Kategory yang berisi mata kuliah pelatihan Dosen UNLAM oleh Tim ELearning UNY, 20-24 April 2016 di UPT Puskom UNY.

Mata kuliah Hukum Pemerintahan Daerah merupakan mata kuliah yang memandang pemerintahan daerah dari aspek hukum tata negara, asas, teori, serta konsep-konsep tata pemerintahan daerah atau struktur ketatapemerintahan daerah.

Buku Ajar Bab I berisi tentang pengertian dan ruang lingkup ekologi pemerintahan yang perlu dipahami oleh mahasiswa sebagai langkah awal dalam mempelajari mata kuliah “Ekologi Pemerintahan” yang membandingkannya dengan mata kuliah sejenis.

Uraian pengertian ekologi menitik beratkan pada landasan pemikiran teori organisme dari Aristoteles yang mengatakan, bahwa negara atau pemerintah dan itu adalah kodrat dan merupakan satu organisme yang mempunyai kehidupan sendiri. Kemudian disajikan tentang lingkup ekologi pemerintahan dalam lingkup pemerintahan dalam arti luas dan dalam arti sempit. Disamping itu, dijelaskan juga perbedaan antara ekologi administrasi negara dengan ekologi pemerintahan, Ekologi Pemerintahan versus Pemerintahan Ekologik, dan pada bagian akhir diungkapkan tentang Struktur Mata Kuliah Ekologi Pemerintahan. Struktur mata kuliah ini membantu untuk membangun mata kuliah ekologi pemerintah sebagai mata kuliah yang mandiri.

Mata kuliah Pengetahuan Lingkungan mempelajari: Manusia, sumber daya dan perubahan lingkungan, pokok-pokok masalah dan tantangan yang dihadapi, perkembangan ilmu dan tekonologi, penggunaan sumber daya dan lingkungan manusia, ekologi sebagai dasar pengetahuan lingkungan, masalah-masalah lingkungan pada ; ekososistem laut, air tawar, hutan, ekosistem binaan. Masalah pencemaran sumber daya air, eneregi dan kesehatan. Pertambahan penduduk dan keselarasan ekologi. Prospek, upaya dan strategi untuk kelestarian lingkungan.

Pada akhir perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu memahami tentang konsep-konsep manajemen pemasaran, analisa peluang-peluang pemasaran, pengembangan strategi-strategi pemasaran, perencanaan program-program pemasaran dan pengelolaan usaha pemasaran. Mahasiswa juga diharapkan mampu untuk menganalisa pasar global dan strategi pemasaran di pasar global. 

Matakuliah Sistem Informasi Geografis Berbasis Web adalah matakuliah yang memperkenalkan sistem informasi berbasis spasial. Matakuliah ini mempelajari tentang konsep SIG dan pemanfaatannya untuk memberikan solusi terkait permasalahan yang ada di daerah. Selain itu, juga mempelajari bagaimana membuat aplikasi SIG berbasis web dengan menggunakan framework berbasis javascript dengan memanfaatkan layanan peta daring.