Fakultas Teknik

Mata Kulah Instrumentasi dan Elektronika Medis (EKA6218) memiliki beban 2 sks untuk mahasiswa semester 3. Pada mata kuliah Praktik Instrumentasi dan Elektronika Medis, mahasiswa belajar tentang konsep instrumentasi dan elektronika medis yang digunakan untuk mendesain dan membuat proyek perangkat elektronika medis secara kreatif. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib. Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan Mampu menunjukkan pemikiran  logis,  kritis,  sistematis, inovatif, menghindari plagiasi, bertanggungjawab, bekerjasama dan komunikasi yang baik dalam menjelaskan konsep instrumentasi dan elektronika medis; menganalisis isu dan permasalahan implementasi teknologi instrumentasi secara kritis; serta mendesain dan membuat perangkat elektronika medis sebagai hasil kolaborasi kelompok secara kreatif. Dalam perkuliahan ini dibahas mengenai variabel proses, transduser, sensor, pengkondisi  sinyal, aktuator, pengaplikasian berbagai macam sensor (1.Mic, 2.LDR/Photodioda, 3.LM35, 4.Hall Effect, 5.MPX, 6.MQ, 7. Loadcell,  8.Booster Arus), pengembangan perangkat elektronika medis dan analisa  karakteristik pengukuran suatu perangkat elektronika medis. Perkuliahan juga mengkaji isu-isu dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan dan pengembangan perangkat elektronika medis saat ini. Pelaksanaan kuliah menggunakan model project based learning dan cooperative learning, sedangkan metode yang digunakan bervariasi yaitu ceramah, tanya jawab dan diskusi kelompok. Pelaksanaan kuliah dilengkapi dengan penggunaan LCD, perangkat praktikum, video, dan pendekatan saintifik yaitu penyelesaian penugasan mandiri, proyek, laporan praktikum, artikel ilmiah dan presentasi. Tahap penguasaan mahasiswa dievaluasi melalui penugasan, laporan praktikum, proyek, UTS dan UAS. Bahan ajar disiapkan dosen untuk tiap kelompok CPTM,  baik dalam bentuk modul cetak maupun modul non cetak (bahan tayang). Diakhir pertemuan pembelajaran CPTM tertentu, terdapat penilaian ketercapaian CPTM yang harus diikuti mahasiswa. Buku sumber utama menggunakan Handbook of Biomedical Instrumentation (second edition) oleh Khandpur (2003) dengan penerbit  dari New Delhi yaitu Tata McGraw-Hill Publishing Company Limited.

Sistem Multimedia mempelajari Multimedia pembelajaran secara umum

Manajemen Proyek Elektronika merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh mahasiswa. Mata kuliah ini memberikan arahan kepada mahasiswa untuk menciptakan suatu proyek secara individual sesuai dengan bidang keahliannya secara terbimbing. Tujuan mata kuliah ini untuk mengoptimalkan kemampuan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang sesuai dengan bidang keahliannya. Hasil dari proyek mandiri ini diharapkan dapat menjadi salah satu embrio untuk tugas akhir skripsi. Dalam MK ini akan di praktikkan bagaiaman merancang Drafting Engineering Design, Analysis Engineering, Implementing Design, Testing, Evaluation, Postering, dan Product Delivering and Promoting. Selamat Belajar!

Matakuliah ini berisi tentang konsep dasar jaringan komputer, komponen dasar jaringan komputer, type dan arsitektur jaringan komputer, komponen pendukung jaringan komputer, Instalasi jaringan komputer dan komunikasi data.

.

Mata kuliah ini membahas tentang elemen rangkaian listrik dan sifat-sifatnya, hukum dasar kelistrikan, menganalisis rangkaian dengan satu sumber maupun dua sumber, pengertian listrik AC, menggunakan bilangan kompleks untuk analisis dasar rangkaian  listrik AC, menggunakan analisis dasar rangkaian AC satu fasa, menganalisis daya dan faktor daya, pengertian prinsip tiga pasa, sambungan bintang, sambungan segitiga, pengukuran daya tiga fasa. Evaluasi dilakukan melalui partisipasi aktif,  lisan, tugas, ujian tengah semester  dan ujian akhir semester.