Help with Search courses

Selamat datang di Mata Kuliah Problematika Bahasa Jawa, Program Pascasarjana, Prodi Pendidikan Bahasa Jawa, Universitas Negeri Yogyakarta

Course ini merupakan template perkuliahan daring dengan pendekatan blended learning yang diterapkan di UNY. 

Mata kuliah ini bersifat teori (2 SKS). Bertujuan mengerti, menganalisa dan merefleksi ciri-ciri pengetahuan ilmiah dan cara-cara memperolehnya, garis besar sejarah filsafat ilmu, merefleksi filsafat ilmu untuk pendidikan Bahasa Jawa .  MK ini berisi pengetahuan menyangkut filsafat ilmu, yakni tentang  hakikat filsafat ilmu, cabang-cabang filsafat, sumber-sumber ilmu, perkembangan filsafat ilmu, dalam kehidupan akademik dan yang mendasarinya dalam hubungannya dengan pendidikan Bahasa Jawa; terkait dengan paradigma ontologis, epistemologis, dan aksiologis dalam kerangka perkembangan ipteks, kebudayaan/peradaban; etika keilmuan dalam dimensi pengembangan ilmu pendidikan bahasa, sastra dan budaya Jawa

Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang strategi pembelajaran bahasa Jawa. . Materi pokok meliputi hakikat bahasa,  pembelajaran bahasa,strategi, bahasantara, kompetensi komunikatif, metode dan media pembelajaran, pemanfaatan teknologi, evaluasi pembelajaran bahasa Jawa. Kuliah dilaksanakan dengan tatap muka, survei lapangan, FGD, diskusi, wawancara dengan prinsip SAL, SCL, 5M Scientific approach, dengan memberdayakan 4C sebagai ciri wirausaha abad 21 (creative-innovatif, critical thinking and problem solveing skill, communication skills, and collaboration). Media yang digunakan video, foto, LCD, langsung ke lapangan (metode karyawisata). Evaluasi didasarkan atas portfolio, performance, paper and pencil, product, dan project, dengan UTS dan UAS

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang statistik. Mata kuliah ini diharapkan dapat membantu mahasiswa agar mahir untuk melakukan analisis statistik sesuai dengan jenis penelitian yang dilakukan. Topik yang akan dibicarakan mencakup konsep dasar statistik, macam-macam teknik analisis statistik, cara melakukan analisis statistik, dan cara menginterpretasikan hasil analisis. Penilaian akhir didasarkan pada keaktifan mahasiswa mengikuti perkuliah dan diskusi, tugas individual dan ujian akhir

Mata kuliah media pembelajaran Bahasa Jawa membahas pengertian media pembelajaran, peran dan fungsi media pembelajaran, jenis-jenis media pembelajaran, perencanaan dan pemilihan media pembelajaran, teknik produksi media-media pembelajaran, teknik penyajian media pembelajaran dan evaluasi media pembelajaran, yang dikhususkan pada pembelajaran  Bahasa Jawa. Bahasan-bahasan dilengkapi dengan pembuatan desain dan produksi beberapa jenis media yang cocok untuk pembelajaran Bahasa Jawa

Matakuliah ini bertujuan memberikan wawasaan tentang teknologi pendidikan sebagai teori dan aplikasi dalam praktek pendidikan, terutama pada pemanfaatan teknologi informasi sebagai media pendidikan. Materi pokok adalah falsafah teknologi pendidikan, konstsruk teknologi pendidikan, pendidikan dengan memanfaatkan modernisasi teknologi atau pemanfaatan teknologi informasi sebagai media pendidikan. Perkuliahan dilaksanakan secara praktik dengan menggunakan pendekatan SAL (Student Active Learning), SCL (Student Centered Learning), ALIHE (Active Learning In High Education), HOT (High order thinking), scientific approach (5M: mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan) dengan didukung Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan (SPADA).  Media yang digunakan foto, video, LCD, CD/DVD audio, internet. Produk akhir perkuliahan adalah membuat karya SPADA.  Evaluasi didasarkan atas portofolio (unjuk kerja/praktik dan keaktifan dalam kelas dan tugas), UTS (Ujian Tengah Semeser), dan UAS (UjianAkhir Semester).