Help with Search courses

Mata kuliah ini membahas bangunan dan unsur-unsur bangunan proposal yang dapat membekali mahasiswa untuk menyusun proposal tesis yang meliputi: penentuan judul penelitian, pendahuluan (latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah dan fokus penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian), kajian pustaka, (kajian teori, kajian hasil penelitian yang relevan, kerangka pikir, dan pertanyaan penelitian atau hipotesis), dan metode penelitian (jenis/desain penelitian, tempat dan waktu penelitian, subjek dan objek penelitian, teknik dan instrumen pengumpulan data, keabsahan data, dan teknik analisis data). Proposal dan instrument lengkap harus diseminarkan untuk mendapatkan masukan dari pembimbing, pengampu mata kuliah, dan peserta seminar. Muara dari pembelajaran ini adalah kemampuan untuk merancang dan melaksanakan penelitian secara sistematis.

Mata kuliah ini berisi pembahasan dan latihan-latihan praktis terkait dengan pengembangan kompetensi mahasiswa dalam penelitian pendidikan. Materi bahasan meliputi: Bahan Kajian/ Pokok Bahasan meliputi: Jenis-jenis penelitian, Latar Belakang Masalah, Identifikasi masalah, Pembatasan masalah/fokus penelitian, Rumusan masalah, Tujuan penelitian, Manfaat penelitian, Kajian Teori (minimal 5 texbooks berbahasa Inggris), Kajian hasil-hasil penelitian yang relevan ( minimal 4 artikel dari jurnal internasional bereputasi/terindeks), Kerangka pikir, Hipotesis, atau pertanyaan penelitian, Desain penelitian, Subjek/populasi dan sampel Penelitian, Variabel/objek penelitian, Lokasi penelitian, Instrumen penelitian dan Pengembangannya, Kisi-kisi Instrumen, Pedoman Observasi, Pedoman Wawancara, Rating scale, Angket, Tes Hasil belajar (Kognitif), Tes Sikap, Unjuk Kerja (Performance Test), Validitas Instrumen, Reliabilitas Instrumen, dan Proposal dan Instrumen Penelitian.Untuk pendalaman setiap aspek kajian tersebut, mahasiswa diwajibkan melakukan kajian Jurnal dan diskusi tentang draf proposal Tesis secara bertahap dan hasilnya di himpun dalam bentuk proposal Tesis harus dikumpulkan sebagai laporan tugas individu, setelah dipresentasikan dalam diskusi kelas

Mata kuliah Fisiografi Indonesia merupakan mata kuliah salah yang mengkaji satu cabang ilmu Geografi yang mempelajari suatu wilayah daerah atau negara berdasarkan segi fisiknya, seperti garis lintang dan garis bujur, posisi dengan daerah lain, batuan yang ada dalam bumi, relief permukaan bumi, serta kaitannya dengan laut yang ada di Indonesia.

Merupakan studi yang mengkaji penulisan karya ilmiah. Setelah selesai mengikuti Mata Kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki pengetahuan dan mampu menjelaskan tentang pengertian dan fungsi karya ilmiah, tahap penyusunan karya ilmiah, sistematika skripsi, sistematika artikel, makalah, dan laporan penelitian, teknik penulisan karya ilmiah, penyajian, cara merujuk dan cara menulis daftar rujukan serta penulisan tabel, penyajian gambar,grafik dan pembuatan skema.

Mata kuliah ini membahas aplikasi sains, SIG untuk pengembangan suatu wilayah (binaan maupun non-binaan) yang mencakup aspek-aspek ekonomi, sosial budaya, fisik dan lingkungan, yang menjadi dasar kriteria terhadap Analysis Hierarchy Process (AHP), stretegi pengembangan wilayah berdasarkan informasi spasial dan non-spasial yang komprehensif dan sistematis, sehingga suatu wilayah dapat berkembang secara optimal. Hasil pembelajaran dari mata kuliah ini adalah kemampuan melakukan analisis spasial berbasis SIG untuk keperluan manajemen dan pengembangan wilayah.

Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang struktur gramatikal Bahasa Inggris dan keterampilan-keterampilan membaca serta menyimak untuk memahami berbagai literatur berbahasa Inggris mengenai pendidikan sains, dan dapat mengikuti test TOEFL dengan pencapaian skor minimal 450.