Pembelajaran Daring Indonesia Terbuka dan Terpadu

bahan pangan

Mata kuliah Pengetahuan Bahan Pangan berisikan konsep teoritis, faktual, dan prosedural tentang sifat-sifat bahan pangan, perubahan sebelum dan setelah pengolahan sehingga dapat melakukan penanganan dengan benar, tidak membahayakan kesehatan dan bahan pangan tidak kehilangan zat-zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh, baik pada bahan pangan hewani maupun bahan pangan nabati. Materi yang diberikan meliputi komponen bahan pangan dan perubahan karena pengolahan, hasil olahan dan isu yang berkaitan materi yang disampaikan.

Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar pengukuran seperti besaran dasar dan satuan serta konversinya, parameter pengukuran seperti accuracy, error, precision, kalibrasi. Teknik pengamatan, pencatatan data dan pengolahan data pengukuran. Berbagai alat ukur dasar seperti ampermeter DC/AC, voltmeter DC/AC, ohmmeter, multimeter, AFG, CRO, rangkaian dasar alat ukur arus, tegangan, tahanan, dan daya.

Mata Kuliah Apresiasi Musik 2 adalah mata kuliah tentang cara mengembangkan kemampuan

menganalisis elemen-elemen musikal melalui proses mendengarkan karya musik sampai memberikan penilaian terhadap karya-karya musik, baik musik Klasik, musik Romantik, musik Abad XX, musik Jazz, musik Rock, dan musik Populer

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang pengembangan kemampuan dasar manusia sesuai trend sistem dan gaya belajar masa depan. Mata kuliah juga membekali mahasiswa konsep belajar mandiri dan istilah-istilah terkait (self regulated learning, self determined learning, dan self motivated learning), anatomi konsep belajar mandiri dan paradigma dasar yang melandasi belajar mandiri. Motivasi belajar dan pengembangannya dalam konsep heutagogy,  model pembelajaran dan motivasi belajar, teknik menumbuhkan motivasi belajar dan strategi pengembangan motivasi belajar, teknik belajar untuk menumbuhkan motivasi belajar, model pembelajaran progresif dan konsep belajar dalam bekerja.

Mata kuliah ini membahas prinsip, teknik dan metodologi pengembangan serta evaluasi sistem e-learning. Di samping itu mahasiswa diharapkan mengenal authoring tools untuk pengembangan e-learning dan secara khusus menguasai dan mengkustomisasi LMS untuk mengerjakan proyek pengembangan portal sistem e-learning.

Mata Kuliah Geografi Regional Indonesia (GRI), merupakan salah satu mata kuliah yang diselenggarakan di Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta pada semester 4. Mata kuliah ini memiliki bobot 2 SKS dengan kode mata kuliah PGO 6230.

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan  karakteristik Indonesia sebagai suatu Region serta mampu memanfaatkan region tersebut untuk meningkatkan kesejahteraannya

Mata kuliah OP adalah mata kuliah wajib tempuh bagi mahasiswa Manajemen Pendidikan Semester 2 (genap). Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar organisasi yang mencakup pengertian, asas, struktur dan bagan organisasi, proses penyusunan organisasi serta aplikasinya ke dalam dunia pendidikan. Selain itu mata kuliah ini juga mengkaji praktek tata kelola organisasi pendidikan baik lingkup makro, messo maupun mikro.

Komputer

Mata kuliah ini membahas konsep arsitektur komputer ditinjau dari level lojik digital (fisik), level microprogramming, level conventional machine, dan level operating system. Secara fisik, akan membahas konfigurasi hubungan prosesor, memori, dan IO. Prosesor akan membahas tentang organisasi internal dan eksternalnya. Memori akan membahas memori utama dan memori sekunder (elektronik, magnetik, dan optik) dari teknologi dasar, fitur, dan penggunaannya dalam sistem komputer.

Dari level operating system, akan dibahas tentang manajemen memori antara memori utama dan memori sekunder yang dikelola oleh operating system. IO akan membahas tentang sistem prinsip dasar IO, pengalamatan IO, dan IO buses & interface, dan teknik transfer data mencakup programmed IO, interrupt driven, dan direct memory access.  Kuliah ini juga membahas secara singkat tentang konsep dasar arsitektur komputer berkinerja tinggi: RISC dan arsitektur parallel.

Mata kuliah Studi Kelayakan Bisnis membahas analisis dan penilaian kelayakan suatu bisnis melalui berbagai aspek bisnis, serta penyusunan proposal studi kelayakan bisnis. Topik-topik yang dipelajari meliputi analisis aspek hukum, sosial, ekonomi, dan budaya; aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi, aspek manajemen, aspek lingkungan, aspek risiko, dan aspek keuangan.