Matakuliah ini membahas : 1. Pengertian, kedudukan dan fungsi laboratorium sebagai penunjang proses pembelajaran biologi. 2. Perencanaan dan pengelolaan fasilitas fisik laboratorium, seperti: gedung, green house, kolam, animal house, arboretum dan kebun percobaan. 3. Perencanaan dan pengelolaan kegiatan di laboratorium, seperti: pengaturan jadwal penggunaan ruang, kegiatan praktikum, tatatertib dan peraturan di laboratorium dan interaksi antar pengelola. 4. Pengelolaan fasilitas penunjang laboratorium biologi. 4. Administrasi laboratorium. 5. Penyusunan anggaran belanja laboratorium. 6. Persoalan ketenagaan dan kesempatan promosinya. 7. Penanaman ketaatan pada SOP penggunaan alat-alat dan upaya menjamin keamanan dan kesehatan kerja.

mata kuliah ini memberikan bekal kepada mahasiswa untuk dapat melakukan analisis data penelitian biologi baik secara deskriptif maupun inferensial.

analisis dilakukan dengan menggunakan program excell maupun SPSS.

  1. Mengembangkan ketrampilan memilih, menggunakan, dan menciptakan media pembelajaran sesuai kaidah (karakteristik siswa, tujuan pembelajaran, dan sifat materi) untuk memenuhi kebutuhan praktis penerapan kurikulum dalam pembelajaran biologi.
  2. Mengembangkan penguasaan teknologi informasi untuk mendukung pengembangan media pembelajarann dan penerapannya dalam pembelajaran biologi

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib tempuh bagi seluruh mahasiswa Prodi kependidikan di UNY

Matakuliah ini terutama mengembangkan kemampuan mahasiswa di bidang keilmuan dan ketrampilan (MKK) pada aspek-aspek sejarah dan ruang lingkup persoalan biologi perkembangan hewan, yang terdiri dari:  1. Aspek reproduksi hewan meliputi sejarah perkembangan ilmu dan penelitian di bidang reproduksi dan embriologi hewan, identifikasi variabilitas pada sistem organ reproduksi hewan jantan dan betina. 2. Aspek perkembangan hewan yang meliputi proses gametogenesis, fertilisasi, blastulasi, gastrulasi, diferensiasi, organogenesis dan morfogenesis sampai pada tingkat molekuler, serta pengaturan dan kontrol hormon terhadap mekanisme reproduksi dan perkembangan embrio, siklus reproduksi, kebuntingan serta laktasi.

Juga mahasiswa diharapkan setelah pembelajaran akan mampu menganalisis dan mengkontruksi kembali informasi tentang fertilitas, subfertilitas, infertilitas dan sterilitas pada reproduksi individu hewan tertentu, sekaligus mengenal bentuk implementasi teknologi terkini di bidang reproduksi dan embriologi dalam kehidupan sehari-hari.