Help with Search courses

Matakuliah ini merupakan matakuliah pilihan bagi mahasiswa Pendidikan Fisika Program magister Pascasarjana UNY. TI berperan penting dalam pembelajaran, sebagai media pembelajaran, dan sebagai alat penyampai konten pembelajaran dalam suatu delivery system. Sebagai media, TI membantu peserta didik untuk memahami materi pembelajaran, dan sebagai alat dalam suatu delivery system, TI dapat meningkatkan fleksibilitas akses konten pembelajaran. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diaharapkan mampu memahami prinsip-prinsip pembelajaran Fisika berbasis TI, mampu mengusulkan model pembelajaran non-konvensional berbasis TI terkini berdasarkan telaah artikel penelitian dalam suatu jurnal internasional, dan kompeten memanfaatkan TI untuk mendukung pembelajaran Fisika non-konvensional berbasis TI. Bahasan mata kuliah ini  meliputi pengertian TI, integrasi TI dalam pembelajaran Fisika, pengertian dan implementasi sistem pengantaran konten pembelajaran Fisika berbasis TI, pengertian media pembelajaran, peran dan jenis-jenis media pembelajaran berbasis TI, perencanaan dan pemilihan media pembelajaran Fisika, pengembangan media, validasi dan evaluasi media pembelajaran Fisika berbasis TI, serta implementasi TI dalam pembelajaran Fisika

Fisika klasik adalah fisika yang didasari prinsip-prinsip yang dikembangkan sebelum bangkitnya teori kuantum, biasanya termasuk teori relativitas khusus dan teori relativitas umum.

Cabang-cabang yang termasuk fisika klasik antara lain adalah:

Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menerapkan, menganalisis dan menentukan konsep-konsep medan skalar dan medan vektor dalam bidang listrik magnet. Pertama- tama mahasiswa diharapkan mampu melakukan perhitungan aljabar vektor dan analisis vektor. Selanjutnya menerapkan medan vektor tersebut  dalam medan listrik yaitu penerapan gejala kelistrikan melalui penentuan medan listrik dan potensial listrik dan terapannya dalam penyimpanan energi. Selanjutnya penentuan medan magnet sampai pada menerapkan kedua medan pada bahan. Pada pembahasan berikutnya mahasiswa  mampu menerapkan konsep keterpaduan kedua medan melalui penerapan prinsip- prinsip elektrodinamika. Pemahaman elektrodinamika dapat dikembangan dalam dua penerapan yaitu pada analisis arus listrik dalam suatu rangkaian  baik arus searah maupun arus bolak- balik. Pada sisi yang lain pengembangan persamaan- persamaan Maxwell dapat diterapkan pada persamaan gelombang elektromagnetik sampai penerapannya pada sisfat- sifat optik baik pada ruang hampa maupun pada medium dengan nilai indeks bias terentu.

Optika adalah cabang ilmu Fisika yang mempelajari sifat dan kelakuan cahaya termasuk interaksinya dengan materi. Optika pada umumnya mengacu pada cahaya di daerah cahaya tampak, ultraungu, dan inframerah dekat. Mata kuliah ini membahas materi optika geometri dan optika fisis yang menjelaskan aspek  cahaya sebagai berkas (ray) dan sebagai gelombang (wave) serta memberikan pemahaman dasar fotonika, dimana aspek dualisme gelombang dan materi dari cahaya membuat cahaya berinteraksi juga sebagai partikel (foton).
      Cakupan materi pada kuliah ini adalah: Pengertian optik, Optika geometri, Optika fisis, Optika Kuantum dan Fotonika; Sejarah perkembangan optik; Cahaya sebagai gelombang elektromagnetik; Optika geometri; Metode matriks pada optika paraksial; Sistem optik; Difraksi Cahaya, Interferensi dan interferometri; Polarisasi cahaya dan koherensi; Laser dan jenis laser; Detektor cahaya; dan Aplikasi optik dan fotonik.

Mata Kuliah ini membahas 4 materi pokok, yaitu : Fungsi-Fungsi Khas, Persamaan Diferensial Parsial (PDP), Fungsi variabel Kompleks dan Transformasi Integral.