Mata kuliah ini memuat kajian tentang perilaku organisme. Didalamnya termasuk tentang ruang lingkup perilaku organisme, pendekatan pengkajian dan perkembangan keilmuan perilaku organisme, pola perilaku organisme dan, metodologi penelitian perilaku organisme. Pola perilaku organisme yang dikaji antara lain : bioritme, perilaku orientasi dan navigasi, perilaku reproduksi, perilaku makan dan predasi, perilaku mempertahankan diri, perilaku migrasi dan dispersal, perilaku sosial dan kelompok. Mahasiswa juga mengkaji penelitian perilaku organisme melalui jurnal terbaru. Mahasiswa melakukan pengamatan perilaku dengan menggunakan video dan juga pengamatan langsung.

Mata kuliah ini memuat pemikiran dan perencanaan yang akan dilakukan atau digunakan guru dalam pembelajaran, penilaian, dan tindak lanjutnya. Pemilkiran dan perencanaan ini mencakup macam model, pendekatan, metode, atau teknik pembelajaran yang akan dipilih dan digunakan dalam pembelajaran biologi pada materi dan subjek belajar tertentu. Pemilkiran dan perencanaan itu juga mencakup macam media dan bahan ajar yang akan digunakan sebagai pendukung keberhasilan pembelajaran pada materi dan subjek belajar tertentu.

mata kuliah ini memberikan bekal kepada mahasiswa untuk dapat melakukan analisis data penelitian biologi baik secara deskriptif maupun inferensial.

analisis dilakukan dengan menggunakan program excell maupun SPSS.

Deskripsi Mata Kuliah

Melalui mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat:

  1. mengembangkan keterampilan memilih, menggunakan, dan menciptakan media pembelajaran sesuai kaidah (karakteristik siswa, tujuan pembelajaran, dan sifat materi) untuk memenuhi kebutuhan praktis penerapan kurikulum dalam Pembelajaran Biologi, dan
  2. mengembangkan penguasaan teknologi informasi untuk mendukung pengembangan media pembelajaran dan penerapannya dalam pembelajaran biologi.

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK):

  1. Pengetahuan
    • menguasai teori aplikasi prosedur kerja, pengelolaan, pelaksanaan keselamatan kerja,  dan kesehatan lingkungan (K3L) di laboratorium pendidikan biologi (P4)
    • menguasai pengetahuan faktual tentang peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku (P6)
  2. Keterampilan Khusus
    • mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran biologi, yaitu: menetapkan media pembelajaran serta sumber belajar yang relevan dalam pembelajaran biologi (KK2b)

mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran biologi, meliputi:

a.   merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan mata pelajaran biologi.

menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran biologi

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib tempuh bagi seluruh mahasiswa Prodi kependidikan di UNY

Mahasiswa memiliki ketrampilan belajar sehingga mampu memahami konsep Reproduksi dan Embriologi (terutama bagian Hewan), memiliki kemampuan di dalam mendeskripsikan sejarah dan ruang lingkup persoalan reproduksi-embriologi hewan, mengidentifikasi variabilitas dan sistem organ reproduksi, serta pengaturan dan kontrol hormon terhadap mekanisme reproduksi dan perkembangan, siklus reproduksi, kebuntingan dan laktasi. Selain itu mahasiswa mampu mengenal mekanisme perkembangan seperti: gametogenesis, fertilisasi, blastulasi, gastrulasi, neurulasi, diferensiasi, morfogenesis dan organogenesis sampai pada tingkat molekuler. Selanjutnya mahasiswa mampu menganalisis dan mengkontruksi kembali informasi tentang fertilitas, infertilitas dan sterilitas yang terjadi pada individu, baik jantan maupun betina.