Fakultas Ilmu Keolahragaan

Matakuliah ini bertujuan melatih dan mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa PJKR sehingga mereka dapat menggunakan Bahasa Inggris passive maupun aktif, lisan maupun tertulis dengan lancar, tepat, dan berterima. Aspek kebahasaan dan kemampuan berbahasa yang diajarkan dikaitkan dengan bidang studi yang sesuai sehingga mata kuliah ini dapat menunjang proses belajar mahasiswa di bidang studi mereka. Kegiatan perkuliahan di dalam kelas meliputi ceramah dosen, diskusi kelompok, diskusi kelas, dan tugas individu. Di luar kelas, kegiatan mahasiswa meliputi pengerjaan tugas berbasis proyek dan belajar mandiri. Mata kuliah ini juga dilengkapi dengan sistem e-learning dengan menggunakan website http://besmart.uny.ac.id/v2.  Penilaian dilakukan berdasarkan partisipasi kelas, tugas, proyek, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester.

Matakuliah Pengembangan Ekstrakurikuler Olahraga Sekolah bersifat wajib lulus berbobot 3 SKS. Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa memiliki kemampuan dalam mengembangkan program ekstrakurikuler olahraga di sekolah. Ekstrakurikuler olahraga merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang olahraga. Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dan tujuan ekstrakurikuler, bentuk-bentuk ekstrakurikuler olahraga, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program ekstrakurikuler, dasar-dasar melatih cabang olahraga, dan menyusun program latihan cabang olahraga, baik secara teoritis maupun praktis. Perkuliahan dilakukan melalui metode ceramah, diskusi, presentasi, penugasan, dan praktik di lapangan. Penilaian didasarkan pada partisipasi kuliah, keaktifan kuliah, tugas-tugas, ujian teori dan praktik.

Matakuliah Dasar dasar Latihan Beban  merupakan Matakuliah konsentrasi kebugaran jasmani dengan bobot 2 SKS yang terdiri dari 1 SKS teori dan 1 SKS praktik. Matakuliah ini berisi tentang pengenalan, alat, cara menggunakan alat, manfaat/ sasaran perkenaan otot pada latihan beban.