Help with Search courses

Melalui course ini Anda akan mempelajari sekaligus mempraktekkan bagaimana memproduksi sebuah pertunjukan drama/teater. Beberapa materi yang disajikan dalam course ini adalah:  prosedur penciptaan pertunjukan; pemahaman dan penafsiran teks (cerita); manajemen produksi; skenografi; manajemen panggung; penyutradaraan: kreativitas dan rasionalitas cerita; kertas kerja produksi; referensi dan apresiasi pertunjukan; meet the expert; tata rias; tata busana; tata suara; tata cahaya; dan elektronika dasar pertunjukan. Course ini dibuat khusus untuk mahasiswa-mahasiswi dari program studi Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta.

Mata kuliah ini membahas teori-teori tentang kebahasaan dan melatih keterampilan menulis ragam ilmiah. Topik-topik yang dibahas meliputi: sejarah bahasa Indonesia dan fungsi bahasa, ragam dan laras bahasa, ejaan dan tanda baca, kalimat efektif, paragraf dan jenisnya, kutipan dan sistem rujukan, organisasi karangan: tema, topik, judul, dan kerangka karya tulis ilmiah, jenis-jenis karangan ilmiah (proposal penelitian, laporan penelitian, artikel: ilmiah dan populer. 

Semanti meruaan saa; satu ;cabang; imu; baasa. ata semantiberasa dariata; sema yang ;berarti mana ;dan ic; (i; ;)yang; berarti ;imu.; (maa; tombo uru ; ga ;norma)

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kompetensi sintaktis dan analitis dan memiliki pengetahuan dan wawasan yang memadai tentang tata kalimat. Topik-topik yang akan dibahas pada mata kuliah ini antara lain: hakikat sintaksis, alat-alat sintaksis, konstruksi sintaksis, pemerian unsur langsung, objek kajian sintaksis, bentuk-bentuk konstruksi sintaksis, fungsi kalimat, tipe kalimat dan pola kalimat dasar/inti, penggolongan kalimat, kelas kata dalam konteks kalimat, dan analisis fungsi, kategori, dan peran.

Mata kuliah Menulis Sastra memberikan keterampilan menulis sastra, baik jenis fiksi, puisi, maupun drama.

Mata kuliah ini berisi perian pemakaian bahasa dalam komunikasi sesuai dengan konteks tuturannya. Materi yang disampaiak meliputi peristiwa tutur, tindak tutur, konteks tuturan kesantunan dalam komunikasi dan prinsip-prinsip komunikasi.

Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa untuk memahami, menjelaskan, memberikan contoh, dan menilai karya sastra anak.