Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang nilai agama dan nilai moral yang berlaku dalam keluarga anak dan metode stimulasinya dalam proses pembelajaran anak usia dini. Keluarga sebagai unit terkecil masyarakat merupakan institusi eksternal utama yang mempengaruhi perilaku anak. Bapak dan Ibu sebagai tokoh utama keluarga menjadi contoh utama perilaku anak. Lembaga pendidikan anak usia dini merupakan institusi eksternal kedua yang turut mempengaruhi perilaku anak sebagai kelanjutan dari pendidikan keluarga. Nilai-nilai agama untuk anak usia dini disesuaikan dengan keyakinan yang dianut oleh keluarga inti anak. Misalnya kedua orang tua anak adalah muslim maka anak tersebut akan memperoleh pendidikan nilai-nilai agama Islam, demikian seterusnya untuk agama Katholik, Protestan, Hindhu, Budha, dan Konghucu. Sedangkan nilai-nilai moral untuk anak usia dini bersumber dari nilai universal “perlakukanlah orang lain seperti memperlakukan diri sendiri”. Penjabaran nilai universal tersebut dalam konteks pendidikan anak usia dini adalah nilai tanggung jawab, peduli, jujur, disiplin, santun, dan percaya diri.

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang bahasa dalam kehidupan kita, pandangan teoritis dan konteks perkembangan bahasa, perkembangan bahasa diantara anak-anak dengan keberagaman linguistik, perkembangan bahasa pada bayi dan batita, anak usia prasekolah, anak usia taman kanak-kanak, anak usia sekolah dasar.

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat anak dalam perspektif filosofis, hak-hak dasar anak, permasalahan yang dialami anak dalam lingkup lokal, nasional dan global, kebjiakan internasional pendidikan anak usia dini , kebijakan nasional pendidikan anak usia dini, permasalahan implementasi program pendidikan anak usia dini dan alternatif solusinya, program kesiapan anak memasuki pendidikan Sekolah Dasar.

mata kuliah membekali seni aud

Mata kuliah ini mengkaji tentang pengembangan bahasa pada anak usia dini yang meliputi pengembangan bahasa pada bayi dan batita, usia prasekolah, usia taman kanak-kanak, dan usia sekolah dasar, perkembangan bahasa dengan keberagaman linguistik, penilaian bahasa dalam bentuk pengamatan, pemeriksaan, pendiagnosis, dan pendokumentasian, pengembangan bahasa untuk anak-anak dengan gangguan komunikasi, dan pengembangan bahasa melalui hubungan sekolah-rumah.

Pengertian dari Perkembangan Kognitif Anak usia Dini

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu memahami tumbuh dan kembang anak usia dini.