Mata kuliah ini membahas tentang dasar-dasar penggunaan ICT (Information, Communication, and Technology) untuk memperoleh orientasi kritis yang dapat menimbulkan keterampilan intelektual yaitu keterampilan untuk berargumentasi secara rasional dan kritis dalam kaitannya dengan pengembangan pendidikan melalui ruang maya sehingga dapat menjadi pijakan untuk penelitian pengembangan (research development)

Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa mengerti dan memahami prosedur kerja statistik dengan komputer dalam mengolah data menjadi informasi untuk pengambilan simpulan yang tepat. Setelah mengikuti mata kuliah metode ini, mahasiswa diharapkan mampu melakukan hal-hal sebagai berikut.

  1. Memahami peran analisis data dalam penelitian.
  2. Memprediksi usulan kebijakan pendidikan dengan analisis data yang tepat.
  3. Memilih analisis data yang tepat sesuai dengan permasalahan, jenis data, dan hipotesis penelitian
  4. Menganalisis data penelitian dengan komputer.
  5. Memberikan intrepretasi hasil output dari analisis data penelitian dengan komputer

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat pendidikan moral, berbagai isu pendidikan moral dalam lingkup nasional dan global, dimensi-dimensi dan komponen-komponen integratif pendidikan moral dalam mewujudkan moral (akhlak) yang baik dan pelaksanaan pendidikan moral di dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam mewujudkan pendidikan nasional.

Mata kuliah ini menyajikan macam-macam model implementasi kebijakan pendidikan. Mata kuliah ini penting dipelajari mahasiswa untuk melihat keberhasilan sebuah kebijakan pendidikan di Indonesia.

Mata kuliah ini membahas tentang kajian teori-teori perumusan masalah pendidikan di daerah hingga rekomendasi kebijakan beserta aplikasinya dalam pembelajaran

mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah pilihan sebagai salah satu kompetensi yang harus dicapai siswa. mahasiswa diharapkan menguasai pengetahuan maupun aplikasi dari advokasi kebijakan pendidikan untuk meningkatkan akses yang merata pada setiap lapisan masyarakat

The aim of this course is to develop students’ ability to extract information from texts and to develop micro skills for reading which functions are to use cognitive skills to analyze reading texts. Materials include authentic reading texts taken from various media which include various genres such as exposition, news, discussion, analytical exposition, explanation, fiction, and review. Classroom activities are conducted through discussion and lecture. Outside the classroom, students are expected to complete their projects and finish their reading assignments.  Students are evaluated based on their project completion, assignment, classroom participation, mid-term test, and final test.

Mata Kuliah ini merupakan wajib bagi semua mahasiswa program studi kependidikan di lingkungan UNY

sebagai bekal calon pendidik agar menjadi guru profesional, dengan aneka kajian mengenai prinsip-prinsip

dasar pendidikan dan konsep dasar ilmu pendidikan serta penerapannya dalam praksis pendidikan yang meliputi: fenomena pendidikan, hakikat pendidikan dan ilmu pendidikan, fondasi-fondasi pendidikan, asas pendidikan, pendidikan sebagai suatu sistem,issu dan masalah pendidikan, serta inovasi pendidikan.