Matakuliah Praktik Industri selain sebagai kelengkapan pembelajaran untuk memperoleh kebulatan pemenuhan kurikulum, sekaligus juga memiliki beberapa peran strategis bagi Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Peran strategis itu antara lain: merupakan kontrol kualitas mahasiswa, apakah mahasiswa FT UNY telah memenuhi kompetensi sebagaimana yang dipersyaratkan industri, apakah telah memenuhi kaidah keterkaitan dan kesesuaian (link and match) programnya dengan tuntutan industri. Peran berikutnya adalah mengemban fungsi kehumasan (public relation) bagi lembaga FT UNY, akan memberikan pandangan positif melalui para mahasiswa yang memiliki sikap dan kemampuan yang baik selama praktik industri, atau sebaliknya terjadi pandangan negatif jika sikap dan kemampuan mahasiswa kurang baik

Matakuliah Praktik Industri selain sebagai kelengkapan pembelajaran untuk memperoleh kebulatan pemenuhan kurikulum, sekaligus juga memiliki beberapa peran strategis bagi Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Peran strategis itu antara lain: merupakan kontrol kualitas mahasiswa, apakah mahasiswa FT UNY telah memenuhi kompetensi sebagaimana yang dipersyaratkan industri, apakah telah memenuhi kaidah keterkaitan dan kesesuaian (link and match) programnya dengan tuntutan industri. Peran berikutnya adalah mengemban fungsi kehumasan (public relation) bagi lembaga FT UNY, akan memberikan pandangan positif melalui para mahasiswa yang memiliki sikap dan kemampuan yang baik selama praktik industri, atau sebaliknya terjadi pandangan negatif jika sikap dan kemampuan mahasiswa kurang baik

Mata kuliah ini membahas tentang pengembangkan unsur-unsur media pembelajaran dan teknologi informasi. Media pembelajaran sebagai sumber belajar berbasis teknologi informasi dan/atau komputer.  Kajian utama meliputi: konsep persepsi, komunikasi pembelajaran, teknologi informasi (TI), fungsi dan manfaat media pembelajaran, serta taksonomi media pembelajaran konvensional. Selain itu juga mengkaji aplikasi media pembelajaran berbasis komputer akan membahas desain media teks, grafis, foto, audio visual dan multimedia pembelajaran tingkat dasar. Perkuliahan dilaksanakan dengan pendekatan student center learning. Penilaian berbasis kompetensi melibatkan partisipasi aktif, dan komunikasi interaksi secara individu dan kelompok