Hasil gambar untuk ornamen nusantara

SELAMAT DATANG

DI MATA KULIAH GAMBAR ORNAMEN

Mata kuliah gambar ornamen merupakan mata kuliah untuk mahasiswa semester 1 yang memperkenalkan dasar-dasar gambar ornamen dan mengajak mahasiswa mengapresiasi ornamen nusantara. Gambar ornamen merupakan mata kuliah praktek yang dilandasi dengan pengetahuan ornamen nusantara memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mengembangkan diri untuk mengenal ornamen di Asia dan di seluruh belahan dunia.

SELAMAT DATANG

Semester genap sudah tiba, kembali kita akan berkarya bersama dalam desain Interior. Semoga tetap semangat, dan jadikan belajarmu semester ini menjadi pengalaman menyenangkan dan bermakna bagi masa depan.

Tetap semangat untuk mengeksplore tentang desain interior. Dan kali ini tentu lebih menarik dan menantang karena kita akan belajar tentang interior bangunan umum.  Terdiri dari bangunan umum komersial dan non komersial.

Selamat bergabung dan belajar.

       
    Profil Dosen Pengampu:
Nama   : Eni Puji Astuti, M.Sn
NIP      : 19780102 200212 2 004      
Dosen Prodi Pendidikan Seni Rupa, FBS, UNY.
email: enipa@uny.ac.id
No HP: 081802715748

Deskripsi Mata Kuliah:

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mendesain interior bangunan umum dengan memahami berbagai jenis dan karakter dari fasilitas umum komersial dan non komersial melalui studi literatur dan observasi lapangan di perkantoran, pertokoan, kafe, butik, salon, restoran, dan lain-lain.
Mata Kuliah terdiri atas: (1) teori tentang prinsip dan elemen perancangan interior bangunan umum, (2) teori tentang aspek perancangan bangunan umum komersial dan non komersial, (3) teknik pembuatan gambar kerja dan perspektif dengan pemanfaatan program AutoCad dan 3DMax, (4) merancang perabot,  (5) penyusunan  konsep perancangan.

Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dengan pembahasan teori dan praktek

merancang. Penilaian hasil belajar dilakukan berdasarkan hasil kinerja dalam menyelesaikan tugas praktik harian dan tugas perancangan sesuai tugas proyek pada akhir semester.

Capaian Pembelajaran:

Setelah menyelesaikan mata kuliah desain interior

Cara Belajar:

Peta Mata Kuliah:

Penilaian:

Referensi:

MKU Bahasa Inggris is aimed at developing students’ academic reading skills in order to be able to read academic texts in English to support the mastery of Art Education.

During the course, students are also equipped with writing, listening, and speaking skills which are considered as minors.

Mata kuiah ini wajib tempuh bagi seluruh mahasiswa kependidikan di UNY

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan keterampilan dasar berkarya desain (desain komunikasi visual, desain in­terior, dan desain produk). Mata kuliah terdiri atas: (1) teori de­sain, yaitu konsep dan unsur-unsur desain (objek, kom­po­sisi, dan teknik/media desain). Kegiatan belajar mengajar di­lak­sana­kan dengan pembahasan teori dan praktik berkarya. Evaluasi pem­belajaran dilaku­kan dengan tugas praktik harian dan ujian praktik akhir semester.

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mendesain interior bangunan umum komersial dan Retail (Comercial Public Space - Retail) dengan memahami berbagai jenis dan karakter dari fasilitas umum komersial melalui studi literatur dan observasi lapangan di toko-toko, kafe, butik, salon, restoran, dan lain-lain.
Mata Kuliah terdiri atas: (1) teori tentang prinsip dan elemen perancangan interior bangunan umum komersial dan Retail, (2) teori tentang aspek perancangan bangunan umum komersial dan Retail, (3) teknik pembuatan gambar kerja dan perspektif dengan pemanfaatan program AutoCad dan 3DMax, (4) merancang perabot,  (5) penyusunan  konsep perancangan.

Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan dengan pembahasan teori dan praktek merancang. Evaluasi pembelajaran dilakukan berdasarkan hasil kinerja dalam menyelesaikan tugas praktik harian dan tugas perancangan sesuai tugas proyek pada akhir semester.

Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan kemampuan da­lam menyu­sun bentuk dasar karya seni rupa (nirmana) dwi­matra. Materi kuliah terdiri atas: (1) teori nirmana, meliputi unsur-unsur bentuk dan prinsip-prinsip penyusunan bentuk (komposisi) serta penerapannya dalam analisis bentuk dan penciptaan nirmana dwimatra; dan (2) praktik berkarya nir­mana dwimatra. Kegiatan belajar mengajar berupa pem­bahas­an teori dan praktik berkarya. Evaluasi pembelajaran dilaku­kan tes tertulis, tugas praktik harian, dan ujian praktik akhir semester.