Help with Search courses

Mata kuliah ini membahas tentang konsep mutu pendidikan dan model-model pengembangan mutu pendidikan serta bagaimana mengembangkan budaya mutu terutama dalam konteks satuan pendidikan dan instansi yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat:

1. Memahami pengertian mutu dan dimensi-dimensi mutu

2. Memahami proses penyampaian jasa

3. Memahami model-model manajemen mutu

4. Memahami budaya mutu

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib tempuh. Mata kuliah ini membahas sejarah, ragam penyelenggaraan PAUD, kebijakan pemerintah dalam pembinaan PAUD, strategi peningkatan mutu PAUD jalur formal dan nonformal, pengembangan sumber daya manusia sejak dini, kegiatan belajar di PAUD, sarana dan pembiayaan pendidikan anak PAUD,  pemberdayaan peran serta masyarakat dan keluarga dalam PAUD

Course ini berisi template kuliah blended learning untuk UNY. Template ini didesain sesuai standar SPADA (LMS Milik Ristek Dikti).

mata kuliah ini membahas perilaku individu dan kelompok dalam berorganisasi. cakupan bahasan mata kuliah ini adalah perilaku, sturuktur dan proses organisasi. level analisisnya mencakup level individual, kelompok dan organisasional. Topik perilaku dibedakan menjadi perilaku individu,kelompok dan pengaruh interpersonal. perilaku individu dibagi dalam dua bagian: perilaku individu dan perbedaaanya serta motivasi. perilaku kelompok dan pengaruh interpersonal dibagi menjadi 4 topik utama berupaperilaku keompok,perilaku antar kelompok, kekuasaan dan politik, sertakepemimpinan.

topik struktur organisasi pada intinya membicarakan struktur organisasi serta desain pekerjaan dan organisasi. topik proses mencakup dua hal: proses komunikasi dan proses pengambilan keputusan. dilengkapi pula dengan kultur organisasi.

p

Mata kuliah manajemen peserta didik merupakan mata kuliah wajib tempuh dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini mengkaji ragam peserta didik dalam berbagai lembaga pendidikan formal dan nonformal dan karakteristiknya masing-masing berdasarkan lembaga pendidikan maupun peserta didiknya. Selanjutnya juga dikaji konsep dasar manajemen yang meliputi perencanaan, pengaturan pembinaan dan evaluasi pembinaannya. Pembinaan peserta didik ditekankan pada pengembangan bakat minat dan berbagai layanan khusus, mencakup layanan bimbingan konseling, serta pembinaan organisasi. Perkuliahan dilakukan dengan tatap muka, diskusi dan tugas-tugas terstruktur, maupun tidak terstruktur. Evaluasi dilakukan secara tertulis, pengamatan diskusi, serta portofolio/penilaian tugas-tugas

Matakuliah ini adalah matakuliah dasar jurusan yang sifatnya wajib tempuh dengan bobot 2 sks. Matakuliah Dasar Filosofis Manajemen Pendidikan ini memberikan pemahaman dasar filosofis tentang Manajemen Pendidikan. Di dalamnya, mahasiswa akan disajikan dasar epistimologis, ontologis, dan aksiologis keilmuan Manajemen Pendidikan.

Matakuliah ini mengkaji teori sistem sebagai landasan dalam menerapkan penalaran sistemik (systems thinking) dan pendekatan sistemik (systems approach) dalam penyelenggaraan pendidikan dan manajemen pendidikan, mencakup penelitian dan pengembangan ilmu pendidikan dan manajemen pendidikan, serta praksis pelaksanaan pendidikan dan manajemen pendidikan (perencanaan pendidikan, pembuatan keputusan dan kebijakan pendidikan, manajemen proyek dan evaluasi program pendidikan, dan sebagainya).

Supervisi pendidikan adalah mata kuliah wajib bagi mahasiswa jurusan Administrasi pendidikan. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah teori yang mencakup; ruang lingkup supervisi pendidikan, jenis-jenis supervisi, kedudukan supervisi pendidikan dalam manajemen pendidikan, serta proses supervisi pendidikan.

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa MP. Mata kuliah ini diberikan pada semester dua dan berbobot dua (2) sks. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan diberikan materi berupa konsep dasar komunikasi organisasi pendidikan, jenis-jenis komunikasi, model-model komunikasi, teknik-teknik komunikasi, serta hambatan komunikasi. Setelah menempuh mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa memiliki kompetensi terkait dengan skill dalam berkomunikasi, yang akan diperlukan ketika mahasiswa berkecimpung dalam kehidupan masyarakat pada umumnya, dan dalam kehidupan berorganisasi pada khususnya.

Matakuliah ini wajib tempuh dan mempersyaratkan lulus Matakuliah Komunikasi Organisasi Pendidikan. Matakuliah Public Relation ini membahas pengertian dan arti penting hubungan organisasi/lembaga pendidikan dengan masyarakat (dikaitkan dengan manajemen peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah), bentuk-bentuk, proses dan wahana hubungan organisasi/lembaga pendidikan dengan masyarakat dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan.