Subtansi kajian pada mata kuliah ini berkenaan dengan konsep-konsep perkembangan mencakup (a) konsep pertumbuhan, kematangan, belajar atau latihan, dan perkembangan,  (b) prinsip-prinsip dan tahapan perkembangan sepanjang hayat, (c) konsep, sumber dan rincian tugas perkembangan anak dan remaja, (d) perkembangan fisik, motorik, kognitif, bahasa, sosioemosional, kemandirian, nilai-nilai agama dan moralitas, serta perkembangan karir masa anak dan remaja, (e) permasalahan perkembangan masa anak dan remaja, serta  (f) berbagai implikasi konsep-konsep tersebut bagi bimbingan dan konseling.

Mata kuliah ini membekali mahasiswa sebagai calon guru atau konselor sekolah tentang konsep-konsep teoritik psikologi dan penerapannya dalam bidang pendidikan, yang meliputi: konsep dasar psikologi pendidikan, gejala-gejala jiwa dan aplikasinya dalam pembelajaran, perbedaan individual dan aplikasinya dalam pembelajaran, teori belajar dan pembelajaran, pengukuran dan penilaian hasil belajar, diagnosis kesulitan belajar dan cara mengatasinya.

Mata kuliah ini menyajikan konsep dasar gejala jiwa manusia dalam bidang pendidikan dan penerapannya, yang meliputi konsep dasar
psikologi, bentuk-bentuk gejala psikis, perbedaan individu, belajar dan pembelajarandan evaluasi hasil belajar serta diagnostik
kesulitan belajar
.