan di laboratorium dan interaksi antar pengelola. 4. Pengelolaan fasilitas penunjang laboratorium biologi. 4. Administrasi laboratorium. 5. Penyusunan anggaran belanja laboratorium. 6. Persoalan ketenagaan dan kesempatan promosinya. 7. Penanaman ketaatan pada SOP penggunaan alat-alat dan upaya menjamin keamanan dan kesehatan kerja.

mata kuliah ini memberikan bekal kepada mahasiswa untuk dapat melakukan analisis data penelitian biologi baik secara deskriptif maupun inferensial.

analisis dilakukan dengan menggunakan program excell maupun SPSS.

  1. Mengembangkan ketrampilan memilih, menggunakan, dan menciptakan media pembelajaran sesuai kaidah (karakteristik siswa, tujuan pembelajaran, dan sifat materi) untuk memenuhi kebutuhan praktis penerapan kurikulum dalam pembelajaran biologi.
  2. Mengembangkan penguasaan teknologi informasi untuk mendukung pengembangan media pembelajarann dan penerapannya dalam pembelajaran biologi

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib tempuh bagi seluruh mahasiswa Prodi kependidikan di UNY

Mempelajari tentang sejarah dan ruang lingkup persoalan perkembangan hewan mulai dari variabilitas sistem organ reproduksi, mekanisme gametogenesis, fertilisasi, blastulasi, gastrulasi, diferensiasi, organogenesis dan morfogenesis, serta teratogenesis. Objek kajian dari tingkat molekular hingga individu. Pada tingkat individu dibahas juga pengaturan dan kontrol hormon terhadap mekanisme reproduksi, siklus reproduksi, kehamilan / kebuntingan, dan laktasi. Serta mengenal pengertian dasar tentang fertilitas, infertilitas dan sterilitas.