Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu

Mata kuliah Tren Penelitian dan Pembelajaran Kimia mempelajari berbagai kecenderungan baru dalam bidang pendidikan kimia, baik dalam penelitian maupun pembelajarannya yang menjadi isu dalam pendidikan di Indonesia dan dunia melalui analisis hasil-hasil penelitian mutakhir.

Selamat datang di mata kuliah Daring SPADA...

"Konstruksi Bangunan dan Menggambar I"

 

Mata kuliah ini melatih kemampuan membuat

"Gambar Rencana dan Gambar Kerja Rumah Tinggal Satu Lantai"

                                                     
       

Capaian Pembelajaran mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep teoritis, menganalisa, dan mengaplikasikan teknologi pengawetan makanan untuk pengolahan berbasis bahan pangan hewani, nabati, confectionary dan minuman dengan baik.

Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib lulus dengan nilai minimal C. Mata kuliah ini  bekal kepada mahasiswa agar memiliki kompetensi tentang: sejarah pengukuran, konsep dasar pengukuran, besaran dan satuan, klasifikasi pengukuran, sifat umum alat ukur, jenis dan fungsi alat ukur dalam bidang otomotif, tingkat ketelitian alat ukur, cara menggunakan berbagai alat ukur , set nol alat ukur, kalibrasi alat ukur, perawatan alat ukur dan pengembangan berbagai alat ukur dalam bidang otomotif. Dalam pelaksanaannya, pengajaran mata kuliah Alat dan Pengukuran Teknik mencakup kegiatan teori dan praktik di bengkel otomotif serta pemberian tugas individu. Pemberian tugas individu dimaksudkan untuk memperluas dan memperdalam materi kuliah yang diberikan oleh dosen. Di akhir setiap proses pembelajaran mahasiswa diberikan quiz harian untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah yang sudah diajarkan.

Mata kuliah ini berbobot 2 sks yang merupakan wajib tempuh dan wajib lulus membekali mahasiswa pengetahuan tentang masyarakat perkotaan terkait dengan lingkungan fisik dan sosial budaya masyarakat perkotaan, sistem kemasyarakatan, pola tingkah laku, budaya, lembaga, struktur sosial dan perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat perkotaan

Mata kuliah ini untuk mengembangkan kompetensi dalam memahami konsep zat dan materi; atom, molekul dan ion; sistem periodik unsur; ikatan kimia ;stoikiometeri; larutan  koligatif, asam-basa; kesetimbangan kimia;kinetika reaksi; termokimia dan termodinamika.

Mata kuliah ini berisi teori dan praktik tentang teknologi sepeda motor. Pembahasan secara garis besar meliputi : mesin, listrik, dan chasis sepeda motor. Materi mesin meliputi: Prinsip Kerja Motor, Karakteristik dan bagian-bagian mesin, dan Sistem Bahan Bakar. Sistem Kelistrikan sepeda motor meliputi: Sistem Pengapian, dan Sistem Penerangan. Sedangkan pada sistem chasis sepeda motor meliputi : kemudi, rem dan suspense serta kopling dan transmisi.