Program Studi Teknik Manufaktur Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Help with Search courses

Mata kuliah Aljabar Linier (MAN 6209) berbobot 2 sks teori. Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi pengetahuan tentang aplikasi aljabar linier dan memiliki sikap sebagai seorang insinyur yang mempunyai tanggungjawab dan sense of engineering yang baik. Materi kuliah ini mempelajari tentang sistem persamaan linear, eliminasi Gauss, dan eliminasi Gauss-Jordan, sistem persamaan linear homogen, matriks dan operasi matriks,  aturan-aturan ilmu hitung matriks, matriks elementer dan metode mencari A-1,  Sistem persamaan dan keterbalikan, fungsi determinan, menghitung determinan dengan reduksi baris, sifat-sifat fungsi determinan, ekspansi kofaktor dan aturan Cramer,  vektor (geometri) , norma vektor, hasil kali titik,  proyeksi, hasil kali silang di R2 dan R3.

Mata kuliah daring proses pemesinan untuk mahasiswa teknik manufaktur.

Mata  kuliah  Proses Pemesinan memiliki bobot 1  sks  teori  dan  2  sks  praktik, bersifat wajib lulus, membahas tentang: klasifikasi dan elemen dasar proses pemesinan, mekanisme pembentukan tatal (chip), geometri pahat, cairan pemotongan, material alat-alat potong, keausan yang terjadi pada alat potong, serta umur pakai alat potong.

Matakuliah ini membekali mahasiswa agar menguasai konsep, teori dan aplikasi dasar proses pemesinan konvensional.  Kuliah  dilaksanakan  dengan metode  ceramah,  diskusi  dan  kolaborasi  aktif  antara mahasiswa dan dosen baik secara  individual maupun kelompok yang disertai dengan  tugas-tugas praktikum sebagai pendukung dalam memahami materi perkuliahan. Evaluasi pembelajaran dilakukan melalui tugas, presentasi, dan partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran.

Course ini merupakan template perkuliahan daring dengan pendekatan blended learning yang diterapkan di UNY. 

Matakuliah Kimia Industri berbobot 2 sks teori dan bersifat wajib lulus.  Mata kuliah ini membekali mahasiswa agar mampu memahami konsep kimia praktis, proses-proses kimia dalam penerapan praktis serta penerapan kimia di industri. Materi yang diajarkan pada mata kuliah ini meliputi : Konsep dasar pada kimia, Larutan elektrolit dan penerapan pada kimia praktis, Sistem manajemen di industri kimia, Penanganan bahan baku, Elektrokimia, Elektroplating dan pelapisan logam,  serta proses dan penerapan kimia pada berbagai industri seperti industri semen, industri pupuk, industri pengolahan minyak bumi, industri pengolahan baja, dll.

Matakuliah ini membekali mahasiswa agar memiliki kompetensi menghasilkan gambar mesin dengan berbantuan komputer.  Materi yang dipelajari meliputi sistem koordinat dalam CAD, membuat bentuk-bentuk geometris, representasi gambar, memodifikasi entitas gambar, menampilkan gambar dengan proyeksi, membuat gambar pandangan, memberikan ukuran dan anotasi gambar, penunjukkan toleransi,suaian dan konfigurasi permukaan,  konsep dan pembuatan gambar kerja sesuai standar ISO, konsep pemodelan 3D tingkat dasar dan pembuatan gambar kerja langsung dari model 3D, pemodelan dan perancangan 3D tingkat lanjut, perancangan suatu komponen dan penempatan fitur kerja, perakitan komponen-komponen, dan presentasi gambar 3D.

Mata kuliah Kinematika Teknik berbobot 2 sks bersifat wajib lulus. Materi perkuliahan meliputi kinematika partikel dan kinematika benda tegar, tinjauan gerak kinematik, mekanisme dalam mesin industri dan elemen-elemennya, analisis kinematis yang meliputi analisis kecepatan, percepatan, dan sintesis suatu mekanisme. Mahasiswa diharapkan dapat menganalisa pergerakan yang ada dalam suatu mekanisme mesin industri dan mampu merancang mekanisme yang dibutuhkan untuk tujuan gerakan yang ditetapkan.

Mata kuliah Teknologi Pengangkat dan Pengangkut (MAN6299) diberikan dalam bentuk teori dengan bobot 2 sks. Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki kompetensi pengetahuan tentang cara kerja, dan pemilihan alat angkat angkut sehingga mampu menerapkannya di bidang rekayasa. Materi teori yang dipelajari meliputi pengertian dan konsep dasar alat angkat angkut, klasifikasi alat angkat angkut dan pemilihannya, pemindahan dan penyimpanan bahan atau barang, mekanika pemindahan, komponen pesawat angkat, mekanisme pengangkat dan pengangkut bahan, mekanisme pendorong dan penarik, mekanisme penggalian, pemuatan, dan pengangkutan, pengangkutan dengan conveyor (belt conveyor, bucket conveyor, screw conveyor, pneumatic conveyor, overhead conveyor, apron conveyor), pengangkutan dengan crane, pengangkutan dengan industrial truck,  otomasi pemindahan bahan/barang, Analisis pemindahan bahan/barang, dan keselamatan kerja pada pesawat angkat angkut.

Course Pemrograman Numerik untuk mahasiswa S1 Teknik Manufaktur Fakultas Teknik UNY.