Matakuliah ini bersifat wajib bagi mahasiswa program studi Pendidikan Luar Biasa, berbobot 2 SKS. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip dasar strategi Pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK), dengan penekanan pada pemahaman dan keterampilan penerapan prinsip-prinsip strategi pembelajaran tersebut untuk memecahkan permasalahan belajar ABK sesuai dengan kekhususannya.

 

Proses perkuliahan dilakukan melalaui  kajian konseptal, diskusi dan  proyek penugasan mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam memilih, menetapkan dan merancang penerapan strategi pembelajaran bagi ABK. Telaah kasus lakukan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa melakukan pemikiran kritis tentang kondisi riil di lapangan, sebagai dasar pengembangan strategi pembelajaran yang efektif bagi ABK

Mata Kuliah ini adalah mata kuliah pilihan kekhususan tuna grahita

Matakuliah ini bersifat wajib lulus bagi mahasiswa program PLB, bobot  SKS 3. Bahasan dalam matakuliah meliputi konsep dasar asesmen pendidikan khusus, prosedur pengembangan instrumen asesmen, prosedur pelaksanaan asesmen, prosedur analisis data dan evaluasi hasil asesmen. Kegiatan kuliah meliputi kegiatan perkuliahan, penugasan pembuatan instrument asesmen, tugas lapangan untuk asesmen, dan tugas menganalisis serta mengevaluasi data hasil asesmen.

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar mempunyai kompetensi dalam memahami konsep modifikasi perilaku dan merancang program modifikasi perilaku untuk anak berkebutuhan khusus berdasarkan kasus yang ditemukan.

RUANG LINGKUP MATERI

Konsep dasar atau prinsip modifikasi perilaku dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus; konsep dasar perilaku dan problem perilaku anak berkebutuhan khusus; perubahan dan pengukuran perilaku; pendekatan asesmen perilaku; prinsip pelaksanaan modifikasi perilaku (Konsioning respons, kondisioning operant, modeling); prosedur untuk membentuk perilaku (shaping, promting; chaining; prosedur melatih keterampilan berperilaku); prosedur meningkatkan perilaku yang diharapkan dan menurunkan perilaku yang tidak diharapkan (menerapkan extinction; differential reinforcement; prosedur pemberian kontrol antecedent; penerapan punishment; generalisasi), prosedur merubah perilaku (manajemen diri, token ekonomi, kontrak perilaku, prosedur habit reversal, prosedur mengurangi ketakutan dan kecemasan, modifikasi perilaku kognitif).

Mata kuliah ini menyajikan materi berkenaan dengan modifikasi perilaku seperti:

Asesmen Perilaku (Metode asesmen dalam pendekatan perilakuan, Wawancara perilakuan, Observasi perilakuan, Self report), Reinforcement, Punishment, Extinction, prinsip-prinsip perilaku responden (respondent behaviour) dan pengkondisian responden (respondent conditioning); prinsip-prinsip perilaku operant (operant behaviour) dan (pengkondisian operan) operant conditioning; prinsip-prinsip penguatan (reinforcement); pemadaman (extinction) dan pemulihan spontan (spontaneous recovery); pembentukan perilaku baru; kontrol stimulus; prinsip-prinsip hukuman (punishment); prosedur-prosedur lain untuk melemahkan atau menghilangkan perilaku yang ingin diubah, Modifikasi Perilaku Kognitif, Relaksasi, Desensitisasi sistematis, banjir (Flooding), ledakan (Implosion), Pelatihan tegas (Assertive Training).

Mata kuliah ini bertujuan mencapai kompetensi pemahaman tentang anatomi dan fisiologi organ-organ tubuh manusia yang terkait dengan terjadinya disabilitas pada anak. Ruang lingkup terdiri atas: anatomi dan fisiologi mata, anatomi dan fisiologi telinga, anatomi dan fisiologi sistem saraf pusat, anatomi dan fisiologi alat gerak

Matakuliah ini bertujuan untuk mencapai kompetensi pengetahuan dan ketrampilan tentang konsep tumbuh kembang anak dan aspek-aspek kesehatan yang terkait dengan anak berkebutuhan khusus. Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan anak pada setiap periode kehidupan, faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak,cara penilaian tumbuh kembang anak serta berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan ABK.