Help with Search courses

Assesment dalam Bimbingan dan Konseling membelajarkan mahasiswa  agar mampu memahami kajian tentang asesmen dalam bimbingan dan konseling (BK), meliputi: konsep dasar asesmen dalam BK, proses asesmen, kode etik, dasar hukum dan profesionalitas, konsep pengukuran, asesmen awal dalam BK, asesmen inteligensi, tes kemampuan (bakat dan prestasi), asesmen perencanaan karir, pengukuran minat, asesmen kepribadian, asesmen hubungan interpersonal, dan pengkomunikasian terhadap hasil asesmen.

Mata kuliah ini menyajikan strategi pengembangan pribadi dan sosial, meliputi: konsep pengembangan pribadi dan sosial, posisi pengembangan pribadi sosial pada kurikulum, kerangka kurikulum pengembangan pribadi dan sosial, cara memanfaatkan potensi pribadi, cara menetapkan tujuan hidup, cara merencanakan pencapaian tujuan, cara mengelola waktu, cara meningkatkan citra diri dan kepercayaan diri, cara memotivasi diri sendiri dan orang lain, cara mengembangkan dan mempertahankan sikap mental yang positif, dan mengembangkan program kesehatan pribadi, serta diakhiri dengan refleksi terhadap materi yang sudah dipelajari.

Matakuliah ini memberikan pengalaman belajar mahasiswa tentang konsep-konsep utama, proses, serta teknik-teknik dan prosedur konseling (aplikasi konseling) pendekatan Person-centered Therapy, Gestalt Therapy, Behavior Therapy, Cognitive Behavior Therapy (Rational Emotive Behavior Therapy, dan Cognitive Therapy), Reality Therapy, Adlerian Therapy, serta memberikan pengalaman belajar tentang perspektif integratif dalam konseling atau pendekatan konseling integratif.

Mata kuliah ini memberikan deskripsi tentang teknik-teknik yang digunakan dalam memberikan layanan bimbingan individual dan kelompok. Pokok bahasan yang diberikan meliputi prosedur/langkah layanan bimbingan, klasifikasi pelaksanaan bimbingan ditinjau dari berbagai aspek, praktek dalam membimbing baik secara individual maupun kelompok.

Teori dan pendekatan konseling merupakan kajian tentang teori-teori 

Mata kuliah ini...............