Mahasiswa mampu memahami berbagai kaidah tentang bahasa Indonesia ragam ilmiah serta penulisan karya ilmiah dan mampu menerapkannya dalam praktik menulis karya ilmiah.

Tujuan proses belajar mengajar mata kuliah Desain Pembelajaran BIPA adalah mahasiswa mampu dan terampil me­rancang rencana pengajaran berda­sar­kan pendekatan, metode dan stra­tegi belajar-mengajar bahasa Indo­ne­sia sebagai bahasa asing. Materi me­liputi penyusunan desain pengajaran (thematic module) yang luwes: ber­dasarkan keperluan pembelajar (dise­suai­kan dengan latar belakang pen­didikan dan bidang keahlian, waktu belajar, tujuan pembelajaran: untuk menjadi guru bahasa Indonesia di negara pembelajar, untuk keperluan wisata Indonesia, untuk mempelajari budaya, untuk menjadi penerjemah, dll.); pengembangan materi dan me­dia. Kegiatan belajar mengajar mata kuliah ini adalah merancang desain peng­ajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing sesuai keperluan pembelajar dan dibuat da­lam bentuk thematic module meliputi topik, kebahasaan, unsur leksikal, dan nilai-nilai budaya. Evaluasi diperoleh dari hasil unjuk kreativitas dan kete­rampilan mahasiswa dalam meran­cang thematic module, termasuk me­dia belajar mengajarnya

Mata kuliah Penulisan Kreatif Sastra merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi menulis dan publikasi tulisan kreatif sastra. Lingkup tulisan kreatif sastra dalam mata kuliah ini meliputi tulisan sastra untuk genre fiksi, puisi, dan drama.

mata kuliah bahasa indonesia mempelajari teknik dan strategi menulis karya ilmiah.

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mengenal dan memahami kebudayaan penutur bahasa asing, mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing. Pokok Bahasa perkuliahan meliputi pemahaman lintas budaya, multikulturalisme, perencanaan pengajaran BIPA (tujuan, materi, strategi, metode, media, dan evaluasi). Perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk diskusi, presentasi, dan pemberian tugas. Evaluasi perkuliahan mencakup evausi tengah semester, akhir semester, dan portofolio.

Standar Kompetensi mata kuliah BIPA antara lain:

1.   Mahasiswa mampu memahami kebudayaan Indonesia dan penutur bahasa asing (Cross Culture Understanding).

2.   Mahasiswa mampu memahami konsep multikulturalisme dan interkulturalisme dalam pembelajaran BIPA.

3.   Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik pembelajar dewasa.

4.   Mahasiswa mampu memahami konsep pembelajaran bahasa asing

5.   Mahasiswa mampu mengidentifikasi level-level kemampuan pembelajaran BIPA.

6.   Mahasiswa mampu merencanakan pengajaran BIPA yang meliputi tujuan, materi, strategi, media, dan evaluasi.

7.   Mahasiswa mampu mempraktikkan pengajaran BIPA.